Banyak sekali keistimewaan dari malam seribu bulan dan juga semua umat muslim paham akan pentingnya malam tersebut. jika Anda ingin lebih dekat dan ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang islam dan malam seribu bulan, langsung saja kunjungi hasana.id. untuk penjelasan lengkap tentang malam seribu bulan adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Dari Malam Lailatul Qadar, Malam Yang Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Malam seribu bulan merupakan malam yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. Malam tersebut hadir di bulan puasa. Tidak ada yang tahu pasti kapan malam istimewa tersebut akan hadir namun malam itu hadir di 10 hari terakhir ketika bulan suci Ramadhan yaitu tepatnya di malam-malam ganjil.

Sehingga banyak sekali yang melakukan ibadah terutama I’tiqaf di masjid saat malam-malam ganjil tersebut. mengapa malam itu sangat spesial, di malam tersebut turunlah wahyu Allah yaitu Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Dimana wahyu pertama turun di malam tersebut, malaikat Jibril menemui Rasulullah SAW dan mengatakan kepadanya iqra’ atau bacalah.

Dimana saat itu ayat 1-5 dari surat al-alaq diturunkan sekaligus menjadi wahyu pertama yang diberikan oleh Allah kepada Rasul tercinta. Selain itu pada malam tersebut segala amal ibadah yang dilakukan akan dilipat gandakan pahalanya. Malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut juga waktu turunnya malaikat-malaikat Allah ke bumi sampai saat fajar tiba.

Karena imbalan yang sangat besar di malam tersebut maka banyak umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan malam tersebut. dimana bulan suci Ramadhan sendiri merupakan bulan yang penuh dengan pahala. Setiap ibadah yang dilakukan pada malam tersebut dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Pada bulan suci Ramadhan umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama sebulan penuh. Selain itu ada salah satu ibadah Sunnah yang juga hanya ada pada bulan Ramadhan yaitu sholat tarawih. Ketika bulan suci ramadhan jangan pernah menyia-nyiakannya dengan banyak berbuat baik.

Selain itu sebelum berakhir bulan suci Ramadhan diwajibkan bagi umat muslim untuk melakukan zakat fitrah. Dimana zakat tersebut digunakan untuk membersihkan diri. Kembali ke topik tentang malam spesial yaitu malam seribu bulan. Mengapa malam tersebut sangat spesial? Malam seribu bulan sangat spesial yang pertama karena hanya datang di bulan suci Ramadhan saja. Selain itu tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam tersebut akan datang.

Barang siapa yang mendapatkan malam tersebut, maka akan dicatat amal ibadah yang di lakukannya selama seribu bulan. Sehingga dapat dipastikan sangat banyak sekali umat muslim yang berburu malam tersebut. selain itu pada malam tersebut juga akan di aminkan setiap doa yang dipanjatkan oleh para malaikat yang turun ke bumi.

Ibadah-ibadah Yang Dilakukan Dimalam-malam berburu Lailatul Qadar

pixabay.com

Ketika malam 10 hari terakhir dibulan puasa Ramadhan umat muslim lebih gencar melakukan ibadah. Terutama ketika malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir umat muslim banyak yang melakukan ibadah di masjid. Berbagai macam ibadah yang dilakukan oleh umat muslim untuk mendapatkan malam seribu bulan adalah sebagai berikut ini:

  • I’tikaf di masjid

Salah satu ibadah yang dilakukan umat muslim untuk berburu malam seribu bulan adalah dengan melakukan I’tikaf di masjid. Dimana I’tikaf diisi dengan berzikir kepada Allah dan meminta ampunan sampai saat sahur datang atau sebelum fajar datang.

  • Sholat malam

Selain itu sholat tahajud juga menjadi amalan yang tidak terlupakan oleh umat muslim. Dimana ibadah tersebut juga sangat dianjurkan untuk dilakukan terutama di bulan suci Ramadhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *