Pembagian Jumlah Penduduk Dunia

Perhitungan jumlah penduduk dunia tentu saja tidak dapat dilakukan dengan cara mengandalkan lembaga sensus. Bahkan jika teknologi modern dipakai untuk menghitung jumlah penduduk dunia akan terdapat beberapa kendala dalam hal pertisipasi dan reliabilitas data. Jumlah estimasi penduduk dunia yang tercatat melalui data tahun 2006 oleh Biro Sensus di Amerika adalah 6,5 miliar jiwa. Jumlah manusia yang sangat banyak ini tidak semuanya terbagi dengan merata. Terdapat pengelompokan jumlah penduduk yang besar di salah satu benua yaitu di Asia. Jumlah total penduduk yang berada di benua ini mencapai jumlah 4 miliar orang. Data ini diperkirakan dengan menggunakan berbagai hasil sensus di negara-negara Asia.

 

Dari data yang dikumpulkan ditemukan bahwa 7 dari 10 negara dengan penduduk terbanyak ada di Asia. Rusia termasuk ke dalam negara dengan penduduk terbanyak yang juga dihitung ke dalam 7 negara Asia ini walaupun sebenarnya sebagian dari Rusia terletak di Eropa. Penumpukan penduduk di Asia diperkirakan terjadi karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang paling utama adalah kondisi hidup yang lebih stabil di beberapa negara di Asia sehingga jaminan hidup masyarakat di sana juga cukup tinggi. Selain itu alasan yang lebih dominan adalah perkembangan penduduk yang tidak dapat diredam di beberapa negara Asia. Sebut saja India dengan kecepatan perkembangan penduduk yang sangat tinggi sehingga mereka mampu berada di peringkat kedua setelah Cina walaupun luas daerahnya cukup jauh dibandingkan Republik Rakyat Tiongkok ini.

pixabay.com

Percepatan Pertumbuhan Penduduk Dunia

Sensus mengenai penduduk dunia telah dilakukan beberapa kali. Perkiraan tetap digunakan untuk memperhitungkan jumlah penduduk ini karena kesulitan yang dihadapi tentu lebih besar di masa lalu. Pada tahun 12 Oktober 1999 PBB membuat ketetapan bahwa pada hari itu penduduk dunia telah mencapai 6 miliar jiwa. Sementara 12 tahun yang lalu jumlah penduduk dunia hanya berada pada jumlah 5 miliar jiwa. Jadi seandainya jumlah pertambahan penduduk dunia stabil pada kecepatan tersebut tentu saat ini setelah 20 tahun jumlah penduduk dunia telah melebihi 7 miliar. Hanya saja perhitungan jumlah penduduk mungkin lebih besar lagi dalam kenyataannya karena penduduk daerah akan selalau bertambah secara eksponensial.

 

Pada pernyataan PBB pada tahun 1999 itu juga dikatakan bahwa diperkirakan seperlima dari total manusia yang pernah hidup di bumi dalam rentang waktu 6 ribu tahun masih hidup pada saat ini. Maksud dari pernyataan ini adalah sebuah penekanan jumlah manusia yang sangat banyak saat ini sehingga mencapai seperlima jumlah total manusia yang hidup di bumi dalam rentang waktu 6 ribu tahun yang lalu sampai saat ini. Hal ini tentu saja mengkhawatirkan karena tanpa pengendalian yang benar diprediksikan jumlah penduduk yang akan muncul pada tahun 2040 tentu akan mencapai 10 miliar orang. Permasalahan pembagian lahan hidup dan akomodasi kebutuhan setiap orang tentu akan menjadi masalah besar pada saat itu. Oleh karena itu terdapat dorongan untuk menciptakan berbagai sumber alternatif untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia.

pixabay.com

Penyebaran Penduduk Dunia

Penduduk dunia tersebar di beberapa benua yang ada di bumi. Telah dikatakan bahwa sebagian dari total manusia yang ada di bumi berada di Asia. Daftar urutan negara dengan jumlah populasi paling besar adalah:

  • Republik Rakyat Tiongkok yang memiliki penduduk sebanyak 1.306.313.812 jiwa.
  • India dengan jumlah penduduk sebanyak 1.103.600.000 jiwa.
  • Amerika Serikat yang memiliki 298.186.698 jiwa dari total jumlah penduduk dunia.
  • Indonesia termasuk ke dalam lima besar dengan jumlah penduduk 241.973.879 jiwa.
  • Brasil berada pada jumlah penduduk 186.112.794 jiwa.
  • Pakistan memiliki penduduk sebanyak 162.419.946 jiwa.
  • Bangladesh dengan penduduk sebanyak 144.319.628 jiwa.
  • Rusia dengan penduduk sebanyak 143.420.309 jiwa.
  • Nigeria dengan jumlah penduduk 128.771.988 jiwa.
  • Jepang memiliki penduduk sebanyak 127.417.244 jiwa.

Dari daftar ini dapat dilihat bawah Rusia, Indonesia, Republik Rakyat Tiongkok, India, Jepang, Pakistan, dan Bangladesh semuanya termasuk ke dalam 10 besar dan berada di Asia. Tidak heran jika dinyatakan bahwa penyebaran penduduk dunia terpusat di Asia. Selain itu terdapat juga kecenderungan perpindahan dari negara asing ke Asia untuk masalah pekerjaan sehingga jumlah penduduk di daerah ini bertambah dengan pesat.

pixabay.com

Selain dari negara-negara dengan jumlah penduduk terbanyak, terdapat juga sejumlah negara yang memiliki penduduk paling sedikit.

  • Vatikan merupakan negara seluas 0,44 km persegi sekitar 108 hektar yang hanya berisi 800 orang.
  • Monako negara yang diapit Prancis dan Laut Tengah dengan luas 0,77 mil persegi. Berisi penduduk 33 ribu orang.
  • Nauru berada di wilayah Oceania Samudera Pasifik Selatan dengan luas 22 kilometer persegi memiliki penduduk 9.322
  • Tuvalu negara lain di daerah Oceania dengan jumlah penduduk 12.000 jiwa.
  • San Marino merupakan negara republik konstitusional yang paling tua di dunia. Luasnya adalah 61,2 kilometer persegi, memiliki penduduk 33 ribu jiwa.
  • Liechtenstein terletak di Pegunungan Alpen memiliki penduduk 37.810 jiwa.
  • Republik Kepulauan Marshall terdapat di bagian barat Samudra Pasifik dengan jumlah penduduk 53.127.

Bisa dilihat dari Demographic characteristics tersebut bahwa semua negara dengan penduduk terendah tidak berada di daerah Asia sehingga dapat disimpulkan penyebaran penduduk dunia memang masih tidak merata.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *