Ragam Usaha Modal Kecil Menguntungkan

Belakangan, usaha sampingan tak hanya dilakoni mereka yang merasa gajinya pas-pasan. Karyawan kantor dengan gaji tetap juga seringkali memilih usaha modal kecil tertentu untuk dijalankan di sela waktu luangnya. Peluang kesuksesan dari usaha-usaha ini memang sangat besar. Selain itu, variasinya juga sangat beragam sehingga bisa kita pilih berdasarkan minat dan bakat masing-masing. Ada bisnis yang dijalankan secara offline dan ada pula yang secara online mengikuti perkembangan teknologi sekarang ini. Jika dijalankan dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin kita akan menuai kesuksesan dari usaha-usaha sampingan berikut. Berikut adalah macam-macam usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kita jalankan di sela waktu luang.

Usaha Modal Kecil di Bidang Jasa

  1. Laundry

Di zaman serba praktis, nyatanya masih ada orang-orang pragmatis yang tak ingin menghabiskan waktu untuk mencuci pakaian serta lebih memilih laundry. Ide membuka usaha modal kecil berupa laundry pakaian akan jadi sangat populer. Pebisnis di bidang ini sudah mulai menjamur terutama di daerah dekat kampus ataupun tempat kerja. Banyaknya pebisnis membuat persaingan ketat dan tarifnya pun turut bersaing. Ini tak lepas dari mudahnya membuka bisnis laundry kiloan. Namun agar bisa sukses menjalani bisnis ini, kita harus mencari celah dalam memulai. Hal paling utama yang harus dipertimbangkan ialah pangsa pasar. Lokasi paling tepat untuk bisnis ini adalah di tempat yang ada banyak mahasiswa maupun karyawan swasta karena merekalah pelanggan potensial usaha laundry kiloan.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini terbilang kecil. Kita cukup sediakan dana Rp7.5 juta saja. Setengahnya untuk membeli mesin cuci otomatis satu tabung serta sebuah mesin pengering. Sisanya digunakan untuk membeli aneka perangkat pendukung seperti timbangan, setrika, meja kursi dan alat tulis. Bahkan kita bisa mengeluarkan modal lebih kecil lagi jika memang sudah memiliki mesin cuci sendiri. Saat usaha modal kecil ini sudah semakin berkembang, kita bisa membeli tambahan mesin cuci. Biaya laundry sendiri biasa dihitung per kilo. Tetapkan harga yang wajar, tak terlalu tinggi dan juga tak terlalu rendah.

www.pexels.com

  1. Cuci Motor atau Mobil

Sama seperti laundry kiloan, usaha modal kecil berupa cuci motor dan mobil juga seakan tak pernah sepi. Banyak pemilik kendaraan yang rela antri berjam-jam hanya agar mendapat giliran kendaraan mereka dicuci. Modal untuk usaha satu ini memang terbilang terjangkau. Pemula bisa memulai dari usaha cuci motor terlebih dahulu. Kebutuhan akan peralatan yang harus dipenuhi terbilang sederhana. Di antaranya adalah pompa air, kain lap, kompresor, sabun motor hingga peralatan khusus semir ban motor. Semua perlengkapan tersebut dapat dibeli dengan dana kira-kira Rp2 juta dan maksimal Rp10 juta untuk yang profesional.

  1. Desain Grafis

Usaha sampingan satu ini terbilang cocok bagi kita yang memiliki latar belakang di dunia desain grafis. Jasa desain grafis bisa ditawarkan ke rekanan maupun kenalan melalui marketplace. Jasa yang sering dicari berkaitan dengan desain grafis ialah kartu nama, maskot, logo, booth, interior, poster dan lain-lain. Ragam marketplace yang secara khusus menyediakan jasa jual beli desain grafis ialah sribu.com, 99designs.com, projects.co.id, elance.com dan lain-lain. Usaha modal kecil ini bahkan terbilang nyaris tanpa modal sama sekali karena yang dibutuhkan sebagai modal utama adalah kemampuan dalam mendesain sesuatu menggunakan grafis. Selain itu, kita butuh koneksi internet yang lancar dan stabil.

  1. Les Privat

Jasa mengajar les privat untuk anak usia sekolah bisa jadi usaha modal kecil yang dijalankan mahasiswa guna menambah tabungan. Selain pelajaran sekolah, les privat juga dapat mencakup pelajaran kesenian hingga bahasa asing. Kita bisa mulai dari rumah ke rumah untuk menawarkan usaha ini. Bisa juga dengan membuka usaha sendiri di rumah, terutama jika sudah punya banyak murid. Bayaran biasanya ditentukan per orang per pertemuan. Usaha ini nyaris tanpa modal karena kita tidak butuh sewa tempat maupun perlengkapan khusus. Murid-murid biasanya akan membawa sendiri buku pelajaran mereka. Kita hanya butuh mempersiapkan tempat di rumah, meja, kursi, papan tulis dan alat tulis.

  1. Menjahit Pakaian

Kita yang memiliki keterampilan menjahit bisa memanfaatkan bakat tersebut untuk mencari uang. Usaha modal kecil ini terutama melayani jasa menjahit pakaian serta membutuhkan waktu luang lebih. Karenanya, usaha menjahit pakaian seharusnya ditekuni sebagai usaha utama, bukan usaha sampingan. Tidak perlu terburu-buru dalam membuka kios jahit sendiri karena modal awalnya bisa seminimal mungkin. Mulailah dengan membeli mesin jahit sendiri, walau akan lebih bagus lagi apabila kita memiliki mesin jahit sendiri. Lengkapi juga dengan mesin obras serta perlengkapan lain untuk keperluan menjahit. Batasi pesanan jahitan agar kualitas terjaga dan kita bisa menyelesaikannya tepat waktu.

www.pexels.com

Usaha Menawarkan Barang dengan Modal Minim

  1. Jual Pulsa

Usaha modal kecil tak selamanya berupa penawaran jasa. Kita juga dapat menjual barang. Salah satunya pulsa. Berjualan pulsa adalah bisnis yang tepat untuk dilakoni seorang karyawan di sela-sela pekerjaannya sehari-hari. Ini karena berjualan pulsa tak membutuhkan banyak biaya ataupun tempat jualan khusus. Kita bahkan bisa memulainya dari dalam rumah saja dengan bermodalkan ponsel di tangan. Pulsa dapat dijual pada orang-orang terdekat terlebih dahulu seperti keluarga, rekan kerja, tetangga dan lain-lain. Modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini terbilang kecil, yaitu mulai dari Rp50ribu hingga Rp1juta saja. Walaupun modalnya kecil, namun keuntungan dari bisnis ini terbilang besar.

Dari tiap nominal pulsa yang terjual, kita bisa mendapat untung antara Rp1.000 hingga Rp2.500. Kelihatannya memang kecil, namun bayangkan berapa banyak orang yang akan membeli pulsa. Apalagi karean sekarang nyaris tiap orang telah memiliki ponsel masing-masing. Sudah pasti kebutuhan akan pulsa semakin membengkak. Itulah mengapa usaha modal kecil satu ini terbilang menguntungkan dan potensinya besar. Apalagi usaha ini bisa dijalankan secara fleksibel dan sangat mudah. Tiap provider umumnya akan memiliki ketentuan berbeda, akan tetapi umumnya cara untuk mendaftar dan berjualan pulsa ialah dengan melakukan pembayaran deposit. Saldo yang dimiliki nantinya akan digunakan untuk transaksi pulsa.

  1. Jual Beli Motor Bekas

Usaha modal kecil berikutnya yang dapat dilakoni ialah jual beli motor bekas. Dealer di kota kabupaten saja sekarang sudah dapat melepas antara 50 sampai dengan 100 motor baru tiap minggunya. Bisa dibayangkan pesatnya pertumbuhan usaha satu ini. Kita bisa turut mencari peruntungan dengan jual beli motor bekas. Istilah yang digunakan adalah makelar. Jika telah mengerti siklus serta persaingan pasar, tak ada salahnya mulai membuka display motor di rumah. Apabila kita memulai usaha sebagai makelar, maka teknisnya kita tak butuh modal sama sekali. Yang harus dilakukan adalah membangun kepercayaan. Kita bisa membantu menjualkan motor orang lain untuk kemudian mendapat komisi.

  1. Menjual Pakaian Murah

Salah satu usaha modal kecil yang tidak pernah mati dan selalu menarik banyak peminat adalah jual beli pakaian. Salah satu faktor yang menjadikan bisnis ini seakan tak ada matinya adalah karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Modal awal yang harus dikeluarkan terbilang kecil, tergantung berapa banyak stok yang ingin diambil. Dengan modal Rp1juta, misalnya, kita bisa membeli sejumlah pakaian baru secara grosir. Ragam jenis pakaian yang biasa dibeli secara grosir kemudian dijual lagi dengan harga eceran adalah mukena, daster, sarung tenun, kaos, dan masih banyak lagi. Jika kamu punya modal yang lebih besar, bisa main di industri sablon kaos. Kamu butuh printer DTG agar hasil sablon lebih bagus.

www.pexels.com

  1. Menjual Produk Sesuai Hobi

Banyak orang meraup sukses dari menjual produk-produk yang sesuai hobi masing-masing. Ini karena pengetahuan akan produk akan lebih luas dan mendalam serta bisa dengan lebih mudah menemukan target pasar yang sesuai. Ambil contoh hobi memancing. Usaha modal kecil dari bisnis ini yang bisa dijalankan contohnya adalah menjual alat pancing baik secara dropship maupun reseller. Jika kita memiliki hobi baca dan memiliki banyak koleksi buku di rumah, maka membangun sebuah penyewaan buku akan sangat memungkinkan. Bahkan kita bisa memadukan beragam hobi yang berbeda ke dalam satu usaha yang sama. Memang dibutuhkan kreativitas dalam bisnis ini agar bisa menuai kesuksesan.

Usaha Kuliner dengan Modal Kecil

  1. Makan Pagi / Sarapan

Makan merupakan salah satu kebutuhan mendasar manusia. Seperti halnya bisnis jual beli pakaian, bisnis kuliner juga terbilang tak ada matinya. Kita bisa dengan mudah menemukan penjual makanan di sekitar kita, mulai dari yang menggunakan gerobak di pinggir jalan, mendirikan tenda, menggunakan kios, hingga yang bergabung sebagai mitra dari sebuah waralaba kuliner. Apapun caranya, usaha modal kecil di bidang kuliner nyaris tak pernah sepi pembeli. Salah satu yang  bisa kita lakukan di antaranya adalah menjual makanan pagi alias sarapan. Tentu saja kita harus bangun pagi-pagi sekali untuk menyiapkannya atau justru sudah mempersiapkan bahan-bahan sejak malam harinya.

Usaha modal kecil satu ini terutama bisa dijalankan karyawan yang masuk kerja pada siang atau sore hari. Mencari tambahan penghasilan dari berjualan makanan untuk sarapan adalah ide yang tepat. Usaha ini juga tidak membutuhkan ruangan spesifik. Kita bisa manfaatkan saja halaman depan rumah sebagai lokasi berjualan. Menunya sederhana saja dan tidak butuh waktu pengolahan lama. Beberapa menu sarapan yang cukup populer ialah bubur ayam, nasi kuning, gorengan serta aneka minuman seperti kopi dan teh panas. Usaha ini terutama akan cukup menjanjikan jika didirikan di dekat sekolah, kampus atau tempat kerja. Akan ada banyak pembeli potensial yang berdatangan dan membeli dagangan.

Modal awal untuk usaha ini terbilang kecil, yaitu Rp4 jutaan per bulan. Dari angka itu, kira-kira 80 persennya akan digunakan untuk membeli ragam bahan baku yang dibutuhkan. Sebut saja seperti beras, telur, daging ayam, sayuran, tahu, tempe dan beberapa lagi lainnya. Sisanya digunakan untuk membeli perlengkapan lain seperti minyak goreng, gas dan lain-lain. Usaha modal kecil ini bisa mendatangkan untung yang cukup besar. Penghasilan bersih yang didapat per bulan bisa mencapai Rp2 juta. Usaha ini terutama akan sangat cocok dijalankan apabila kita memang memiliki hobi memasak dan punya waktu luang di pagi hari. Jangan lupa untuk pastikan kebersihan di sekitar lingkungan tempat usaha agar kesehatan tetap terjaga.

  1. Warung Kopi

Usaha modal kecil di bidang kuliner tak selamanya haruslah makanan berat. Kita juga bisa berbisnis minuman. Salah satunya warung kopi atau warkop. Warkop bisa dibilang sebagai ide sebuah café yang paling sederhana. Warkop bisa dibuka pada malam hari terutama apabila anggaran serta tenaga yang tersedia cukup terbatas. Apalagi, waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi adalah pada malam hari. Usaha ini terutama akan cocok dijalankan apabila lokasinya ada di sekitar kawasan kampus ataupun kawasan industri. Modal awal untuk usaha ini mulai dari Rp10 juta saja. Dengan biaya tersebut, kita sudah memiliki aneka peralatan untuk membuka warkop dan juga sewa tempat apabila lokasi jualan bukan di rumah sendiri.

www.pexels.com

  1. Menjual Makanan Ringan

Usaha modal kecil di bidang kuliner dapat juga berupa makanan ringan seperti gorengan, keripik, aneka kue hingga minuman. Bisnis makanan ringan tak kalah larisnya dengan makanan berat. Ini terutama karena makanan ringan memiliki porsi kecil yang bisa dinikmati di sela waktu makan berat dan harganya juga terbilang lebih terjangkau. Kita terutama bisa menyasar segmen pembeli anak-anak muda yang menyukai jajanan kekinian. Lokasi jualan yang strategis adalah di dekat sekolah atau kampus. Keunikan serta ciri khas dari makanan ringan yang dijual akan menjadi daya tarik tersendiri. Perhatikan pula rasa serta kemasan makanan yang mengundang rasa penasaran.

Khusus untuk bisnis makanan ringan ini, sekarang sudah banyak franchise kuliner bertebaran. Kita bisa pilih usaha modal kecil yang sedang banyak digemari di pasaran. Sebagai contoh adalah franchise makanan seblak, takoyaki, burger, es krim dan beragam makanan lain yang terbilang kekinian. Modal awal untuk menjalin kemitraan biasanya berkisar antara Rp2 juta hingga Rp5 juta saja. Dengan modal tersebut, kita sudah bisa memiliki gerobak sendiri serta semua perlengkapan yang dibutuhkan. Waktu yang dibutuhkan untuk balik modal umumnya antara satu hingga tiga bulan. Kita bisa menjalankan bisnis ini apabila masih tergolong sebagai pemula.

Usaha Modal Kecil dengan Go-Online

  1. Membuat Blog

Di era modern seperti sekarang ini, banyak usaha modal kecil yang memanfaatkan kecanggihan teknologi internet. Salah satunya adalah dengan menjadi blogger. Usaha ini sekaligus memadukan antara melakoni hobi sekaligus menjalankan bisnis. Kunci suksesnya terletak pada jumlah kunjungan yang tinggi. Memang bukan hal mudah untuk melakukan hal ini. Banyak orang berpikir instan dan memilih untuk membeli traffic pada penyedia layanan jasa traffic. Akan tetapi, hal ini tergolong keliru karena pengunjung yang berasal dari jasa ini takkan memberi keuntungan apapun pada kita sebagai pemilik blog. Cara yang harus ditempuh ialah mempromosikan blog agar mendapat banyak kunjungan manusia.

Untuk memulai usaha modal kecil ini, pilih tema blog sesuai minat serta bakat masing-masing. Misalnya, blog kuliner, musik, travel, buku dan lain-lain. Isi blog dengan konten yang sesuai tema dan pastikan kontennya memiliki kualitas tinggi. Kita bisa mempromosikan blog dengan cara membagikan tautan ke akun media sosial yang dimiliki. Tingginya trafik akan terjadi secara alami. Jika trafik blog sudah menunjukkan angka yang memuaskan, kita bisa menguangkannya. Misalnya, bergabunglah dengan jaringan periklanan Google Adsense. Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini nyaris tidak ada. Bahkan, maksimal uang yang dibutuhkan hanya di kisaran Rp1 juta saja. Ngeblog adalah pekerjaan yang menyenangkan dan pastinya mendatangkan keuntungan.

  1. Membuka Toko Online

Di era serba modern seperti sekarang ini, sangat mudah untuk membuka toko online. Kita bisa memanfaatkan akun media sosial saja sebagai tempat berjualan. Selain itu, sudah menjamur pula aneka marketplace yang memungkinkan kita untuk melakukan transaksi jual beli barang secara online dan gratis. Tidak adanya toko fisik membuat toko online termasuk dalam usaha modal kecil. Ragam produk yang dapat dipasarkan secara online pun sangat banyak. Sebut saja mulai dari pakaian, makanan, obat, buku, album musik, merchandise, dan masih banyak lagi. Bahkan, seringkali kita akan menemukan barang-barang yang tidak dijual secara offline.

Jika kita ingin memulai bisnis toko online namun masih belum memiliki barang yang hendak dijual, maka tak perlu khawatir. Kita bisa tetap menjual barang secara dropship maupun reseller. Dalam metode dropship, kita tidak perlu melakukan stok barang maupun pengiriman. Tugas kita sebagai penjual adalah meneruskan pesanan pembeli pada supplier. Pihak supplier yang nantinya akan mengemas barang dan mengirimkannya pada pembeli atas nama kita sebagai penjual. Sementara sistem reseller berarti kita membeli banyak barang secara grosir dan kemudian menjualnya lagi secara ecer. Berjualan secara dropship terutama termasuk dalam usaha modal kecil karena nyaris tidak ada modal awal yang dibutuhkan. Kalau ngga mau ribet bikin toko online sendiri, bisa daftar dropship di serbu.id.

  1. MLM Online

MLM atau Multi Level Marketing kini juga banyak tersedia secara online. Metode pemasaran ini diklaim akan dapat menghemat banyak biaya. Ada beragam usaha modal kecil yang dapat dijalankan dengan konsep MLM. Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi, bisnis MLM turut merambah ranah online. Karena dijalankan melalui online, MLM takkan menyita waktu maupun tenaga seperti pertemuan dengan downline, follow up calon downline, pembelian barang dan lain-lain. Semuanya akan dapat dijalankan melalui online saja. Pastikan kita memilih bisnis MLM yang terpercaya mengingat sekarang sudah semakin banyak kasus penipuan berkedok MLM Online. Kita bisa meminta rekomendasi teman atau kerabat yang sebelumnya sudah sukses menjalankan MLM Online.

  1. Menjual Foto

Siapa sangka kegiatan yang sederhana seperti mengambil foto bisa jadi sumber penghasilan. Namun tentu foto yang diambil tak boleh sembarangan. Hasil foto yang berkarakter serta memiliki fokus akan dihargai tinggi di pasaran. Pehobi fotografi tak boleh melewatkan peluang usaha modal kecil ini. Situs jual beli foto yang bisa dimanfaatkan di antaranya adalah iStockPhoto yang mengambil komisi 15 persen per foto serta ShutterStock yang mengambil komisi 20 hingga 30 persen per foto. Situs-situs lainnya yang bisa dicoba adalah StockFresh serta Fotolia. Transaksi skala global akan menggunakan PayPal dalam pembayarannya. Jangan lupa untuk terlebih dulu memiliki kartu kredit sebelum membuat akun PayPal.

Itulah beragam usaha modal kecil yang bisa kita jalankan sebagai tambahan penghasilan sehari-hari. Modal yang harus dikeluarkan terbilang kecil karena semua usaha di atas butuh dana kurang dari Rp10 juta saja. Namun untuk keuntungannya bisa sangat besar terutama apabila berhasil menyasar segmen yang sesuai dan mempertahankan keunikan dari bisnis. Usaha-usaha di atas bisa dijalankan oleh siapa saja, baik karyawan kantor yang menginginkan tambahan penghasilan, ibu rumah tangga hingga mahasiswa. Waktunya bisa diatur sendiri sesuai kegiatan sehari-hari masing-masing sehingga terbilang fleksibel, kapan saja serta di mana saja. Keuntungan yang didapat akan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *