Fenomena Dunia Sekolah Dan Cara Menciptakan Lingkungan Sekolah Yang Efektif

Sekolah adalah lembaga dimana manusia bisa belajar banyak pengetahuan untuk menjadi manusia yang lebih baik dan ilmu juga akan membantu manusia untuk bersifat dan bersikap lebih bermoral dan beradab. Sebagai salah satu lembaga formal dalam bidang pendidikan maka sekolah harus memiliki lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk melakukan proses belajar dan mengajar. Lingkungan sekolah juga harus nyaman dan juga memiliki aura yang hangat dimana semua orang yang ada di dalam sekolah dapat melakukan interaksi yang hangat satu dengan lainnya. Saat ini memang ada banyak kasus yang mencoreng dunia pendidikan karena ulah dari para pelajar yang mulai tidak bermoral mulai dari terlibat dalam tawuran dan membuat geng jalanan, melakukan pacaran berlebihan, melecehkan guru dan banyak kesalahan lainnya yang membuat anda dan kita semua akan sangat prihatin dengan dunia pendidikan saat ini.

meskipun pendidikan dan pengetahuan dapat dilakukan dengan banyak cara selain bersekolah secara formal namun sekolah adalah lembaga yang berbeda karena itu selama anda menempuh pendidikan di sekolah anda juga harus mau taat pada semua aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Selama aturan yang berlaku di sekolah sesuai dengan aturan Undang-undang dan peraturan menteri pendidikan maka anda wajib taat dengan aturan tersebut. Belajar juga membutuhkan tata tertib dan kedisiplinan sehingga pelajar juga tidak akan bertindak semau mereka apalagi melakukan pelanggaran sosial yang dapat merugikan diri mereka, orang tua bahkan semua pihak yang ada di sekolah.

pexels.com

Fenomena  Yang Dapat Dijumpai Di Lingkungan Sekolah Saat Ini

Salah satu kasus yang baru-baru ini banyak terjadi adalah dimana banyak pelajar yang mulai  bersikap kurang ajar dan tidak menghargai guru. Bahkan banyak siswa yang melecehkan orang yang akan memberikan mereka banyak ilmu yang berharga di sekolah. Sikap ini karena ada banyak sistem yang mulai berubah di lingkungan sekolah. Banyak aturan dan cara mengajar yang mulai berubah dan akhirnya membuat siswa yang ada di sekolah mengalami perubahan juga. Beberapa hal yang berubah dari sekolah saat ini adalah:

  1. Orang tua arogan dan tidak percaya pada pihak sekolah. Jika dulu guru diberikan kebebasan untuk bisa mendidik siswa dengan cara yang mereka miliki dan terbukti cara tersebut mampu membentuk pribadi yang kuat, mandiri dan disiplin maka saat ini banyak orang tua yang tidak mau memberikan kebebasan bagi guru untuk mengajar anak mereka dan malah bersifat arogan pada guru. Akhirnya guru merasa terbatas dalam memberikan pendidikan bagi siswa mereka dan seperti yang dapat dilihat saat ini generasi saat ini mulai hancur dan memiliki perilaku yang tidak bermoral apalagi jika guru bertindak yang lebih tegas mereka dapat dimasukkan ke dalam penjara oleh orang tua dari siswa.
  2. Sistem dasar pendidikan yang berubah. Dulu pendidikan moral dan agama sangat ditekankan dalam pendidikan di sekolah namun saat ini pendidikan yang ada di Indonesia seakan hanya mengejar nilai dan gengsi di mata dunia tanpa lagi memperhatikan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh generasi muda saat ini.
  3. Pengaruh teknologi. Sekolah adalah salah satu lembaga yang merasakan pengaruh teknologi. Di satu sisi teknologi akan memudahkan proses belajar mengajar namun karena banyak teknologi yang dapat memberikan informasi membuat banyak anak muda yang mulai menyepelekan sekolah.

pexels.com

Hal Yang Dibutuhkan Untuk Menciptakan Kondisi Sekolah Yang Efektif

Semua orang memang harus sadar dengan fenomena yang sedang terjadi pada dunia pendidikan saat ini. dengan menyadari banyaknya kekurangan dan kesalahan yang terjadi pada sistem pendidikan sekolah maka akan bisa ditemukan cara bagaimana membangun lingkungan sekolah yang mampu menghasilkan bibit muda yang unggul dan dapat berguna untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun kehidupan sekolah yang lebih efektif adalah:

  1. Mengembalikan dan memperbanyak pendidikan moral. Moral anak muda saat ini memang sudah sangat rusak karena pengaruh internet dan tontonan yang tidak bermutu. Sehingga sekolah harus mengambil langkah dengan memberikan pendidikan moral yang lebih banyak serta dasar agama yang kuat agar anak muda saat ini bisa lebih bermoral dan bisa membedakan mana tindakan yang baik dan mana tindakan buruk yang seharusnya tidak dilakukan.
  2. Sistem belajar sesuai kemampuan. Jangan mendewakan nilai, itulah yang harus dilakukan sekolah. Masing-masing anak memiliki potensi yang berbeda dan sekolah serta Negara tidak dapat melihat dan menentukan kemampuan anak hanya dari nilai ujian nasional atau ujian sekolah saja. Karena hal tersebut justru tindakan yang sangat subjektif.

    pexels.com

  3. Mengurangi kesenjangan dalam dunia pendidikan. Jangan tutup mata dengan kesenjangan yang terjadi antara sekolah yang ada di kota dengan sekolah yang ada di pedalaman karena hal tersebut adalah salah satunya yang membuat sistem belajar di sekolah sangat tidak efektif dan memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Moral dan pendidikan anak muda Bangsa akan sangat bergantung pada sekolah. Sudah selayaknya pemerintah memberikan perhatian yang lebih besar pada sekolah dengan mengusahakan menenuhi apa yang dibutuhkan oleh sekolah. Orang tua juga harus percaya pada pendidikan sekolah serta sekolah juga harus mampu membangun kondisi sekolah yang nyaman dan efektif.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *