Awal Kebangkitan Nokia Setelah Popularitasnya Turun Dihajar Android

Apabila saat ini anda sedang membutuhkan informasi mengenai sejarah nokia dilindas android maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. Ketika masa jaya-jayanya, Nokia merupakan sebuah produk hp yang banyak beredar di pasaran. Sangking banyaknya sehingga dijuluki sebagai hp sejuta umat.

Tercatat sejarah bahwa Nokia ini sukses menjadi produsesn terbesar di dunia mulai tahun 1998. Kepopuleran Nokia di pasaran ini mampu bertahan sampai 14 tahun lamanya sampai tahun 2012 silam.

Nokia Dihajar Oleh Android Sehingga Pangsa Pasarnya Turun

Ketika Nokia sudah merasa puas dengan segala yang sudah dicapainya. Hal ini sangat terlihat ketika pesaingnya Apple merilis produk terbarunya iPhone pada tahun 2007. Ketika itu Nokia sudah tidak merasa tersaingi dengan produk unggulan mereka N95.

pixabay.com

N95 sudah mengusung kamera 5 MP kalau iPhone hanya 2 MP. Selain itu N95 sudah dilengkapi dengan GPS dan 3G. namun ada catatan lain iPhone memiliki software yang lebih keren. Sepertinya Nokia cuek-cuek saja tentang masalah tersebut. Pada tahun 2008, iPhone kembali dengan meluncurkan 3G. kemunculan iPhone ini berdampak pada Nokia dan membuatnya turun.

Keterpurukan Nokia semakin redup ketika Google mengenalkan sistem operasi Android. Tekanan baru ini berlangsung pada tahun 2010, akhirnya Samsung dan Sony Ericsson lebih memilih menggunakan Android. Namun berbeda dengan Nokia, yang tetap teguh dengan pendiriannya.

Nokia justru memilih mengenalkan N8 dengan menggunakan sistem operasi baru symbian 3. Berbanding terbaik dengan apa yang terjadi di pasaran. Produk baru Nokia ini memiliki keunggulan pada hardwarenya namun pada sisi softwarenya tertinggal. Dari perkembangan yang ada, Android dan iOS jauh dianggap lebih baik. Pada akhir tahun 2010, pangsa pasar Nokia semakin turun hingga 32%. Android justru melambung tinggi hingga 30%, sehingga inilah pertanda Nokia jatuh dan turun.

Nokia tidak berhenti begitu saja, akhirnya membuat Nokia harus berusaha lebih giat lagi untuk melakukan perbaruan. Salah satunya yaitu dengan menunjuk Stephen Elop sebagai CEO pada tanggal 21 September 2010. Elop berhasil mencatatkan sejarahnya menjadi seorang CEO pertama Nokia yang bukan berasal dari orang Finlandia.

Pada tahun 2011 Elop masih memiliki paradigma mengenai Microsoft yang sangat kuat. Sehingga Elop menyampaikan kalau Nokia akan menggunakan sistem operasi Windows Phone untuk menggantikan MeeGo dan Symbian. Namun Nokia tidak sepenuhnya menggunakan Windowa Phone. Mengingat sistem operasi mobile Microsoft ini hanya digunakan untuk produk ponsel pintar.

Lebih sialnya lagi saham milik Nokia justru turun sampai 14%. Ketakutan demi ketakutan pun terjadi, Windows Phone kini tidak bisa mengangkat penjualan Nokia kembali. Kini posisinya direbut oleh Samsung.

pixabay.com

Tanda –Tanda Kebangkitan Nokia dari Keterpurukan

Kita ketahui bersama kalau Nokia sebelumnya pernah menjadi pengusaha penjualan ponsel pada tahun 1990-an. Walau beberapa tahun ini meredup, namun kini sudah mulai ada lagi tanda-tanda kebangkitan pasar Nokia. Kala itu, Nokia berhasil menjadi salah satu produsesn terbesar yang bersaingan dengan Ericsson dan Siemens. Kedua vendor tersebut sudah memutuskan keluar dari pasaran.

Sementara Nokia masih tetap menggunakan Windows Phone. Ketika Nokia berpindah ke HMD Global maka kini Nokia sudah mulai membuat ponsel Android. Berada dibawah tanggung jawab HMD Global maka kini sudah mulai muncul kebangkitan Nokia selama ini. agar anda tidak penasaran, maka silahkan simak penjelasan dibawah ini :

  1. Hadir dengan berbagai varian smartphone

Kini Nokia tidak hanya memproduksi hp biasa, namun mereka kini juga fokus untuk memproduksi varian smartphone. Bahkan kini Nokia selalu aktif dalam memperbarui semua lini produknya. Kini produk dari smartphone Nokia sudah sangat lengkap, mulai dari bawah, menengah dan kelas atas.

  1. Memiliki produk smartphone Flagship

Siapa yang bilang kalau produk Nokia kembali hanya dengan smartphone yang harganya murah saja. Kini mereka memiliki smartphone flagship, sehingga ini menandakan kalau Nokia kini sudah bangkit kembali.  Dibandrol dengan harga Rp 14 juta, kini Nokia 9 sudah sipa bersaing dengan para pesaingnya.

pixabay.com

  1. Lebih sering Update

Walau saat ini belum bisa menjadi trendsetter, tetapi Nokia kini tidak mengalami persaingan. Mengingat Nokia ini selalu mengikuti tren masa kini. Setelah mengikuti produksi smartphone Android maka kini Nokia juga mengeluarkan dua kamera.

  1. Kembali ke pusat pasar Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat menjadi pasar yang paling penting untuk Nokia. Selain menjadi salah satu pasar yang besar, ternyata banyak sekali fans produk Nokia di Amerika. Maka dari itu banyak sekali karyawan dari perusahaan Nokia yang berasal dari Amerika Serikat.

  1. Berhasil masuk daftar 10 besar terpopuler di Dunia

Banyak kalangan yang kaget ketika Nokia mampu masuk kembali pada daftar 10 produsen smartphone populer di Dunia. Usaha keras dan pantang menyerah dari HMD Global akhirnya membuahkan hasil manis. Walau masih di peringkat 9 namun ini adalah awal yang baik.

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah nokia dilindas android. Apabila anda membutuhkan informasi yang lebih banyak maka anda bisa mengunjungi situs wakdroid.com. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang perkembangan smartphone.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *