Cara Merawat Mobil Brio Pada Bagian Eksterior, Interior dan Mesin

Kini kredit mobil sudah semakin mudah didapatkan oleh masyarakat. Hal ini tak lepas dari kebijakan pemerintah yang menerapkan penurunan bea masuk kendaraan bermontor dari luar negeri. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi siapa saja yang ingin memiliki sebuah mobil impian. Salah satunya mobil yang sedang laris di pasaran adalah mobil Brio. Mobil ini merupakan sebuah mobil City Car yang memiliki desain yang menarik dan sporty.

Maka mobil ini memiliki daya tarik tersendiri, memiliki bentuk yang minimalis maka mobil ini juga sangat cocok untuk di modifikasi. Sisi keuntungan lainnya yaitu mobil ini harganya cukup terjangkau sehingga anda dapat menyisihkan biaya untuk modifikasi dan biaya perawatannya.

Selain memodifikasi sebuah mobil, ada hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh pemiliknya yaitu cara perawaan. Apabila anda mampu merawat dengan baik maka kendaraan kesayangan anda akan selalu awet dan performanya tetap bagus. Kali ini akan dijelaskan cara merawat mobil yang dapat anda terapkan di rumah.

Cara Merawat Mobil pada Bagian Eksterior

Merawat mobil memang sangat penting untuk diperhatikan, salah satunya pada bagian eksteriornya. Agar cat mobil anda lebih terawat dan terbebas noda maka perawatannya harus tepat. Salah satunya dengan cara rajin mencuci mobil. Maka sangat disarankan untuk tidak mencuci mobil dibawah terik matahari. Hal ini dikarenakan cat mobil akan lebih mudah pudar. Pada pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk anda mencuci mobil dengan kondisi mesin yang dingin dan dianjurkan memakai air tawar.

Anda dapat menyemprot bagian yang kotor dengan air, disarankan menggunakan semprotan air dengan tekanan tinggi. Kotoran yang bandel dapat dibersihkan dengan pembersih khusus. Pada bagian kolong mobil juga jangan sampai lupa untuk disemprot air. Beberapa bagian eksterior mobil yang harus anda bersihkan yaitu shock absorber bagian belakang dan depan, inquiry mobil, dan kaca mobil. Anda dapat menggunakan shampoo khusus mobil dan dibersihkan menggunakan air dan mengelap dengan kain lap yang lembut. Untuk tahapan akhir anda dapat mengoleskan car wax pada body mobil.

pxhere.com

Cara Merawat Mobil Pada Bagian Interior

Agar mobil anda tetap nyaman saat digunakan maka sisi interior juga harus mendapatka sentuhan yang sama. Perawatan yang teratur dan menjangkau seluruh bagian penting. Sehingga mobil anda akan selalu nampak awet dan bersih. Berikut ini vaa merawat mobil pada bagian interiornya:

  1. Membersihkan bagian dashboard

Mengingat lokasinya yang berada di paling depan maka sangat rentan terkena sinar matahari. Maka dari itu harus mendapatkan perhatian dan harus sering dibersihkan. Kuas dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan debu yang melekat. Pembersih debu lainnya juga harus menyentuh hingga ke lubang AC. Selain itu apabila AC mobil anda mengalami masalah, maka anda dapat membawanya ke bengkel AC Mobil terpercaya agar AC kembali berfungsi dengan baik.

  1. Menggunakan karpet mobil sintesis

Agar mobil lebih mudah dibersihkan atau dicuci dan cepat kering maka disarankan untuk menggunakan karpet sintesis. Kalau anda menggunakan karpet kain, kotoran seperti pasir, debu dan lainnya akan sulit dibersihkan. Kalau kena air, karpet kain akan lama keringnya.

  1. Menggunakan lap basah untuk membersihkan langit-langit mobil

Kain yang dicelup sedikit air akan lebih efektif untuk membersihkan debu yang melekat pada langit-langit mobil. Kemudian anda dapat membersihkan dengan kain kering, agar sisa air dan debunya dapat dibersihkan. Agar lebih optimal anda dapat menggunakan shampoo khusus.

  1. Membersihkan jok mobil

Untuk membersihkan jok mobil anda dapat menggunakan penyedot debu, sikat gigi, dan lap kering. Sehingga jok mobil anda akan selalu terlihat bersih dan nyaman untuk digunakan. Agar ruangan semakin wangi anda dapat menambahkan pengharum ruangan.

pxhere.com

Cara Merawat Mobil dari Sisi Mesinnya

Cara merawat mobil agar mesinnya tetap memiliki performa yang bagus yaitu dengan selalu mengecek cairan radiator, oli mesin dan filter udaranya.

  1. Mengganti oli secara teratur

Performa sebuah mesin mobil akan sangat dipengaruhi oleh penggunaan olinya. Silahkan melakukan pergantian oli secara berkala,biasanya setelah pemakaian dari 3000 km sampai 5000. Oli mesin ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya gesekan di dalam mesin.

  1. Mengecek cairan radiator mobil

Cairan radiator ini berfungsi sebagai menetralisir suhu panas mesin. Kalau air radiatornya habis maka dapat menimbulkan kerusakan pada mesin. Selain itu juga dapat membahayakan pengendaranya. Silahkan melakukan pemeriksaan secara berkala karena kebutuhan cairan radiator ini sangat penting diperhatikan.

pxhere.com

  1. Membersihkan filter karburasi secara teratur

Membersihkan filter karburasi ini harus selalu anda lakukan dan selalu di cek. Mengingat kalau tidak dilakukan pengecekan dapat mengakibatkan mesin mobil sulit dihidupkan. Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan kerak dan kotoran yang melekat pada saringannya. Jangan sampai menggunakan compressor untuk membersihkan filter karburasi. Hal ini justru membuat lapisan filter menjadi rusak.

Demikianlah penjelasan mengenai merawat mobil Brio mulai dari interior, eksterior dan bagian mesinnya. Sehingga mobil anda akan selalu nyaman dan aman saat digunakan sehari-hari. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda semuanya.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *