Alasan Mengapa Masyarakat Gemar Sholat Berjamaah

Dalam islam terdapat berbagai hal yang harus diikuti dan dianggap sebagai sebuah kewajiban. Kewajiban- kewajiban tersebut biasanya harus dilakukan setiap hari karena termasuk dalam masalah pengalaman. Salah satu kewajiban umat islam yang harus dilakukan setiap hari adalah beribadah.  Umat islam beribadah dengan cara melakukan sholat. Sholat yang dilakukan pun tidak sembarang sholat karena terdapat beberapa tata cara sholat yang baik dan benar. Dalam melakukan ibadah masyarakat gemar sholat berjamaah.

Sholat berjamaah memang memiliki banyak keunggulan jika disbanding dengan sholat – sholat yang dilakukan seorang diri. Dengan beralas karpet masjid masjid tebal ibadah yang dilakukan oleh  umat muslim ini akan menjadi semakin khusyuk dan nyaman. Tapi harga karpet masjid tebal lebih mahal dari yang model tipis ya secara umum. Masjid juga berperan penting pada banyak atau tidaknya jamaah sholat berjamaah di suatu masjid  karena apabila sarana dan prasarana tidak memenuhi banyak orang yang akhirnya malas untuk pergi ke masjid.

Bagi umat muslim sholat merupakan suatu kewajiban. Karena sholat termasuk dalam salah satu cara beribadah umat muslim yang paling pokok. Dalam berbagai aturan yang terdapat di al quran tata cara dan kewajiban hal – hal sebelum sholat juga harus sangat diperhatikan Karena akan berpengaruh pada sah atau tidaknya sholat yang sedang atau akan dilakukan.

pixabay.com

Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Sholat

Banyak hal yang harus menjadi perhatian seorang muslim sebelum sholat. Akan tetapi kewajiban tersebut memiliki aturan – aturan sendiri yang harus dilakukan. Sholat harus memperhatikan hal- hal berikut sebelum dilaksanakan:

  1. Sudah baliq

Baliq yang dimaksud adalah sudah mencapai usia tertentu untuk anak- anak. Anak – anak kecil yang belum baliq tetap dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sholat akan tetapi tidak wajib karena belum akil baliq. Bagi seorang wanita akil baliq nya adalah saat sudah mengalami menstruasi.

  1. Suci

Suci artinya sebelum sholat maka umat muslim tersebut harus berwudhu terlebih dahulu. Wudhu tersebut digunakan sebagai salah satu rukun wajib sebelum melaksanakan sholat.

  1. Memiliki akal

Memiliki akal yang dimaksud adalah seseorang yang mampu berfikir dengan jernih dan bersih. Orang gila tidak diwajibkan sholat karena tidak memiliki akal dan pikiran.

Selain hal – hal tersebut banyak juga larangan yang tidak memperbolehkan seorang muslim untuk sholat. Larangan – larangan tersebut antara lain :

  1. Wanita menstruasi

Wanita yang sedang menstruasi tidak diperkenankan untuk melakukan sholat. Karena saat menstruasi seorang wanita akan mengeluarkan darah yang mana darah tersebut adalah najis bagi umat islam dan termasuk daalm hal yang membatalkan wudhu.

  1. Nifas

Nifas hampir sama dengan menstruasi akan tetapi nifas ini adalah keluarnya darah setelah proses kelahiran telah dilakukan. Karena masih masa nifas maka seorang wanita yang baru melahirkan tidak bisa melakukan ibadah sholat.

  1. Tidak suci

Salah satu hal yang terkadang disepelekan oleh pasangan suami istri. Setelah melakukan hubungan badan suami istri wajib mandi besar untuk mensucikan diri. Saat suami atau istri tidak melakukan hal tersebut maka sholat yang dilakukan dianggap tidak sah karena mereka tidak suci.

pixabay.com

Keuntungan Sholat Berjamaah

Selain berbagai hal yang harus diperhatikan ketika sholat atau hal – hal yang tidak membolehkan seorang umat muslim sholat maka hal yang paling sering dilakukan adalah masyarakat gemar sholat berjamaah. Sholat berjamaah memang memiliki berbagai keuntungan dan keunggulan disamping sholat yang dilakukan secara perorangan. Hal ini yang membuat masyarakat gemar sholat berjamaah. Berikut keuntungan sholat berjamaah :

  1. Pahala lebih besar

Salah satu incaran umat muslim Dari seluruh dunia adalah pahala yang akan di dapat jika melakukan sholat berjamaah. Jika saat sholat seorang diri hanya mendapat satu pahala maka saat melakukan sholat berjamaah seorang umat muslim akan mendapatkan 27 pahala yang telah dijamin oleh Allah.

  1. Tetap sah

Saat melakukan ibadah secara berjamaah salah satu jaminan sah nya suatu ibadah adalah dengan cara melakukannya secara berjamaah. Saat umat muslim tersebut tidak sah sholatnya karena alasan – alasan tertentu saat melakukan sholat berjamaah maka muslim tersebut tetap sah karena mengikuti imam.

  1. Lebih mudah

Saat melakukan ibadah sholat terkadang umat muslim lupa atau bahkan tidak bisa salah satu bacaan – bacaan sholat. Dengan sholat berjamaah para umat muslim ini tidak perlu bingung lagi menghafal doa – doa sholat karena semua bacaan akan dipimpin oleh imam.

unsplash.com

  1. Tepat waktu

Salah satu hal yang membuat masyarakat gemar sholat berjamaah adalah tepat waktu. Sholat berjamaah biasanya di lakukan di masjid – masjid atau mushola. Dan pelaksanaan sholat tersebut tentu tepat waktu bersamaan dengan waktu untuk sholat. Berbeda saat melakukan ibadah sholat secara mandiri, masyarakat zaman sekarang cenderung mengulur – ngulur waktu sehingga ibadah tersebut kadang dilupakan.

  1. Mengeratkan tali silaturahmi

Saat melakukan sholat berjamaah secara otomatis akan bertemu dengan banyak orang dan banyak kolega – kolega baru yang akan membuat tali silaturahmi baru dan menambah saudara atau teman. Karena saat berjamaah di masjid tidak hanya satu atau dua orang kampung itu saja yang ikut, bisa juga orang – orang yang sedang melakukan perjalanan singgah dan turut serta dalam sholat berjamaah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *