Penyebab Terjadinya Batu Ginjal Dan Pengobatannya

 

Penyakit batu ginjal merupakan sebuah pembentukan materi yang sangat keras yang menyerupai sebuah batu yang berasal dari mineral dan garam yang ada di dalam ginjal. Di mana batu ginjal tersebut bisa terjadi di sepanjang saluran urine ureter uretra kandung kemih dan ginjal. Batu ginjal ini terbentuk dari sebuah limbah yang ada di dalam darah yang nantinya membentuk sebuah kristal dan menumpuk di dalam ginjal sehingga dengan seiringnya waktu materi tersebut akan menjadi keras dan menyerupai sebuah bentuk batu.

Kondisi yang menimbulkan batu ginjal

Penyebab bisa terjadinya batu ginjal ini sebenarnya bisa dipicu dari berbagai kondisi seperti seseorang yang memang memiliki berat badan secara berlebihan, kurang mengkonsumsi air putih atau bisa juga diakibatkan dari efek samping setelah operasi yang dilakukan pada organ pencernaan. Di mana endapan batu tersebut yang ada di dalam ginjal biasanya disebabkan dari faktor makanan ataupun permasalahan dari kesehatan yang memang mendasari. Di mana batu ginjal ini dibagi menjadi 4 jenis yaitu batu asam urat batu sistin batu struvit dan batu kalsium. Batu ginjal tersebut biasanya selalu berpindah-pindah dan tidak selalu berada di dalam ginjal. Dengan adanya perpindahan batu ginjal tersebut apalagi yang memiliki ukuran besar pastinyaaakan sulit untuk bisa menuju ureter yang lebih kecil dan halus sampai kandungan kemih dan nantinya akan dikeluarkan melalui uretra. Dengan adanya kondisi tersebut nantinya bisa menimbulkan sebuah iritasi pada saluran kemih. Jadi sebaiknya jika sudah terdiagnosis batu ginjal ini harus cepat mendapatkan penanganan awal untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen di dalam fungsi ginjal. Memang bagi orang-orang yang sudah berusia di atas 30 sampai 60 tahun biasanya mengalami penyakit batu ginjal. Jika batu ginjal itu sudah memiliki ukuran yang besar pastinya gejalanya akan lebih sering muncul di mana gejala-gejala tersebut seperti  merasakan sakit pada saat membuang air kecil, sering membuang air kecil dan jumlah urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Sebenarnya batu ginjal bisa dilakukan sebuah pengobatan, namun semuanya memang harus sudah disesuaikan sesuai dengan kondisi yang dialami oleh pasien di mana pengobatan itu bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti :

  • Pengobatan dengan adanya pemberian obat-obatan.
  • Dilakukan sebuah prosedur untuk bisa memecahkan batu ginjal tersebut.
  • Dilakukan sebuah bedah terbuka.
  • Terdapat pengobatan lainnya seperti extracorporeal shock wave lithotripsy.

Sebenarnya untuk mencegah terjadinya penyakit batu ginjal ini anda harus mengkonsumsi banyak air putih dan meminta petunjuk dokter mengenai pola makan yang benar.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *