Pantai Tanjung Bira, Keindahan yang Ada di Ujung Selatan Pulau Sulawesi

Indonesia adalah Negara yang begitu kaya dengan keindahan laut beserta biota-biota yang ada di dalamnya. Pulau-pulau yang tersebar di sepanjang Indonesia menjadikan Negara ini memiliki banyak pantai yang menawarkan keindahan luar biasa. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Bira yang terletak di pulau Sulawesi, lebih tepatnya di Sulawesi Selatan

Sulawesi merupakan salah satu dari lima pulau besar yang Indonesia miliki. Potensi wisata alam di Sulawesi tidak dapat dapat diragukan lagi. Seperti yang kita tahu, Indonesia bagian Timur begitu dikenal dengan keindahan lautnya. Ada satu pantai yang terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi dan menjadi obyek wisata yang patut untuk kita kunjungi karena keindahannya. Ya, pantai yang dimaksud adalah Tanjung Bira atau juga bisa disebut Tanjung Bire.

Pesona Wisata

Pantai Tanjung Bira menawarkan pesona wisata yang begitu luar biasa indahnya. Pantai ini punya pasir putih yang lembut dengan keindahan birunya laut yang sangat bersih. Pesona bawah laut di pantai ini juga sangat indah. Bahkan pantai ini kerap kali disebut oleh wisatawan sebagai Maladewanya Indonesia lantaran jika diperhatikan, kawasan di Pantai Tanjung Bira mirip dengan keindahan yang disuguhkan di Negara Maladewa.

Ketika datang ke pantai ini hanya satu kata yang bisa terucap, yaitu “Indah”. Pantai Tanjung Bira telah menjadi salah satu ikon wisata yang baru dalam dunia pariwisata di Sulawesi.

Menariknya lagi adalah pasir di pantai ini tidak sekedar putih saja, melainkan halus bahkan hampir seperti tepung. Sehingga untuk beraktivitas di pasir pun sudah menjadi sebuah kegiatan yang seru di Pantai Tanjung Bira. Apalagi tidak ada sampah yang bisa dijumpai pada sepanjang pinggiran pantai. Jadi, Anda pun sebagai wisatawan di Pantai Tanjung Bira sudah sepatutnya juga untuk ikut menjaga keindahan pantai ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, soal keindahan lautnya yang biru, Pantai Tanjung Bira pada beberapa waktu tertentu menunjukkan keindahan yang luar biasa dengan menunjukkan 3 gradasi warna dari air lautnya. Keindahan 3 gradasi warna dari air laut di pantai ini memang hanya beberapa waktu saja seperti saat sunset ataupun sunrise. Namun tak perlu khawatir, gradasi dua warna antara biru dan hijau tosca akan selalu bisa dinikmati setiap saat oleh para wisatawan yang datang ke Pantai Tanjung Bira.

pxhere.com

Aktivitas Seru

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di Pantai Tanjung Bira. Salah satu yang paling menarik adalah snorkeling ataupun diving karena memang obyek wisata yang satu ini punya keindahan bawah laut yang keindahannya begitu luar biasa. Terdapat beberapa spot yang tepat untuk melakukan snorkeling di Pantai Tanjung Bira. Mulai dari di sekitar Pulau Liukang Loe yang merupakan pulau kecil di seberang Barat dari Tanjung Bira.

Selain itu, ada juga kapal-kapal tradisional milik warga setempat yang siap untuk dipesan para wisatawan demi bisa menikmati keindahan tengah laut dari atas kapal. Kawasan Tanjung Bira memang masyarakatnya sebagian besar adalah seorang nelayan. Jadi tak perlu heran jika saat berkunjung ke sini akan dijumpai perahu berjajar.

Jika tidak ingin bermain air, cukup bersantai di pinggiran pantai tidak kalah sebagai aktivitas yang menarik di Pantai Tanjung Bira. Jangan lupa untuk mengabadikan berbagai momen seru saat berwisata di sini.

pxhere.com

Fasilitas

Begitu banyak hal yang menarik dari Pantai Tanjung Bira, tentu juga sudah ada berbagai fasilitas pendukung yang membuat wisatawan nyaman saat berkunjung. Tiket masuknya sendiri sangat murah, yaitu hanya Rp. 10.000 saja untuk wisatawan dari Indonesia dan Rp.20.000 untuk wisatawan mancanegara.

Apa saja fasilitas yang ada di sini? Obyek wisata yang satu ini menyediakan berbagai perlengkapan snorkeling untuk disewa para pengunjung. Kemudian persewaan motor sampai dengan pelabuhan kapal ferry yang umum dipakai untuk mengantarkan para wisatawan menuju Pulau Selayar untuk memulai aktivitas menyelam.

Selain itu, tidak lupa tentu fasilitas kamar mandi sudah disediakan di Pantai Tanjung Bira. Lalu juga pastinya ada beberapa rumah makan dengan macam-macam kuliner khas seafood yang dapat dinikmati untuk mengenyangkan perut. Jika Anda ingin menginap, di sekitar Pantai Tanjung Bira juga terdapat hotel, villa ataupun bungalow untuk bermalam.

pxhere.com

Lokasi dan Akses

Pantai ini memang letaknya berada di ujung selatan daerah daratan Sulawesi. Lokasi tepatnya berada di Kabupaten Bulukumba. Dari Makassar jaraknya kurang lebih 200 kilometer.

Untuk akses menuju Pantai Tanjung Bira, wisatawan dapat menempuh perjalanan dari Bulukumba yang jaraknya kurang lebih 40 kilometer. Namun untuk wisatawan yang berangkat dari pusat kota, Makassar, maka bisa terlebih dahulu mengAndalkan travel untuk menuju Bulukumba. Jika sudah sampai di Bulukumba, perjalanan dapat dilanjutkan dengan naik angkot atau jika di daerah setempat disebut dengan pete-pete.

Jika Anda datang ke Makassar menggunakan moda transportasi udara. Dari bAndara, bisa menaiki bus damri menuju ke lapangan Karebosi. Lalu bisa melanjutkan dengan angkutan untuk ke terminal malengkeri. Baru setelah itu untuk menuju ke Tanjung Bira bisa menggunakan bus maupun travel mobil pribadi jika ingin lebih mudah.

Perjalanan dari Bulukumba sendiri menuju ke Tanjung Bira memakan waktu tempuh hanya 30 menit saja. Sedangkan perjalanan dari Makassar ke Tanjung Bira kurang lebih 4 sampai dengan 5 jam.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *