Jajanan Anak Sekolah Paling Laris Beserta Tips dan Manfaat Memilih yang Sehat

Anak yang masih bersekolah merupakan generasi penting yang harus selalu dijaga kualitasnya terutama pada kesehatan karena merupakan penerus bangsa. Apabila kualitas anak sekolahnya baik maka akan menciptakan masa depan yang baik pula bagi negara. Nah salah satu hal yang mempengaruhi kualitas anak sekolah adalah jajanan anak sekolah yang hampir setiap harinya dikonsumsi. Jajanan tersebut memberikan peran terhadap nutrisi yang diterima anak-anak tersebut. Untuk jajanan untuk anak sekolah ini sendiri sangatlah bermancam-macam dan bervariasi.

Dari berbagai jajanan tersebut ada beberapa jenis yang memang selalu diminati oleh para siswa sekolah sehingga memang sangatlah laris. Walaupun memang belum tentu menyehatkan tetapi jajanan tersebut sangatlah diminati karena rasanya yang enak dengan harga yang terjangkau.  Sebagai orang tua tentunya harus mewaspadai jenis jajanan untuk anak sekolah yang paling laris ini karena tidak semuanya baik untuk kesehatan anak Anda.

Tidak boleh terlewat pula, sebagai orang tua, Anda harus juga mengetahui tips dalam membuat anak Anda memilih jajanan anak sekolah yang sehat. Pasalnya Anda sebagai orang tua tidak pernah bisa mengontrol semua kegiatan termasuk makanan yang dikonsumsi anak di sekolah sehingga memberikan edukasi dalam pemilihan jajanan yang sehat adalah hal yang penting. Dengan begitu anak akan terdidik memilih jajanan untuk anak sekolah yang sehat.

Sementara itu agar semakin bersemangat dalam mengajarkan tips tersebut kenali berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh Anda sebagai orang tua dan juga anak dengan melakukan tips tersebut. Kenalkan pula berbagai manfaat dari memilih jajanan untuk anak sekolah yang sehat ini kepada anak sehingga mereka akan sendirinya secara sadar mau memilih berbagai jalanan sehat yang dijual di sekolahnya. Maka dari itulah dapat disimpulkan bahwa Anda harus mengetahui apa saja jenis jajanan untuk anak sekolah paling laris yang harus diwaspadai sehat atau tidak beserta tips dan manfaat memilih yang sehat.

pexels.com

Jajanan Anak Sekolah Paling Laris

Terdapat setidaknya 10 jenis jajanan anak sekolah paling laris yang harus Anda sebagai orang tua waspadai karena belum tentu menyehatkan bagi anak. Memang jajanan-jajanan tersebut  banyak orang dewasa yang menyukainya pula karena rasanya yang enak dan mampu mengingatkan pada masa-masa sekolah dahulu. Terlebih lagi harga dari jajanan untuk anak sekolah paling laris ini yang sangatlah murah harganya. Adapun kesepuluh jajanan paling laris yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Cilok

Siapa sih yang tidak mengenal cilok? Pastinya hampir semua orang mengenal jajanan untuk anak sekolah ini yang juga banyak orang dewasa sangatlah menyukainya.  Jajanan tersebut tidak hanya dijual di Bandung saja tetapi juga di sekolah-sekolah kota lainnnya yang selalu laris penjualannya.  Cilok ini merupakan kepanjangan dari Aci Dicolok. Dari segi bentuk jajanan untuk anak sekolah tersebut terlihat sekilas seperti bakso. Perbedannya adalah tekstur dari cilok ini yang sangatlah kenyal dibandingkan bakso dari daging sapi. Bahan pembuat dari Cilok ini sendiri adalah daging, telur dan tepung tapioka. Hal yang membuat Cilok ini semakin enak rasanya adalah campuran dari kecap, sambal dengan saus kacang yang sangatlah khas. Namun, harus berhati-hati ketika membeli jajanan untuk anak sekolah yang satu ini karena banyak penjual nakal yang mencampurkan berbagai bahan tidak menyehatkan seperti formalin.

  1. Mie Lidi

Sejak puluhan  tahun lalu hingga saat ini salah satu jajanan untuk anak sekolah yang paling laris adalah Mie Lidi. Bagi yang belum tahu, mie lidi ini meruapkan sebuah jajanan yang termasuk dalam makanan ringan yang bentuknya mia tetapi mempunyai tekstur seperti halnya sapu lidi. Untuk proses pembuatan dari jajanan untuk anak sekolah tersebut sebenarnya hampir sama ketika Anda hendak membuat mie instant pada umumnya, tetapi yang membedakan adalah lebih kerasnya tekstur pada makanan tersebut. Para pedagang dari mie lidi ini akan menambahkan beberapa bumbu-bumbu tertentu seperti pedas, manus ataupun asin agar rasa yang dipunyai semakin sedap lagi. Saat ini banyak juga hadir varian rasa baru dari mie lidi ini seperti rasa BBQ dan Keju.

  1. Makaroni

Para anak sekolahan pastinya familiar dengan yang namanya makaroni. Pasalnya rasa dari jajanan untuk anak sekolah tersebut yang sangatlah khas dengan rasa yang pedas, asin dan gurih di lidah anak-anak. Umumnya rasa yang dipunyai jajanan untuk anak sekolah tersebut ada rasa gurih, asin, pedas dan berbagai tambahan rasa lainnya yang sangatlah disukai anak-anak. Makaroni ini akan dikemas secara minimalis menggunakan mesin kemasan otomatis bersama dengan sedikit bumbunya sehingga rasanya semakin bisa dinikmati. Dengan kemajuan dari berbagai bidang di dunia, saat ini markoni tidak hanya dijual dalam bentu yang digoreng saja tetapi telah hadir juga makaroni basah.  Pada makaroni yang basah ini teksturnya lebih lembut dan juga sangatlah kenyal dan memang berbeda dengan yang digoreng yang mempunyai tekstur renyah.

  1. Cilor

Cilor adalah jajanan untuk anak sekolah paling laris yang mudah sekali ditemukan pada baerbagai sekolahan. Seperti namanya, jajanan tersebut terbuat dari cilok yang dibalut dengan telor sehingga disebut sebagai Cilor. Pada jajanan tersebut akan ditambah dengan saus ataupun bubu kacang sehingga semakin enak lagi di lidah siapa saja yang mengkonsumsinya.  Soal rasa tentunya tidak perlu diragukan lagi, karena dari bahan dasarnya yang cilok saja sudah sangatlah enak rasanya dengan tambah telur yang membuat jajanan untuk anak sekolah ini semakin gurih lagi.

  1. Es Kepal Milo

Salah satu jajanan untuk anak sekolah paling laris yang terbaru adalah es kepal milo. Rasa yang manis dengan kesegaran yang menyegarkan membuat jajanan ini laris di kalangan anak sekolahan. Seperti namanya, jajanan ini terbuat dari bahan dasar susu milo. Cara pembuatan dari jajanan untuk anak sekolah tersebut sangatlah mudah dimana hanya perlu mengentalkan susu milo bubuk dengan ditambah susu kental manis saja. Setelah mengental akan diguyur dengan es serut . Biasanya para penjual akan menambahkan beberapa toping seperti keju, oreo, kacang dan masih banyak lagi.

  1. Es Mambo

Ketika waktu istirahat sekolah yang telah mencapi siang hari, pastinya anak sekolahan akan senang sekali mengkonsumsi minumanan yang dingin dengan rasa yang manis. Nah, salah satu jajanan untuk anak sekolah paling laris yang dingin dan menyegarkan ini adalah Es Mambo. Apabila Anda ingin membuat sendiri es tersebut di rumah sangatlah mudah. Yang perlu dipersiapkan sebagai bahan hanyalah air dan sirup saja. Silahkan Anda campurkan air dan sirup tersebut lalu masukan dalam plastik es khusus dengan diikat pada ujungan menggunakan karet. Setelah itu silahkan bekukan di freezer es pada kulkas yang dipunyai.  Oleh karena pembuatannya yang mudah ini membuat harganya sangatlah murah.

  1. Sate Telur Gulung

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sate telur gulung yang merupakan jajanan untuk anak sekolah berikutnya paling laris. Jajanan ini saat ini lumayan sulit untuk ditemukan di depan sekolah karena sudah terganti dengan jajanan lainnya. Namun Anda bisa menemukannya pada food court, pasar ataupun tempat jualan makanan lainnya yang pastinya bisa melihat sendiri betapa larisnya jajanan tersebut pada berbagai tempat tersebut.  Sate telur gulung ini terbuat dari telur ayam yang telah dahulu dengan dibumbui dengan garam, penyedap rasa serta merica lalu digoreng. Dalam penggorengan, jajanan untuk anak sekolah tersebut akan digulung menggunakan tusuk sate sehingga mampu menghasilkan sate yang berisikan telur gulung.

  1. Pentol

Anda bisa menemukan dengan sangatlah mudah menemukan pentol diberbagai tempat. Pentol atau yang lebih dikenal dengan bakso ini bisa disantap tanpa adanya kuah. Tekstur yang dipunyai pentol terasa lebih kenyal sebab terdapatnya tempung tapioka sebagai campuran dengan jumlah yang lumayan banyak. Ketika Anda mengkonsumsi  jajanan untuk anak sekolah tersebut, akan mencium aroma daging sapi yang sangatlah menyengat sehingga akan lebih tergoda untuk segera menikmatinya.  Biasanya pentol ini akan ditemani dengan tambahan gorengan dan juga tahu. Anda bisa menambahkan kecap, sambal ataupun saus tomat pada jajanan tersebut. Secara khusus, Anda akan sangatlah mudah menemukan jajanan untuk anak sekolah bernama Pentol ini di sekolah-sekolah yang ada di Jawa Timur walaupun diberbagai tempat lainnya juga lumayan mudah untuk ditemukan.

  1. Sosis Mie

Hampir semua anak-anak sekolah menykai yang namanya sosis karena rasanya yang sangatlah khas enaknya.  Agar anak tidak bosan menikmati sosis secara biasa para pedagang jajanan untuk anak sekolah ini akan membuat modifikasi pada jajanan tersebut menjadi sangatlah unik.  Modifikasi tersebut adalah dengan menggulung sosis tersebut dengan mie kuning yang setelahnya digoreng.  Dengan begitu rasa yang dihasilkan adalah perpaduan antara rasa gurih dan renyah, belum lagi dengan ditambah dengan saos sambal dan saos tomat yang enak.

  1. Sosis Bakar

Sosis bakar merupakan salah satu modifikasi makanan sosis yang paling digemari anak-anak.  Rasa gurih akibat dibakar sangatlah enak ketika dicampurkan dengan saus ataupun kecap. Sosis bakar ini merupakan jajanan untuk anak sekolah yang berasal dari sosis yang terlebih dahulu digoreng terlebih dahulu lalu kemudian dibakar. Terdapat beberapa bumbu-bumbu bakar pada sosis ini sebelum diberikan bumbu tambahan lainnya. Biasanya akan ditambahkan bahan seperti mayones pada sosis tersebut.

pexels.com

Tips Memilih Jajanan untuk Anak Sekolah Sehat yang Harus Diajarkan Pada Anak

Sepeti yang telah diketahui bahwa tidak semua jajanan anak sekolah yang terdapat pada sekolah anak Anda merupakan jajanan yang sehat. Maka dari itulah ajarkan anak Anda untuk bisa memilih sendiri jajanan yang sehat. Dengan begitu anak tidak akan memilih jajanan untuk anak sekolah yang merugikan dirinya sendiri. Tidak perlu khawatir karena tips yang akan diberikan ini pasti sukses dan mudah untuk dilakukan. Berikut adalah tips mengajarkan jajanan untuk anak sekolah yang sehat:

  1. Tidak Memilih Jajanan dengan Warna yang Mencolok

Tips pertama dalam memilih jajanan untuk anak sekolah sehat yang harus diajarkan kepada anak Anda adalah untuk tidak memilih jajanan yang mempunyai warna mencolok. Biasanya anak akan lebih tertarik dengan warna mencolok pada jajanan yang ada di sekolah sehingga mulai nasehati untuk tidak memilih jajanan tersebut. Pasalnya jajanan untuk anak sekolah yang mempunyai warna sangatlah mencolok tidaklah menggunakan pewarna aman dan alami tetapi menggunakan penwarna tekstil yang berbahya. Contoh beberapa jajanan yang sering mempunyai warna mencolok ini ada es krim, mie dan kerupuk.

  1. Mencicipi Rasa Jajanan yang Dibeli

Silahkan minta anak untuk mencicipi terlebih dahulu jajanan untuk anak sekolah yang telah dibeli. Apabila rasa yang didapatkan sangatlah tajam dan mampu membuat lidah bergetar maka minta anak untuk membuang dan tidak membeli lagi jajanan tersebut.  Penyebabnya adalah bahan-bahan yang tidak sehat terdapat pada jajanan untuk anak sekolah ini sehingga mampu membuat rasanya sangatlah kuat. Apabila  terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut akan membuat kesehatan anak menjadi terganggu.

  1. Mencium Aromanya

Sudah pasti jajanan untuk anak sekolah yang tidak sehat akan mempunyai aroma yang tidak sedap seperti bau  tengik ataupun apek yang menganggu penciuman. Apabila anak mendapatkan jajanan yang aromanya seperti itu maka jangan sungkan untuk menyurun anak tidak lagi membelinya.  Pada jajanan untuk anak sekolah yang mempunyai aroma tidak sedap ini berarti merupakan tanda bahwa makanan sudah rusak dan busuk ataupun telah terkontaminasi dengan berbagai microoganisme berbahaya.

  1. Melihat Komposisi Jajanan

Selal biasakan anak Anda untuk mencermati komposisi jajanan untuk anak sekolah yang hendak dibeli.  Pasalnya mengamati komposisi ini penting agar bisa mengetahui apa saja kandungan didalamnya. Berikan beberapa catatan bahan yang tidak boleh ada pada jajanan  tersebut agar anak bisa mencermatinya sendiri. Apabila ternyata jajanan untuk anak sekolah yang hendak dibeli anak ini dijual dalam bentuk kemasan, minta anak untuk melihat apakah ada izin BPOM. Jikalau ternyata tidak ada, mintalah untuk membeli jajanan lainnya yang telah mempunyai izin BPOM.

  1. Memperhatikan Tekstur

Perlu diketahui bahwa tekstur pada jajanan ini memberikan tanda apakan jajanan tersebut masih segar atau tidak. Pada jajanan untuk anak sekolah yang sudah tidak segar akan mendapatkan perubahan warna yang mencolok dari warna aslinya. Pada beberapa jajanan akan tumbuh jamur  yang berwarna putih keabuan pada jajanan tersebut yang menandakan bahwa masa kadaluarsa telah datang.

  1. Biasakan untuk Memilih Jajanan yang Higienis

Sebagai orang tua, Anda harus bisa membiasakan anak Anda memlih jajanan untuk anak sekolah yang higienis baik tempat penjualnya hingga kemasannya. Jangan perbolekan anak untuk membli jajanan yang dijual pada tempat terbuka yang tidak disertai penutup higienis. Hal ini dikarenakan debu dan kotoran bisa sata masuk pada jajanan yang hendak dikonsumsi oleh anak. Sama halnya dengan kemasan pada jajanan untuk anak sekolah ini.  Jajanan yang telah mempunyai kemasan pastinya akan terhindar dari berbagai debu dan kotoran maupun tangan-tangan kotor yang menyentuh jajanan tersebut. Dengan higienisnya jajanan untuk anak sekolah yang dipunyai dipastikan akan membuat kesehatan anak lebih terjaga secara baik.

  1. Tidak Mudah Tegriur dengan Harga yang terlalu Murah

Biasanya harga dari jajanan untuk anak sekolah yang terlalu murah akan membuat anak lebih tergoda untuk membelinya. Namun hal ini sangatlah berbahaya sebab bisa saja bahan yang diigunakan adalah bahan murahan bahkan bisa yang sudah telah busuk. Untuk itulah  minta anak untuk lebih berhati-hati dalam membeli dan ajarkan untuk lebih mementingkan kualitas dibandingkan harga yang murah.

pexels.com

Manfaat Memilih Jajanan untuk Anak Sekolah yang Sehat

Sudah pasti akan didapatkan berbagai manfaat yang menguntungkan dari memilih jajanan anak sekolah yang sehat. Manfaat yang akan didapatkan ini  tidak hanya didapatkan oleh para orang tua saja tetapi juga anak Anda. Berikut adalah beberapa manfaat memilih jajanan untuk anak sekolah yang sehat paling menguntungkan:

  1. Menghindarkan Anak Terkena Kanker

Seperti yang diketahui bahwa banyak jajanan untuk anak sekolah yang tidak sehat yang mana mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan pewarna tekstil. Akibat dari bahan-bahan tersebut adalah resiko terkena kanker yang sangatlah besar pada anak. Maka dari itulah dengan kemampuan memilih jajanan untuk anak sekolah yang sehat bisa membuat anak mendapatkan manfaat terhindar dari kanker yang mampu memperpendek umur ini.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Pada jajanan untuk anak sekolah yang menyehatkan pastinya akan mengandung berbagai nutrisi seimbang yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena berbagai nutrisi yang terkandung inilah mampu membuat kenerja otak pada anak ini semakin meningkat lagi. Anak juga akan lebih mampu menerima dan berkonsentrasi ketika pembelajaran tengah berlangsung.  Tak hanya itu saja, dengan kinerja otak yang semakin baik karena jajanan untuk anak sekolah yang menyehatkan akan membuat anak tubuh menjadi pribadi yang lebih kreatif serta inovatif lagi.

  1. Memperlancar Aktivitas

Anak yang mengkonsumsi jajanan untuk anak sekolah yang menyehatkan akan mempunyai kelancaran pada berbagai aktivitas yang dijalankan. Pasalnya jajanan tersebut mengandung berbagai energi yang mampu memperlancar setiap aktivitas yang anak jalankan. Tidak menutup kemungkinan pula bahwa anak mengalami stress ketika berada di sekolah dan kondisi ini bisa diperparah dengan nutrisi yang kurang pada makanan atau jajanan yang dikonsumsi. Untuk itulah memang keberadaan jajanan untuk anak sekolah yang menyehatkan ini sangatlah penting memberikan manfaat dalam kelancaran aktiitas yang dijanlankan.

pexels.com

  1. Membuat Anak Tidak Mudah Terserang Penyakit

Bagi orang tua, ketika anak sakit tentunya merupakan hal yang sangatlah menyedihkan. Untuk itulah sebisa mungkin anak selalu tetap sehat yang salah satu caranya adalah mendidik anak agar mengkonsumsi jajanan untuk anak sekolah sehat.  Sudah pasti jajanan tersebut higienis tidak mengandung berbagai bahan berbahaya yang membuat anak sakit.  Umumnya ketika anak mengkonsumsi jajanan untuk anak sekolah yang tidak sehat akan mengalami dampak jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendeknya sendiri biasanya adalah anak yang terkena diare ataupun muntah. Sementara untuk jangka panjanga dalah penyakit yang sulit untuk disembuhkan seperti kanker. Pastinya setiap orang tua tidak ingin anaknya mengalami keadaan tersebut.

  1. Memberikan Nutrisi yang Baik bagi Tumbuh dan Kembang Anak

Pastinya anak yang sedang bersekolah sedang berada pada masa pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itulah salah satu manfaat dari jajanan untuk anak sekolah sehat adalah memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan dalam masa tersebut. Dengan begitu anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

 

Nah, itulah tadi merupakani info mengenai jajanan anak sekolah yang paling laris yang harus diwaspadai karena belum tentu menyehatkan beserta dengan tips dan manfaat memilih yang menyehatkan. Silahkan cermati satu persatu informasi tersebut terutama pada bagian tips memilih jajanan untuk anak sekolah sehat yang harus diajarkan kepada anak Anda. Jangan lupa gunakan manfaat yang didapatkan dari memlih jajanan sehat ini sebagai motivasi untuk selalu melakukan tips tersebut.

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *