Pohon Tomat

 

 

Semua orang tentu sangat mengenal buah tomat dengan baik, bahkan masih tidak jarang orang yang memperdebatkan terkait tomat itu termasuk sayuran atau buah. Sebagian orang berpendapat jika tomat adalah sayuran dan sebagian lainnya berpendapat jika tomat termasuk buah-buahan.  Namun, kita tidak akan membahas terkait itu, karena ada yang jauh lebih penting, yaitu membahas manfaat dari tomat dan seluk beluknya.

 

Asli Benua Amerika

 

Tahukah Anda jika tomat merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yaitu tersebar mulai dari Meksiko hingga Peru. Oleh karena itu, jangan heran jika orang-orang yang tinggal di daerah tersebut, terutama Meksiko memiliki makanan yang bernama salsa yang berbahan utama tomat.

 

Tomat dapat tumbuh 1 hingga 3 meter. Tanaman ini termasuk dalam tanaman yang memiliki siklus hidup singkat. Pohon tomat dapat tumbuh dimana saja, tetapi dengan syarat suhu tidak ekstrim.

 

Macam-Macam Ukuran Tomat

 

Terdapat berbagai ukuran tomat yang ada di dunia. Ukuran tomat ini terbagi menjadi empat macam, yaitu granola, gondol, sayur, dan ceri. Tomat granola adalah tomat dengan bentuk bulat yang memiliki pangkal buah mendatar dan mencakup serta dikenal sebagai tomat buah.

 

Tomat gondol adalah tomat dengan bentuk lonjong oval, biasa digunakan sebagai bahan dasar saus dan termasuk tomat buah. Tomat sayur adalah tomat dengan daging buah yang padat dan digunakan untuk diolah menjadi masakan. Tomat ceri adalah tomat yang berukuran kecil dan tersusun secara berangkai pada tangkai buah yang panjang.

 

Fakta Menarik Buah Pohon Tomat

 

Mengkonsumsi buah tomat, berarti Anda sangat memperhatikan kesehetan organ tubuh, karena tomat dapat mencegah penyakit jantung, meredakan diabeters, menyehatkan mata, menjaga kesehatan rambut, melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan, mengurangi efek buruk terbakar sinar UV, mencegah jerawat, menghilangkan noda hitam pada wajah, dan dapat menjaga kesehatan kulit.

 

Tahukah Anda jika pohon tomat atau lebih tepatnya “tomat” nya ternyata keluarga dekat dengan kentang. Buah pohon tomat juga tidak selalu berwarna merah, ada juga warna lainnya, seperti merah muda, kuning, ungu, hitam dan putih. Varietas tomat yang ada di dunia ini mencapai 10.000 jenis. Tomat juga telah tumbuh di luar angkasa.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *