Ide Kemasan Keripik Unik

Keripik menjadi salah satu makanan favorit bagi hampir semua orang. Teksturnya yang renyah dan gurih membuat selera makan meningkat. Saat ini, variasi keripik sangat beragam. Selain berbahan umbia-umbian seperti keripik singkong, keripik ubi, keripik kentang, dan keripik talas, buah-buahan segarpun kini banyak yang dijadikan olahan keripik seperti keripik pisang, keripik salak, keripik rambutan, keripik semangka, keripik durian, dan masih banyak yang lainnya.

 

Belum lagi yang berasal dari sayur-sayuran. Inovasi ini mendorong para produsen untuk terus bersaing dengan para pengusaha lainnya agar produk mereka tetap eksis dipasaran dan meciptakan berbagai sarana untuk menaikkan omzet penjualan. Salah satu hal yang dapat menunjang omset penjualan ini adalah kemasan keripik yang unik. Selain rasa, kemasan memegang peranan penting bagi sebuah produk untuk dikenal oleh para konsumen.

 

Tanpa kemasan yang menarik, mungkin orang akan enggan membeli produk anda. Namun pastikan bahwa kemasan yang anda buat tidak melebihi biaya produksi agar harga keripik anda tetap terjangkau. Selain itu, pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam mengemas olahan keripik adalah bahan yang aman agar kualitas produk tetap terjaga. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan tips mengenai ide kemasan keripik yang unik.

pxhere.com

Cara membuat Kemasan Keripik yang Unik

 

Ulasan dibawah ini adalah beberapa rekomendasi untuk membuat kemasan keripik anda berbeda dengan yang lain. Anda bisa mencobanya dirumah. Pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut adalah trik sederhana untuk menciptakan  kemasan keripik unik.

 

  1. Pemilihan bahan

Keripik termasuk salah satu jenis makanan yang banyak gemari karena citarasa nya yang gurih. Nah, agar tetap awet, anda harus memilih bahan yang kuat agar keripik anda tetap renyah dan tidak melempem. Alumunium foil bisa menjadi alternatif untuk mengemas keripik anda agar tetap lezat dan gurih serta tahan lama.

 

Atau, anda bisa memilih karton sebagai pembungkus keripik anda. Selain kedap udara, karton relatif lebih ramah lingkungan karena terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Untuk melayani pembelian dalam jumlah besar seperti retail, anda bisa bekerjasama dengan produsen yang jual kardus agar lebih mudah dikemas dan lebih menguntungkan.

 

 

  1. Desain yang unik

Untuk menunjang tampilan kemasan, anda bisa menambahkan desain yang unik pada bagian depan produk. Hal ini untuk menambah kesan yang baik pada keripik anda. Selain itu, logo dan kemasan juga dapat menaikkan harga jual produk. Anda bisa menyisipkan desain berupa simbol, gambar, dan tulisan-tulisan lucu.

 

Selain dapat dicetak langsung pada kemasan, desain ini dapat anda tampilkan dalam bentuk stiker yang ditempel pada bagian depan kemasan. Hal ini akan menjaga produk anda tetap higienis dari kemungkinan tercampur tinta pencetak desain tersebut. Selain itu, stiker jauh lebih murah daripada mencetak langsung pada kemasan.

pxhere.com

  1. Pemilihan warna yang sesuai

Selain logo yang mempresentasikan isi kemasan, warna juga mempunyai pengaruh penting dalam menunjang eksistensi produk. Orang akan cenderung melihat warna yang menarik sebelum melihat desain atau bentuk kemasan suatu barang. Oleh karena itu, pilihlah warna yang sesuai dengan apa yang ada dalam kemasan.

 

Anda bisa memilih warna kuning jika produk anda adalah keripik pisang, atau warna hitam jika bervarian kopi. Setelah itu, buatlah warna yang cocok dengan rasa yang ditawarkan produk anda. Jika ingin membuat satu jenis kemasan saja, maka pilihlah warna yang netral agar tetap dapat menarik perhatian pembeli.

 

  1. Jenis kemasan

Jika anda sering berbelanja, tentu anda sering menjumpai beragam bentuk kemasan yang menarik. Salah satunya olahan keripik. Anda bisa membuat kemasan dalam bentuk standing pouch karena lebih ekonomis dan praktis karena mudah dibawa kemana-mana sehingga keripik tetap dapat dinikmati dimanapun.

 

Selain standing pouch, anda juga dapat mengemasnya kedalam plastik yang menarik. Permainan warna dan desainlah yang mendominasi keunikan kemasan jenis ini. Untuk memudahkan pengemasan, anda bisa menggunakan mesin pengemas otomatis agar kualitas produk anda tetap terjaga dan efisiensi waktu tetap berlangsung.

pxhere.com

  1. Ukuran kemasan

Pastikan ukuran kemasan keripik anda sesuai dengan isi didalamnya. Jangan sampai ukuran kemasan terlalu besar sehingga menimbulkan kesan bahwa isi didalamnya terlalu sedikit. Namun bukanlah keputusan yang bijak jika anda memberikan kemasan yang terlalu kecil karena akan menyebabkan keripik anda mudah pecah saat dikemas.

 

Pilihlah ukuran yang tepat agar produk anda tetap menarik dan beri sedikit ruang agar kerenyahan keripik tetap terjaga dengan bentuk yang utuh. Posisi pengemasan yang tepat juga mempengaruhi bentuk dari keripik anda. Sesuaikan ukuran tersebut berdasarkan isi berat bersih dan ukuran keripik tersebut.

 

Itulah beberapa tips sederhana untuk membuat kemasan keripik unik. Jangan ragu untuk menciptakan desain anda sendiri agar keripik anda tetap menarik. Agar lebih hemat, anda bisa memanfaatkan kemajuan tehnologi dalam proses pembuatan desain dan pemasaran. Pilihlah kemasan yang tidak terlalu mahal agar biaya produksi tidak membengkak. Selamat berkreasi.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *