Setiap jenazah orang muslim wajib hukumnya untuk disholatkan terlebih dahulu sesudah jenazah tersebut dimanikan.   Sholat jenazah seperti yang telah disepakati bersama oleh ulama hukumnya adalah fardhu kifayah. Arti dari Fardhu Kifayah sendiri adalah sebuah kewajiban dari seluruh umat beragama islam untuk secara kolektif atau bersama-sama.  Maksudnya adalah kewajiban tersebut  harus dilakukan oleh seluruh umat muslim, ketika ternyata hanya sekelompok umat muslimin saja yang melakukan sedangkan yang lainnya tidak berdoa maka akan gugur.  Namun apabila malahan seluruh umat muslim tidak melaksanakan kewajiban yang dimaksud, seluruh umat tersebut akan mendapatkan dosa. Untuk itulah setiap umat muslim harus mengetahui panduan lengkap mengenai sholat untuk jenazah yang benar.

Sebelum membahas secara mendetail mengenai panduan lengkap sholat untuk jenazah ini, ketahui terlebih dahulu bahwa dalam sholat ini, tidak terdapat gerakan rukuk, duduk diantara dua sujud, sujud dan sebagainya. Yang ada didalam gerakan sholat untuk jenazah ini adalah gerakana takbiratul ihram.  Hal tersebut dikarenakan memang dalam sholat untuk jenazah setiap umat muslim hanya berdiri tanpa terdapat berbagai gerakan lainnya. Anda bisa mengetahui mengenal atau memahami hal tersebut lebih dalam  sebenarnya secara mudah dengan mengunjungi situs bernama cargo jenazah karena memang didalamnya dibahas secara mendalam mengenai  hal penting terkait jenazah. Selain itu ketahui pula bahwa dalam sholat untuk jenazah terdapat rukunnya yang mesti dilakukan semua umat muslim.

Rukun dalam sholat tersebut ada delapan yakni niat yang pertama, bagi yang mampu silahkan untuk berdiri, 4x takbir, pada takbir pertama harus mengangkat  tangan, membaca surat Al fatihah, membaca Sholawat Nabi, menunaikan doa untuk jenazah dan yang terakhir adalah salam. Apabila kedelapan rukun sholat untuk jenazah ini tidak terpenuhi maka sholat yang dilakukan tidak akan dianggap oleh syariat dan dianggap batal.  Nah, setelah Anda mengetahui rukun dalam sholat tersebut, berikutnya yang harus diketahui adalah cara dalam melakukannya. Dalam panduan cara melakukan sholat untuk jenazah ini akan terbagi dua yakni unuk perempuan dan laki-laki karena keduanya berbeda.

pxhere.com

Cara Melakukan Sholat Jenazah untuk Jenazah Perempuan

Pertama-tama yang akan dibahas adalah cara melakukan Sholat jenazah ketika jenazah tersebut berjenis kelamin perempuan.  Adapun didalam panduan cara tersebut ada beberapa tahapan yang mesti disimak dengan baik. Berikut adalah berbagai tahapan yang benar dalam panduan cara melakukan sholat untuk jenazah yang berjenis kelamin perempuan:

  1. Posisi Imam

Posisi imam ketika memimpin sholat untuk jenazah yang berjenis kelamin perempuan ini berada pada tempat yang serah dengan tali pusar jenazah. Hal ini harus disimak dengan baik dan siapapun yang menjadi imam harus memperkirakan tempat yang pas sesuai dengan ketentuan tempat yang diharuskan tersebut.

  1. Posisi Makmum

Para makmum yang ada harus menempatkan diri dibelakang imam. Para makmum direkomendasikan untuk bershaf dengan jumlah yang ganjil. Pada barisan pertama adalah makmum laki-laki yang sudah dewasa lalu diikuti diposisi belakangnya adalah baris makmum perempuan yang telah dewasa.

  1. Niat

Niat sholat untuk jenazah berjenis kelamin perempuan ini berbeda dengan jenazah laki-laki.  Anda bisa mencari info mengenai lafal niat yang benar untuk menunaikan sholat untuk jenazah perempuan. Cara berniat itu sendiri merupakan dengan mengingat pada hati mengenai sholat untuk jenazah ini 4x takbir terhadap jenazah tersebut Fardhu kifayah.

  1. Takbir Pertama

Pada takbir yang pertama ini, yang harus Anda lakukan saat menunaikan sholat untuk jenazah berjenis kelamin perempuan adalah membacakan surat al fathihah.  Bacalah surat tersebut dengan hati dan resapi setiap kata yag keluar dari mulut Anda.

pxhere.com
  1. Takbir Kedua

Selanjutnya setelah pada takbir pertama Anda membacakan surat Al fathihah adalah pada takbir kedua membacakan sholawat.  Memang yang  dirasa paling afdhol merupakan sholawat ibrahimiyah.

  1. Takbir Ketiga

Ketika takbir ketiga  Anda dengar, yang harus dilakukan adalah membacakan doa untuk jenazah. Doakan doa yang memang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya.

  1. Takbir Keempat

Takbir keempat Anda harus membaca doa seperti yang sudah imam Abu Dawud riwayatkan.

pxhere.com

Cara Sholat Jenazah untuk Jenazah Laki-Laki

Seperti yang sudah disampaikan bahwa cara melakukan Sholat jenazah ini berbeda tergantung jenis kelamin perempuan dan laki-lakinya. Untuk jenazah laki-laki, adapun  panduan cara melakukan sholat untuk jenazah yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Posisi Imam

Posisi imam ketika memimpin sholat untuk jenazah berjenis kelamin laki-laki harus sejajar dengan kepala dari jenazah.

  1. Posisi Makmum

Posisi makmum dalam menunaikan sholat untuk jenazah laki-laki tidak berbeda dengan jenazah perempuan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  1. Niat

Tentu saja niat dalam sholat untuk jenazah laki-laki dan perempuan ini berbeda. Ada banyak sumber yang  bisa Anda cari dalam lafal niat untuk menunaikan sholat untuk jenazah laki-laki.

  1. Takbir Pertama, kedua, Ketiga dan Keempat

Untuk takbir pertama, kedua, ketiga dan keempat, yang harus Anda lakukan sama seperti  melakukan sholat untuk jenazah perempuan. Dimana pada takbir  pertama membaca surat al fathihah, takbir kedua  membacakan sholawat, takbir ketiga harus membacakan doa untuk jenazah, takbir keempat membaca doa sebagaimana yang telah Imam Abu Dawud riwayatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *