Kesehatan Reproduksi , Aset Paling Mahal

Kesehatan organ tubuh wajib untuk dijaga. Bisa dikatakan menjaga kesehatan menjadi aset yang super mahal yang harus dilakukan. Investasi dalam bidang kesehatan dilakukan yakni dengan cara menjaganya dengan baik. Tanpa menjaga kesehatan bukan mustahil apa yang dimiliki menjadi musnah seketika itu juga karena kondisi kesehatan menurun. Investasi penting untuk kesehatan tubuh wajib dilakukan oleh siapa saja yang tidak ingin terbelenggu masalah kesehatan yang cukup panjang.

Alat reproduksi merupakan salah satu aset yang menentukan bagaimana kehidupan seseorang di masa yang akan datang. Sehingga organ reproduksi mutlak perlu perhatian khusus supaya kelangsungan hidup terjaga dengan baik. Sehingga sebaiknya kebanyakan orang wajib menjaga fungsi dari organ reproduksi tersebut dengan baik.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi

Meskipun bukan sekali dua kali dibahas mengenai kesehatan reproduksi, akan tetapi justru organ ini terabaikan baik itu karena kesengajaan maupun karena ketidaksengajaan. Sehingga perlu diingatkan kembal alasan pentingnya menjaga fungsi organ reproduksi dengan baik. Seperti ini kira-kira:

pexels.com

  • Menjaga kelangsungan reproduksi seperti memperoleh keturunan. Keturunan merupakan salah satu yang paling dinantikan oleh pasangan suami istri. Sering sekali pasangan yang lama menikah, namun belum juga memperoleh keturunan. Bisa jadi penyebabnya adalah fungsi organ reproduksi yang tidak berlangsung dengan baik. Ketika fungsi organ reproduksi tidak terjaga dengan semestinya, jangan berharap bisa memperoleh keturunan.
  • Menjaga kebahagiaan. Siapa yang tidak ingin hidup bahagia. Semua orang ingin sekali menikmati hidup yang lebih bahagia. Kebahagiaan akan muncul ketika hadirnya buah hati di dalam keluarga. Saat hal yang paling didambakan tidak segera terwujud, bisa jadi kebahagiaan menjadi sirna begitu saja. Meskipun sudah memiliki segalanya, namun ketika tidak memiliki keturunan, kebahagiaan tersebut rasanya menjadi kurang lengkap. Hati yang bahagia bisa diperoleh dari hadirnya buah hati di tengah keluarga tercinta. Oleh karenanya, jika ingin hdup bahagia, jangan pernah lupakan untuk menjaga kinerja organ reproduksi agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.
  • Terhindar dari berbagai penyakit kelamin. Penyakit kelamin yang melanda memang sangatlah mengganggu. Rasa tidak nyaman karena adanya penyakit kelamin dikarenakan organ reproduksi tidak dijaga dengan baik. Tidak heran jika banyak sekali ancaman penyakit yang menghinggapi organ reproduksi ketika tidak dijaga kesehatannya dengan baik. Ancaman penyakit kelamin ini bisa dikatakan sangat mengganggu. Bahkan ada yang mengakibatkan kematian bagi penderitanya. Ancaman-ancaman inilah yang mengakibatkan seseorang menjadi tidak bahagia. Bukan hanya satu saja ancaman penyakit pada alat kelamin yang siap menghinggap ketika organ reproduksi sama sekali tidak dijaga dengan baik. Penyakit mematikan bisa saja menghinggapi ketika organ reproduksi tidak dijaga kelangsungan fungsinya dengan baik.
  • Banyaknya kuman bersarang. Sebagai salah satu organ yang sangat rentan serangan kuman, ada baiknya kesehatan reproduksi dapat dijaga dengan baik apapun alasannya. Kuman yang bersarang di organ reproduksi bisa menghambat fungsi organ reproduksi. Alhasil ketika organ reproduksi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, bukan tidak mungkin setiap hari akan menjadi penyesalan yang tidak berkesudahan. Sebab ketika infeksi organ reproduksi sudah sangat parah, rasa sakit itu akan terasa sangat lama. Bukan itu saja, infeksi organ reproduksi akan mengancam kelangsungan hidup manusia secara keseluruhan. Oleh karenanya, tidak salah jika organ reproduksi menjadi aset paling berharga bagi semua orang baik itu pria maupun wanita.

pexels.com

Menjaga Fungsi Organ Reproduksi Dengan Baik

Kebersihan serta  kesehatan reproduksi, menjadi harta terbaik yang harus terus dijaga dengan baik. Apabila tidak terjaga, dampaknya bisa sangat luas. Nah, ada banyak cara untuk menjaga fungsi organ reproduksi agar senantiasa baik. Seperti dibawah ini:

  • Menjaga kebersihan organ reproduksi. Di dalam organ reproduksi baik itu pada pria maupun wanita mengeluarkan cairan hampir setiap harinya. Cairan tersebut merupakan cairan yang menjadi sarang bagi tumbuhnya bakteri penyebab penyakit. Ketika cairan dari dalam organ reproduksi mulai keluar dalam jumlah banyak, ada baiknya segera bersihkan baik itu dengan tisu basah maupun dengan lap lainnya yang steril dan bersih. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada kuman penyebab penyakit yang bersarang di organ reproduksi. Jangan lupa untuk menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Maksudnya adalah agar kuman penyebab penyakit bisa mati seketika apabila terkena air hangat. Basuhan air hangat ini sekaligus menjadi salah satu terapi relaksasi pada alat reproduksi yang paling nyaman. Sehingga istirahat juga menjadi lebih tenang.
  • Upayakan untuk membersihkan tangan dari kotoran selepas buang air besar maupun selepas buang air kecil. Tujuannya jelas bahwa pasca buang air besar maupun buang air kecil, kotoran akan menempel. Justru kotoran inilah yang menjadi rumah bagi bakteri maupun virus berbahaya untuk organ reproduksi. Alasannya adalah letak organ reproduksi yang berdekatan dengan organ untuk buang air besar maupun buang air kecil membuat kemungkinannya sangat besar untuk terkena infeksi dari bakteri maupun virus yang berbahaya. Infeksi atau iritasi inilah yang akan mengganggu fungsi organ reproduksi. Jadi upayakan juga untuk membersihkan organ saluran kemih dengan cara yang benar serta dibersihkan dengan air yang bersih.
  • Biasakan untuk rutin mencukur bulu pada organ reproduksi supaya kebersihannya senantiasa terjaga. Bulu yang ada pada organ reproduksi sebenarnya jika tidak berlebihan bisa menjadi penyaring untuk masuknya kotoran. Akan tetapi jika jumlahnya terlalu banyak, dan tidak pernah dicukur justru sisa kotoran yang tersaring di bulu menjadi sarang untuk timbulnya penyakit berbahaya untuk organ reproduksi. Akan tetapi jika terlalu gundul juga tidak baik untuk kesehatan organ reproduksi. Sebab, di dalam bulu organ reproduksi juga terdapat bakteri baik yang menolong untuk menjaga kesehatan organ reproduksi secara keseluruhan.
  • Jaga kebersihan alat cukurnya. Apabila terbiasa menggunakan alat cukur untuk mencukur bulu pada organ reproduksi, maka sebaiknya alat pencukur yang digunakan haruslah rutin dibersihkan. Sebab jika alat pencukur tidak rutin dibersihkan juga percuma. Kuman akan bersarang pada alat pencukur tersebut, kemudian akan menghampiri organ reproduksi dan menyebabkan infeksi penyakit yang cukup serius. Sehingga upayakan untuk membersihkannya hingga benar-benar steril alat cukurnya. Agar sisa bakteri tidak bersarang pada alat pencukur yang tentu saja berakibat terjadinya infeksi organ reproduksi. Minimal sebelum digunakan kembali cuci dengan air hangat guna membunuh bakteri yang ada pada alat cukur tersebut.
  • Gunakan pakaian dalam yang sesuai. Pemilihan pakaian dalam yang tidak sesuai mampu menjadi salah satu alasan mengapa alat reproduksi tidak dapat berfungsi dengan baik. Ternyata pakaian dalam yang terlalu ketat memiliki dampak dapat meningkatkan kelembaban pada area organ reproduksi. Apabila kelembaban seputar area reproduksi meningkat, maka memudahkan bagi bakteri maupun jamur untuk bersarang di alat reproduksi. Bakteri maupun jamur apabila sudah bersarang di alat reproduksi akan menginfeksi organ tersebut dan mengakibatkan penyakit yang cukup berbahaya serta tidak diinginkan.
  • Sering-seringlah mengganti pakaian dalam. Sebab pakaian dalam yang kotor serta lembab akan menyebabkan penyakit mudah masuk ke organ reproduksi. Sehingga jika tidak ingin organ reproduksi terganggu tingkat kesehatannya, maka upayakan untuk sesering mungkin mengganti pakaian dalam dengan yang bersih. Minimal ketika sudah merasakan mulai terasa lembab atau terasa basah, segera ganti supaya jamur tidak tumbuh pada alat reproduksi. Biarkan pakaian dalam senantiasa bersih supaya tidak mudah berpenyakit. Ketika pakaian dalam sudah berkeringat seperti misalnya selepas olah raga, upayakan untuk menggantinya terlebih dahulu sebelum kembali beraktivitas. Sebab keringat yang ada di area kelamin menyebabkan jamur mudah tumbuh dan menyebabkan penyakit berbahaya.
  • Pilih pakaian dalam dengan bahan katun. Bahan katun memiliki karakteristik yang mudah menyerap keringat. Sehingga lebih nyaman ketika dipakai. Keringat yang tidak terserap menjadi biang munculnya penyakit berbahaya. Jadi ketika aktif bergerak, keringat akan muncul dengan jumlah banyak. Sehingga upayakan agar keringat bisa terserap. Kemudian jangan lupa untuk menggantinya dengan yang bersih. Aktifnya bergerak tidak akan terganggu ketika memilih bahan katun sebagai bahan untuk pakaian dalam yang dikenakan beraktifitas serta bersentuhan lanagsung dengan kelamin.
  • Menjaga kesehatan reproduksi sebenarnya juga bisa dilakukan dengan menghindarkan diri dari mengenakan celana yang terlalu ketat. Bagi yang gemar menggunakan celana yang super ketat, ada baiknya untuk menghindari penggunaanya sementara waktu agar organ kelamin bisa senantiasa sehat. Jika kebiasaan mengenakan celana super ketat masih saja diteruskan dikhawatirkan, organ kelamin tidak bisa memiliki udara yang bersirkulasi dengan baik. Ketika tidak ada udara yang bersirkulasi dengan baik, tidak heran jika alat reproduksi menjadi lebih sering mengalami keluhan yang cukup mendalam. Celana yang ketat tersebut bisa membuat udara tidak bisa masuk serta organ kelamin menjadi lebih lembab dan juga rentan terkena penyakit karena kelembabannya yang sangat tinggi.
  • Hindarkan alat kelamin dari keadaan yang berbahaya. Keadaan berbahaya yang dimaksud adalah benturan atau upaya perlukaan terhadap alat kelamin. Upaya perlukaan atau resiko yang super bahaya membuat kulit alat kelamin menjadi terbuka lebar. Kulit kelamin yang terbuka lebar memungkinkan adanya bakteri masuk ke kulit alat kelamin yang pada akhirnya menginfeksi alat kelamin. Infeksi yang dimulai dari bagian kulit tersebut akan menjalar kemana-mana yang menyebabkan alat kelamin menjadi berpenyakit dalam penyakit yang sangat berbahaya. Upaya berbahaya lainnya adalah adanya kecelakaan pada kendaraan dan yang sejenisnya. Kecelakaan seperti ini ada baiknya dihindari supaya alat kelamin tetap sehat.
  • Jaga suhu di sekitar kelamin agar tidak terlalu panas. Sebab jika suhu di sekitar kelamin terlalu panas, akibatnya adalah alat kelamin akan sering berkeringat. Selain itu, tingginya suhu akan merusak alat kelamin jika suhu terlalu tinggi. Kerusakan seperti ini yang sangat tidak diharapkan. Oleh karenanya, jangan sampai alat kelamin mengalami suhu yang cukup tinggi. Kerusakan yang dimaksud adalah berpotensi menghasilkan keturunan yang tidak sempurna. Oleh karenanya, suhu yang terlalu tinggi pada sekitar alat kelamin berakibat fatal untuk kesehatan dan juga keberlangsungan alat reproduksi dengan baik.

pexels.com

Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari

Meskipun upaya untuk menjaga kesehatan reproduksi sudah dilakukan, namun masih melakukan kebiasaan yang sangat buruk untuk kesehatan, namun ancaman tersebut akan terus saja ada. Mau tahu kebiasaan buruk apa saja yang merusak reproduksi? Ini kira-kira kebiasaan tersebut:

  • Jangan biasakan untuk mendekatkan alat reproduksi pada sumber radiasi seperti pada ponsel maupun pada laptop. Kebiasaan mendekatkan alat reproduksi pada sumber radiasi meningkatkan kemungkinan untuk melahirkan organ yang rusak. Terutama sel organ yang menjadi tidak berfungsi seperti biasanya. Misalnya selnya menjadi cacat yang berakibat menurunnya kualitas sel reproduksi. Hasilnya adalah anak yang dilahirkan menjadi cacat atau tidak sempurna. Meskipun tidak disadari, ternyata kebiasaan memangku laptop atau menyimpan gadget dalam kantong celana menyebabkan sel reproduksi terutama sel sperma pada pria terancam rusak parah.
  • Kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Terbiasa mengkonsumsi alkohol mampu berdampak buruk untuk kesehatan. Terutama organ reproduksi. Konsumsi alkohol dan juga merokok berpotensi besar untuk menyebabkan kemandulan atau impotensi. Kemungkinan impotensi inilah yang harus dihindari. Ketika baik itu pria maupun wanita terkena impotens, maka kemungkinan untuk memperoleh keturunan yang sehat, cerdas dan ceria bisa berkurang dengan signifikant. Oleh karenanya, hindari untuk mengkonsumsinya supaya tetap terjaga kesehatan organ reproduksi.
  • Biasakan untuk teratur berolahraga. Teratur berolahraga membuat kesehatan tubuh meningkat. Tidak menutup kemungkinan, dengan berolahraga dengan teratur akan membuat organ reproduksi juga senantiasa sehat dan berfungsi dengan baik. Berolahraga teratur akan membuat oksigen serta aliran darah ke organ reproduksi menjadi lebih lancar.
  • Lakukan seks secara sehat. Seks yang sehat artinya adalah melakukan hubungan intim hanya dengan satu orang saja. Kebiasaan berganti pasangan membuat kemungkinan terkena penyakit menular seksual menjadi semakin tinggi. Penyakit kelamin atau penyakit menular seksual bisa menular dari satu orang ke orang lainnya. Sehingga ketika berganti pasangan kemungkinan terkena penyakit menular seperti itu akan semakin tinggi. Oleh karenanya setia pada pasangan menjadi cara sehat menjaga reproduksi berfungsi dengan baik. Meskipun kelihatannya aman, akan tetapi jika terus-menerus dilakukan maka kemungkinan penularan penyakit karena kebiasaan seks bebas tersebut menjadi sangat tinggi.

pexels.com

Kebiasaan baik yang harus dilakukan supaya organ reproduksi senantiasa sehat adalah senantiasa memeriksakan organ reproduksi secara rutin. Kebiasaan ini yang sangat dianjurkan untuk memantau dengan lebih jeli bagaimana kondisi kesehatan kelamin. Sebab melakukan pemeriksaaan rutin memungkinkan bagi kita untuk lebih mengetahui apakah ada masalah pada organ reproduksi atau tidak. Jika ada masalah apda organ reproduksi, maka bisa segera ditangani dengan baik. Saat masalah reproduksi sekecil apapun tertangani dengan baik membuat kesempatan penyakit menular berbahaya yang mampu merenggut nyawa bisa bersarang di tubuh akan berkurang dengan signifikant kesempatannya. Sehingga kesehatan organ vital tubuh terjaga dengan baik ketika sekecil masalah apapun bisa diselesaikan dengan segera.

Secara keseluruhan organ reproduksi yang dijaga dengan baik membuat kesempatan untuk hidup lebih bahagia serta kesempatan untuk meneruskan keturunan dengan kualitas hidup yang layak bisa didapatkan. Oleh karenanya, organ vital di tubuh tersebut sebaiknya terus dijaga dengan baik kesehatannya. Ketika tidak dijaga jangan harap bisa hidup bahagia dan terhindar dari penyakit. Caranya sangat mudah. Menghindarkan diri dari kebiasaan yang tidak baik untuk organ reproduksi serta senantiasa menjalankan pola hidup yang sehat dan baik menjadi kunci utama memperoleh status kesehatan yang maksimal bagi tubuh terutama untuk organ reproduksi yang sangat penting fungsinya. Situs inibagus merupakan situs informasi terdepan seputar kesehatan dan informasi penting lainnya yang wajib untuk anda akses.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *