Ciri-Ciri Mata Belekan

Jika anda tidur nyenyak sangat jelas terlihat dari pada saat anda membuka mata di pagi hari dengan keadaan rambut kusut, nafas bau naga, meninggalkan jejak air liur yang mengering pada pipi dan mata belekan. Pastinya hal tersebut membuat anda segera untuk mandi agar badan anda menjadi bersih dan wangi. Penyebab hal tersebut sudah sangat jelas terjadi karena dari sisa-sisa tidur anda dan terkadang kerak tersebut menjadi lengket dan keras yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang.

Terjadi mata belekan karena kotoran dan air mata yang mengering

Di mana mata bisa menghasilkan lendir kotoran mata alias rheum. Lendir tersebut berasal dari campuran pada produk limbah iritan debu sel kulit mati dan benda asing yang bisa membahayakan jika masuk ke dalam mata. Jika hal tersebut terjadi bisa menyebabkan mata anda menjadi merah gatal mata berair dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika anda mendapatkan reaksi mata berair itu merupakan respon yang alami pada sistem tubuh karena ada benda asing yang menyusup ke dalam mata. Berikut ini beberapa jenis kondisi mata belekan.

www.pexels.com

  • Lendir hijau atau keabuan kental : ini merupakan kondisi di mana belek mata bisa menyerupai lendir kehijauan atau putih keabuan yang bisa menyebabkan infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri piogenik atau konjungtivitis bakterial. Peradangan selaput mata yang ditandai dengan mata kemerahan seperti berpasir gatal dan iritasi. Dengan kondisi ini bisa membuat mata anda akan tertutup sangat rapat pada saat anda bangun pagi.
  • Lendir kekuningan : kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit pada saat anda berkedip dan terdapat benjolan kecil di kelopak mata seperti jerawat yang disebabkan oleh hordeolum. Yang di mana kelopak mata bisa terjadi penyumbatan dan infeksi sehingga menyebabkan lendir. Pada biasanya mata bintitan memang akan sembuh dengan sendirinya namun sangat penting untuk bisa menahan diri dari memencet benjolan tersebut agar tidak terjadi infeksi yang menyebar ke bagian mata lainnya dan sekitar mata.

www.pexels.com

  • Bola lendir berwarna putih atau kuning : kondisi ini bisa terjadi karena jatuh bersama dengan air mata yang menjadi salah satu tanda umum dari dakriosistitis, infeksi sistem drainase air mata ataupun kantung nasolakrimalis. Kondisi ini bisa terjadi jika anda sedang mengalami rasa sakit pada seluruh wajah kemerahan dan pembengkakan yang ada pada area tulang hidung atas sampai dengan pojok mata dalam. Jika anda mengalami hal tersebut sebaiknya anda perlu memeriksakan ke dokter bisa diberikan antibiotik untuk mengobatinya.
  • Belek tebal kering berpasir : dimana kondisi ini belek berkerak yang menumpuk tebal pada kelopak dan bulu mata yang terjadi karena blepharitis yang disebabkan oleh bakteri pada kulit anda. Jika bakteri tersebut tumbuh dan menjadi infeksi pada kelopak dan bulu mata akan mengakibatkan kemerahan dan peradangan. Kelopak mata juga bisa menjadi lebih tebal dan membentuk sisik kulit mati seperti ketombe.
  • Lendir berbusa dengan warna kuning hijau : kondisi ini biasanya disebut dengan disfungsi kelenjar meibom yang disebabkan dengan adanya belek pada mata yang berlendir dan memiliki tekstur seperti nanah dengan warna kuning dan hijau yang berbusa bahkan juga bisa menimbulkan gejala yang menyakitkan lainnya.

Itulah beberapa kondisi terjadinya mata belekan yang perlu anda ketahui agar mengalami kondisi tersebut Anda bisa melakukan penanganan sendiri. Untuk jenis mata Deep Set Eyes juga bisa menyebabkan kondisi tersebut jika anda terlalu menggunakan make up yang berlebihan.

www.pexels.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *