Menelusuri Perkembangan Teknologi Game

Perkembangan teknologi game mengalami peningkatan yang pesat dari tahun ke tahun. Bermain game tidak hanya berfungsi untuk mengusir kebosanan. Bahkan saat ini banyak gamers yang berhasil mendulang penghasilan dalam jumlah besar hanya dengan bermain game.

Perangkat yang digunakan pun beragam, mulai dari pc, laptop gaming, hingga smartphone. Jenis game juga bervariasi, bahkan saat ini bisa dimainkan secara online baik single maupun multiplayer. Lantas siapa sebenarnya penemu game dan konsol apa yang dibuat pertama kali? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Sejarah Perkembangan Teknologi Game di Dunia

Inovasi baru seputar teknologi selalu bermunculan setiap tahunnya tak terkecuali game. Saat ini game menjadi lahan bisnis yang sangat menggiurkan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang memainkan permainan ini, terutama jenis game yang menggunakan konsol. Berikut ini adalah sejarah perkembangan game mulai dari generasi pertama hingga sekarang.

  1. Game generasi pertama (1952-1975)

Game diciptakan pertama kali oleh A.S Douglas di University of Cambridge pada tahun 1952. Dalam tesisnya, Douglas menjelaskan keterkaitan antara komputer dengan manusia. Ternyata game pertama yang berhasil diciptakan sangat simple yaitu sebuah permainan Tic Tac Toe atau dikenal dengan XOXO. Tesis yang dibuat oleh Douglas ternyata menginspirasi William Higinbotham untuk melakukan hal serupa. Pada tahun 1958 ia menciptakan game Tenis for Two yang dimainkan di Osiloskop. Game kedua yang berhasil diciptakan ini juga memiliki konsep yang sederhana dengan visual berupa lapangan tenis.

Pada tahun 1961, pemakaian komputer mulai naik daun meski masih dianggap sebagai barang mewah. Pada tahun ini Steve Russel berhasil menciptakan game yang diberi nama Spacewar dengan memanfaatkan teknologi komputer. Teknologi game mulai berkembang dengan baik pada tahun 1972. Kala itu perusahaan Magnavox Odyssey merilis perangkat video game yang bisa dihubungkan dengan televisi. Namun sayang, produksinya berhenti selang tiga tahun kemudian.

pxhere.com

  1. Game generasi kedua (1976-1983)

Pada generasi ini grafik 8 bit mulai dikembangkan. Fairchild berhasil menghidupkan kembali teknologi game pada tahun 1976 melalui karyanya yaitu VES (Video Entertainment System). Selain itu banyak juga perusahaan yang mulai menciptakan game berbasis konsol seperti Magnafox Odyssey versi 2, Fairchild Channel F, Attari 5200, dan Attari 2600.

Game-game baru yang menggunakan teknologi 3D pun mulai bermunculan seperti Pac Man, Battlezone, dan Game & Watch milik Nintendo. Meski begitu pada tahun 1983, penjualan konsol game justru mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah kurang kreatifnya para pembuat game serta mulai meningkatnya penggunaan PC sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli PC ketimbang konsol game.

  1. Game generasi ketiga (1983-1986)

Pada tahun 1983, Nintendo meluncurkan konsol game barunya yang diberi nama Famicom atau Nintendo Entertainment System. Famicom menjadi konsol pertama yang menampilkan game dari animasi dan gambar beresolusi tinggi. Game legendaris Super Mario juga pertama kali muncul di konsol ini. Sambutan masyarakat sangat baik akan hadirnya konsol besutan Nintendo tersebut.

Kemunculan game Super Mario membuat penjualan konsol game semakin naik. Dilain pihak banyak perusahan yang menghentikan produksi software dan hardware karena takut tak laku di pasaran. Berkat Super Mario, Nintendo bisa mendominasi pasaran di Amerika dan bersaing ketat dengan perusahan konsol lainnya yang lebih dulu berdiri.

pxhere.com

  1. Game generasi keempat (1988-1993)

Pada tahun 1988, Nintendo kembali mengeluarkan konsol game terbarunya dengan menggunakan teknologi 16 Bit. Perubahan besar sangat terasa baik pada tata suara, gameplay, hingga grafik. SEGA pun tak mau kalah dengan Nintendo. Perusahaan konsol game tersebut juga mengeluarkan produk terbaiknya yaitu SEGA Mega Drive dengan kualitas yang hampir sama dengan game besutan Nintendo. Meski terjadi persaingan yang cukup sengit, tak mempengaruhi penjualan Nintendo di dunia. Perangkat tersebut masih mendominasi penjualan konsol game dan menduduki posisi pertama.

Tak berputus asa, pada tahun 1991, SEGA kembali meluncurkan game terbarunya yaitu Sonic the Hedgehog. Secara kualitas grafik, game play, dan sebagainya, jelas game ini lebih baik dari Super Mario. Semenjak itulah Sonic the Hedgehog secara resmi menjadi saingan berat Super Mario.

  1. Game generasi kelima (1994-1999)

Atari kembali mengeluarkan konsol game barunya yang diberi nama Atari Jaguar. Namun karena pengoperasiannya lebih sulit, banyak pecinta game yang kurang tertarik dengan konsol tersebut. Pada generasi ini, Sony juga mengeluarkan konsol berbasis CD yang kemudian diikuti oleh peluncuran Playstation dengan teknologi 32 bit.

Dominasi Sony membuat Nintendo kembali meluncurkan produk terbarunya yaitu Nintendo 64. Sementara SEGA juga tak mau kalah dengan meluncurkan SEGA Tatum. Persaingan Nintendo, SEGA, dan Sony mulai memanas pada generasi ini.

pxhere.com

  1. Game generasi keenam (2000-2013-an)

Sony kembali merilis konsol terbarunya yaitu Nintendo 2 yang berbasis DVD dengan tampilan yang lebih apik. Sementara Nintendo dan SEGA tertinggal jauh dari kualitas yang ditawarkan oleh Playstation. Satu-satunya konsol yang mampu menyaingi Sony adalah xbox, produk buatan Microsoft. Namun faktanya xbox juga tak mampu menggeser dominasi Sony yang merajai puncak penjualan konsol di dunia.

  1. Teknologi game ketujuh (sekarang)

Persaingan tiga perusahaan konsol terbesar yaitu Sony, Nintendo, dan Microsoft masih berlanjut sampai sekarang. Sony masih meneruskan pembuatan konsol hingga playstation 4. Nintendo pun terus bekerjakeras dengan mengeluarkan Nintendo Wii. Sedangkan Microsoft juga memperkenalkan konsol terbarunya mulai dari xbox 360 hingga xbox one.

Saat ini pemakaian konsol game mulai sedikit berkurang dengan bermunculannya game online. Permainan single player pun mulai ditinggalkan karena dirasa membosankan. Para pecinta game lebih memilih permainan multiplayer yang sangat seru dan memberi tantangan tersendiri karena berhadapan langsung dengan real player.

 

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *