Lingkungan Indah dan Asri dengan Menanam Bunga

Untuk membuat lingkungan terlihat lebih indah dan asri, maka menanam bunga merupakan salah satu caranya. Bunga, menjadi sebuah objek yang sangat digemari oleh masyarakat. Tak terkecuali oleh masyarakat itu sendiri. Bahkan ada sebuah ungkapan dari Ralph Waldo Emerson mengenai bunga, yakni bumi akan tersenyum kepada bunga-bunga. mengapa Ralph bisa mengungkapkan hal tersebut? Ya karena memang hadirnya bunga mampu menciptakan sebuah kegembiraan maupun keceriaan di alam semesta ini.

Bunga sendiri merupakan sebuah alat reproduksi pada tanaman atau tumbuhan yang berbunga. Bunga juga bisa muncul tunggal atau serangkaian secara bersama-sama. Nah, untuk bunga yang muncul secara serangkaian maka disebut sebagai bunga majemuk atau kata latinnya inflorescence. Bunga majemuk tersusun atas beberapa satuan yang disebut dengan floret. Definisi bunga bila dilihat secara botani, merupakan bagian tanaman yang mampu menghasilkan biji penyerbukan serta pembuahan yang berlangsung di dalamnya. Setelah pembuahan tersebut, maka bunga akan tumbuh berkembang, lalu menjadi buah yang bisa kita makan.

Jangan salah, selain bisa berkembang menjadi buah, bunga juga memiliki fungsi lain. Seperti sebagai organ seksual, di mana gamet jantan akan bertemu dengan betinanya, sehingga biji akan dihasilkan. Bahkan bunga yang memiliki warna cerah akan berfungsi untuk menjadi sebuah pemikat hewan, yang tentunya akan membantu dalam proses penyerbukannya. Tak jarang, sebuah bunga juga mengeluarkan bau yang khas. Karena warna bunga yang bermacam-macam, membuat manusia tertarik untuk menanam sebuah bunga.

pexels.com

4 Manfaat yang Didapatkan Saat Menanam Bunga

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bunga merupakan tanaman yang sangat digemari oleh masyarakat, karena memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan, masyarakat terkadang menganggap menanam bunga memiliki nilai ekonomis yang mampu meningkatkan kesejahteraan sosialnya. Berikut akan diuraikan mengenai apa saja manfaat yang dapat diperoleh saat menanam sebuah bunga.

  1. Mampu Mengubah Suasana Hati

Berdasarkan sebuah studi dari Universitas di Washington yang dilakukan oleh Virgina Lohr dan Caroline Pearson, diketahui bahwa sebuah tanaman atau tumbuhan akan memiliki dampak positif pada masyarakat. Yang tentunya mampu meningkatkan perasaan menjadi lebih bahagia, sejahtera, serta damai. Virginia dan Caroline meneliti dengan mengajak peserta studi untuk pergi ke taman kota. Saat di taman kota tersebut, ternyata perasaan peserta studi menjadi lebih bahagia. Hal ini tentunya membuktikan bahwa bunga memang memiliki dampak positif terhadap emosi manusia.

  1. Menjaga Udara Tetap Bersih

Udara yang kotor biasanya telah terkena polusi. Dan polusi tersebut sangat lah tidak baik untuk pernapasan maupun kesehatan manusia. Oleh karena itu, bunga sangat dianjurkan untuk ditanam, karena memiliki manfaat menjaga udara tetap bersih.

  1. Membantu Memperindah Tata Ruang dan Lingkungan

Sebagai salah satu media hias, bunga sangat lah membantu dalam penataan ruangan maupun lingkungan. Tak hanya itu, bunga yang memiliki beragam warna mampu mempercantik ruangan, jalan, serta lingkungan. Menanam bunga yang dilakukan, mampu membuat rumah atau lingkungan tempat tinggal menjadi lebih menarik, sehingga menunjukkan bahwa lingkungan rumah memang dirawat.

  1. Salah Satu Bentuk Olahraga

Kegiatan menanam yang dilakukan, akan menjadi sebuah pengganti aktivitas olahraga. Mengapa? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa aktivitas tersebut akan membantu dalam menjaga kesehatan jasmani manusia. Tak hanya itu, aktivitas tersebut juga mampu membakar kalori, karena biasanya dilakukan dengan menggali serta menanam yang tentunya membutuhkan tenaga. Untuk melakukan aktifitas tersebut, pilihlah waktu di mana sedang mendung.

pexels.com

Menyiapkan Kebun Agar Lingkungan Lebih Indah dan Asri

Bila memiliki lahan yang cukup luas, mungkin kalian bisa menyiapkan sebuah kebun kecil. Kebun tersebut bisa ditanami bunga maupun tumbuhan lain. Mengapa kebun perlu disiapkan? Ya karena adanya kebun akan membuat lingkungan di mana kita tinggal menjadi lebih indah dan asri. Berikut beberapa hal yang perlu kalian siapkan untuk membuat kebun.

Pertama, kalian bisa mengambil tanah yang terbaik. Hindari tanah yang memiliki bobot berat, karena biasanya mengandung tanah liat dan batu, sehingga sangat tidak cocok untuk penanaman sebuah bunga. Bunga membutuhkan sebuah tanah yang mampu membuatnya bisa tumbuh lebih kuat dan sehat. Selain itu, menambahkan bahan organik yang mampu menyuburkan tanah juga sangat dianjurkan. Pupuk juga mampu meningkatkan gizi dari bunga.

Kedua, pemilihan lokasi yang tepat sangat dianjurkan. Jika kalian ingin menanam suatu bunga, ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai sebuah lokasi, apakah bunga tersebut membutuhkan lokasi dengan pencahayaan yang banyak atau sebaliknya. Terkadang, sebuah bunga memiliki persyaratan tersendiri untuk ditanam, seperti cahaya harus pas, udara harus lembap, dan segala macam. Maka dari itu, pilihlah sebuah lokasi yang memang tepat untuk penanaman.

Ketiga, pemilihan bunga yang akan ditanam juga diperhatikan. Untuk mempercantik sebuah kebun, maka memilih bunga yang akan ditanam merupakan suatu keharusan. Mungkin kalian bisa mencari ukuran pertumbuhan bunga terlebih dahulu, kira-kira akan tumbuh sebesar apa bila nanti ditanam, apakah relatif kecil, atau bisa tumbuh menjulang menjadi lebih tinggi. Oh ya, kenali persyaratan menanam bunga, apakah bunga tersebut bisa ditanam dengan cahaya yang minim dan lain sebagainya.

Keempat, pemilihan waktu yang tepat. Saat melakukan penanaman pada bunga, waktu hendaknya diperhatikan. Bahkan jika kalian sudah memiliki tanah yang bagus dan subur, namun waktu yang dipilihnya tidak tepat, maka bunga pun tidak akan tumbuh dengan sempurna. Biasanya bunga memiliki waktu tertentu untuk ditanam. Misalnya saja bunga yang hanya tumbuh pada musim semi. Tak hanya itu, kalian bisa menggunakan kalender petani, yang bisa membantu dalam pemilihan waktu terbaik. Mungkin saja karena perbedaan cuaca, maka bunga hanya bisa ditanam pada bulan Februari sampai dengan Juli.

Setelah semua tahapan tersebut dilakukan, maka bunga siap untuk ditanam. Oh ya, pengairan pada bunga juga perlu diperhatikan. Jadi sesuaikan saja kebutuhan perairan pada setiap bunga. Selain ditanam langsung di tanah. Bunga bisa juga ditanam dengan pot dan ditaruh di kebun. Namun tentunya memerlukan beberapa tahapan persiapan, seperti menyiapkan media tanamnya, memilih pot yang bagus, baru setelah itu fokus pada penanaman.

Media tanam yang dimaksud adalah tanah, pasir, batu, sekam, serta pupuk kandang. Semua media tanam tersebut dicampur lalu dimasukkan ke dalam sebuah pot. Tapi, kalian juga harus memerhatikan bahan mana dahulu yang dimasukkan ke dalam pot. Pertama, yang dimasukkan adalah batu, karena batu akan menjaga persediaan air saat dilakukan penyiraman. Kemudian, masukkan tanah, pasir, sekam, serta pupuk yang telah dicampurkan.

Pemilihan suatu pot sangat memengaruhi penanaman bunga. Pilihlah pot yang sesuai atau yang cocok serta mampu untuk menampung ukuran maksimal dari suatu pertumbuhan bunga. Jika pot dan media tanam telah siap, maka kalian bisa segera melakukan penanaman. Untuk menanam tersebut, kalian harus memerhatikan kebutuhan dari setiap jenis bunga yang ditanam.

pexels.com

Agar Lebih Indah, Tanaman Hias Perlu Ditambahkan

Berkebun bunga merupakan suatu hobi yang bisa bermanfaat untuk memperindah lingkungan. Kegiatan menanam sebuah bunga bisa pula menjadi sebuah kesibukan dan dapat memberikan nilai ekonomis tersendiri. Biasanya, agar membuat lingkungan atau kebun kalian lebih indah, mungkin kalian bisa menanam tanaman hias. Tentunya, menanam sebuah tanaman hias tidak bisa dilakukan dengan seenaknya saja. Kalian harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Sebenarnya persiapan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan menanam bunga biasa. Tanaman hias yang sering dipilih untuk memperindah lingkungan biasanya berupa bunga atau daun. Berikut beberapa tanaman hias daun yang mungkin bisa kalian tanam di kebun.

Pokok duit-duit, bila kalian menyukai sebuah tanaman yang mungil dan simple, maka pokok duit-duit pasti akan membuat kalian jatuh cinta. Pokok duit-duit menjadi tanaman yang tepat untuk menghias ruang tamu maupun ruang keluarga kalian. Biasanya daunnya memiliki warna hijau. Warna hijau yang dimiliki tersebut akan membuat lingkungan menjadi lebih asri dan indah.

Bunga krisan, tanaman jenis ini merupakan hasil dari persilangan bunga. Karena hasil persilangan tersebut, maka bunga krisan memiliki warna yang bermacam, seperti merah muda, ungu, dan kuning. Warnanya yang bermacam tersebut membuat banyak orang kepincut kepada bunga krisan. Tak hanya itu, bunga krisan juga memiliki manfaat untuk menetralkan udara dari suatu unsur yang bisa saja merugikan tubuh manusia. Untuk menanam sebuah bunga krisan, kalian perlu memerhatikan beberapa hal, seperti jangan memaparkan bunga krisan di matahari langsung. Selain itu, bila kalian tinggal di lingkungan dataran tinggi, mungkin suhu udara juga perlu diperhatikan.

Lidah mertua, merupakan sebuah tanaman hias yang memiliki sebuah corak unik, sehingga mampu memikat dan memberikan suatu kesan yang unik. Tak hanya itu, lidah mertua sangat cocok bila kalian taruh di ruang tamu atau ruang keluarga. Untuk menanam lidah mertua, kalian harus memerhatikan sinar matahari serta air yang cocok dan cukup. Oh ya, kalian perlu menghindari datangnya sinar matahari secara langsung ya. Meskipun begitu, bila ingin lidah mertua ditaruh di dalam ruangan, kalian harus memastikan bahwa dalam ruangan tersebut terdapat ventilasi yang akan membantu pertumbuhan lidah mertua.

pexels.com

Kaktus, merupakan salah satu tanaman yang digunakan untuk hiasan. Kaktus memang terkadang diragukan bisa mempercantik ruangan. Namun, bila kalian bisa memilih kaktus yang cantik, maka tak akan ragu untuk menempatkannya sebagai hiasan mempercantik rumah. Kaktus, memiliki perawatan khusus, yakni membutuhkan cahaya matahari yang sedang, serta kaktus perlu disiram air, setidaknya seminggu sekali.

Siklok, merupakan tanaman hias yang memiliki bentuk menyerupai pedang. Warnanya yang kuning pada tepi dan hijau pada bagian tengah, akan membuat tanaman ini lebih cantik. Oh ya, harga tanaman ini juga sangat terjangkau lho. Keunggulan lain dari tanaman ini yakni, kalian bisa menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. Kalian juga harus memberikan air atau menyiram tanaman ini seminggu sekali. Tak hanya itu, kalian bisa memberikan pupuk, agar tanaman lebih subur.

Palem kuning, daun yang dimilikinya terlihat lebih ramping. Palem hijau memiliki warna yang hijau, sedangkan batangnya memiliki warna yang kuning. Tanaman hias ini mampu membuat pekarangan rumah kalian menjadi lebih ceria. Terutama bila tanaman ini disorot langsung oleh sinar matahari. Pokoknya, tanaman jenis ini sangat cocok untuk memperindah lingkungan kalian.

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *