Dapur merupakan bagian dari rumah yang di dalamnya terdapat banyak perlengkapan memasak, peralatan makan, serta berbagai bahan makanan. Keindahan dan kebersihan dapur tentunya juga harus diperhatikan sehingga nyaman dan sehat. Di dalam dapur terdapat beberapa bagian salah satunya adalah kitchen set. Iya kini kitchen set semakin banyak diminati sebagai salah satu perangkat untuk melengkapi berbagai keperluan di dalam dapur.

Kitchet set adalah perangkat dapur yang pada umumnya berbentuk seperti lemari yang mana fungsinya adalah untuk menyimpan alat-alat rumah tangga khususnya perlengkapan dapur. Secara umum, kitchen set sendiri adalah furniture yang dibuat untuk mendukung keperluan masak di dapur yang dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk menunjang keperluan memasak.

Dalam merancang kitchen set, tentunya sama dengan merancang berbagai ruangan lainnya, sebab kitchen set juga memerlukan desain, pemilihan bahan, dan luas space pada dapur. Pada umumnya kitchen set memuat beberapa komponen mulai dari komponen rak piring, komponen laci untuk wadah bumbu, komponen rak sendok, dan komponen lemari atas yang dapat digunakan untuk menyimpan piring, gelas, dan perabot ringan lainnya. Selain itu terdapat juga bagian lemari bawah yang biasanya digunakan untuk menyimpan peralatan berat seperti gas, panci, dan lain sebagainya. Nah bagi Anda yang ingin mencari informasi seputar kitchen set, Anda dapat mengakses ruangarsitek.id.

Jenis-jenis Kitchen Set

Seiring berkembangnya waktu, kitchen set pun terus dikembangkan sehingga memiliki banyak varian. Misalnya kini sudah banyak kitchen set yang digabung dengan tempat minum, lemari es, dan lain sebagainya. Nah adapun jenis-jenis kitchen set saat ini dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya adalah kitchen set untuk dapur basah dan untuk dapur kering atau sering disebut dengan pantry.

Adapun pantry pada umumnya digunakan sebagai tempat untuk memanaskan masakan yang telah siap disajikan. Untuk penempatannya dapat diletakkan di area yang menyatu dengan ruang makan dan keluarga sehingga lebih mudah dijangkau. Pantry juga dapat digabungkan dengan konsep-konsep seperti mini bar atau meja sarapan yang sifatnya cepat saji.

Manfaat Kitchen Set

Kitchen set bisa disebut sebagai furniture untuk mendukung berbagai aktifitas di dapur. Kitchet set biasanya terdiri dari meja makan, ruang untuk menyimpan berbagai peralatan dapur, dan lain sebagainya. Kitchen set biasanya terbuat dari bahan kayu atau logam. Baik kitchen set yang dibuat dari bahan kayu atau logam, semuanya memiliki keunggulan tersendiri baik dari segi fungsi, ketahanan, dan keindahan. Nah adanya kitchen set di dalam dapur tentunya memiliki beberapa manfaat yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk memperindah ruangan dapur

Kitchen memiliki desain yang cukup beragam yang tentunya bisa Anda pilih sesuai dengan konsep dapur Anda. Nah Anda dapat memilih kitchen set dengan desain-desain unik untuk memberikan kesan yang tidak monoton pada suasana dapur Anda.

  1. Sebagai tempat menyimpan perabotan

Dapur yang setiap hari digunakan untuk memasak tentu di dalamnya terdapat banyak sekali perabotan-perabotan perlengkapan memasak. Nah adanya kitchen set yang menyediakan ruang penyimpanan ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan perabot-perabot dapur sehingga lebih rapi dan tidak berantakan.

  1. Menyimpan bumbu dan bahan makanan

Bumbu dan bahan makanan merupakan salah satu kebutuhan inti pada dapur untuk menghasilkan berbagai masakan yang lezat dan sehat. Nah adanya kitchen set juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai bumbu dan bahan-bahan makanan yang ada sehingga lebih aman dari berbagai kotoran dan serangga.

  1. Membuat ruangan lebih rapi

Pada umumnya kitchen set dibuat dengan sedemikian rupa yakni dengan berbagai tempat yang memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya tempat penyimpanan berbagai perabot dapur. Nah dengan menyimpan berbagai perlengakapan dapur, bahan-bahan makanan beserta bumbu-bumbu masakan di dalam kitchet set, tentu suasana dapur akan menjadi lebih rapi.

Tips Membersihkan Kitchen Set

Untuk membuat kitchen set tetap bersih dan terawat, Anda dapat membersihkannya dengan rutin. Dalam membersihkan kitchen set, tentu harus memperhatikan bahan-bahan atau material kitchen set apakah itu bahan logam, bahan granit, atau bahan kayu, sebab ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda sehingga cara membersihkannya pun juga berbeda. Adapun kitchen set yang paling mudah untuk dibersihkan adalah yang menggunakan material grani yakni hanya denganĀ  mengelapnya dengan kain basah yang diberi sabun, kemudian di lap kembali dengan kain kering.

Adapun untuk membersihkan HPL, Anda dapat melakukannya dengan menyiapkan larutan pembersih yakni dengan larutan cuka yang dicampur air dengan perbandingan 1:3. Anda dapat menyemprotkan cairan ini ke bagian-bagian yang ingin dibersihkan, kemudian lap dengan menggunakan kain kering. Nah Anda dapat membersihkan kitchen set secara rutin agar tetap awet dan bersih.

Anda dapat membersihkan kitchen set secara total antara seminggu atau sebulan sekali. Dalam hal ini Anda dapat memulainya dari permukaan bagian luar dengan menggunakan larutan cuka. KemudianĀ  bersihkan bagian dalam yakni dengan mengeluarkan perabot-perabot yang ada di dalamnya sehingga kitchen set dapat dibersihkan secara maksimal. Jangan lupa bersihkan juga bagian kabinet dan sela-selanya agar tidak tersisa kotoran. Kemudian bersihkan juga bagian sisi-sisinya dari berbagai kotoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *