Jenis Buah yang Baik untuk Ibu Hamil dan Gizinya

 

Ada beberapa buah yang baik untuk ibu hamil yang memiliki banyak nutrisi. Vitamin C, asam folat, serat, kalium, dan betakaroten adalah nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Beberapa jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah sebagai berikut.

Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

  1. Apel

Buah apel mengandung vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium yang sangat baik untuk ibu hamil. Mengonsumsi apel dapat menurunkan risiko asma dan menurunkan alergi pada bayi. Ibu hamil dapat mengonsumsi buah apel secara rutin atau setiap hari.

  1. Mangga

Buah mangga identik sebagai buah ibu ngidam atau saat hamil muda. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah mangga matang karena tinggi nutrisi. Buah mangga mengandung vitamin A dan C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta mencegah komplikasi pada janin.

  1. Jeruk

Manfaat jeruk untuk ibu hamil adalah untuk mencegah kekurangan cairan atau dehidrasi. Jeruk juga tinggi vitamin C, serat, dan asam folat yang dibutuhkan ibu hamil. Vitamin C memiliki manfaat membantu penyerapan zat besi dan sebagai antioksidan alami.

  1. Pisang

Buah yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah pisang. Kalium di dalam pisang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Mengonsumsi pisang juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit dan ibu hamil yang mengalami morning sickness.

  1. Alpukat

Buah bertekstur lembut ini kaya akan asam folat yang bagus untuk kesehatan janin. Alpukat juga mengandung serat, magnesium, kolin, dan vitamin. Mengonsumsi buah ini selama kehamilan dapat mencegah ibu hamil mengalami morning sickness dan kaki kram.

  1. Ceri kering

Buah-buahan yang dikeringkan juga bisa dikonsumsi sebagai camilan ibu hamil. Buah yang biasanya dikeringkan dengan rasa manis ini dipercaya dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Selain ceri kering, ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah beri kering.

Selain nutrisi yang ada di dalamnya, buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah yang bersih dan segar. Jadi sebelum dikonsumsi, pastikan buah sudah dicuci dengan benar dan bersih.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *