Jawaban penting mengenai pertanyaan Kenapa pajak itu perlu dibayar

Pajak itu adalah sesuatu hal yang wajib. Namun bagi yang tidak mengetahui pasti bertanya Tanya Kenapa pajak itu perlu dibayar dan kenapa kita sebagai warga Negara yang baik harus membayarnya? Nah untuk teman teman yang ingin tahu jawabannya, jangan khawatir! Karena kami akan mencoba memberikan jawabannya dengan beberapa poin poin berikut ini!

  1. Pajak sebagai Sumber penerimaan negara

Semua orang pasti tahu apa kewarganegaraan yang dimilikinya masing – masing, tapi mungkin masih sedikit yang belum mengetahui bahwasanya pajak merupakan sumber penerimaan negara yang sangat berarti dan memiliki banyak tujuan demi warga negara itu sendiri. Dalam hal ini penerimaan negara yang bersumber dari pajak nantinya akan digunakan untuk membiayai beberapa pengeluaran rutin negara yang akan berdampak pada kehidupan warga di negara tersebut.

  1. Pembiayaan fasilitas umum

Menambahkan keterangan di atas, bahwa sudah jelas jika pajak yang didapat dari warga di suatu negara nantinya juga akan diberikan kembali pada warganya sendiri. Dalam hal ini negara akan sanggup memenuhi segala fasilitas umum yang dibutuhkan oleh rakyatnya jika penerimaan pajak negara tersebut berjalan lancer atau dengan kata lain bahwa segala fasilitas umum yang disediakan oleh negara merupakan bentuk nyata dari hasil pajak yang diterima suatu negara.

  1. Menstabilkan harga

Alasan yang satu ini mungkin masih belum terpikirkan oleh banyak orang namun tahukah anda bahwa pajak yang anda bayarkan tersebut juga menjadi salah satu alat bagi pemerintah untuk menstabilkan harga – harga di dalam negeri? Ya melalui pajak inilah negara akan menurunkan atau bahkan menaikkan harga suatu barang melalui tarif pajak atas barang tersebut sehingga harga jualnya pun akan menyesuaikan dengan daya beli masyarakat atau warga di negara tersebut. Dengan kata lain bahwa melalui pajak inilah setiap warga nantinya akan lebih mampu untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya dengan harga yang telah disesuaikan degan daya beli warga negaranya.

  1. Regulasi tertentu

Dalam praktiknya beberapa barang yang ada di suatu negara mungkin akan memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan barang lainnya, meski pada awalnya barang tersebut hanya memakan biaya produksi yang kecil namun dengan penambahan pajak inilah maka negara sedang berupaya untuk menekan laju konsumsi warga negaranya, sebagai contohnya seperti beban pajak pada beberapa jenis barang – barang kategori mewah.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *