Ikan Salamander, Ikan dengan Empat Kaki

 

Salamander identik dengan hewan amfibi. Namun, ternyata ada juga jenis salamander yang memiliki bentuk tubuh menyerupai ikan. Ya, jenis ikan salamander ini memiliki karakteristik berupa kaki berjumlah empat, hidup di air, dan memiliki insang sebagai alat pernapasannya. Nama lain ikan ini disebut juga axolotl, dalam artian jenis salamander ini masih belum diketahui oleh banyak orang. Malang termasuk salah satu daerah yang belum banyak mengetahui peredaran hewan ini, sehingga peminatnya masih kurang. Kebanyakan peminat hewan ini adalah penghobi binatang reptil dan amfipia.

Salah seorang kolektor hewan axolotl atau ikan salamander ini menyatakan bahwa keberadaan hewan ini masih belum banyak diketahui orang. Soal harga, memang tidak terbilang mahal, namun, untuk mendatangkan hewan kecil asal Meksiko ini bukanlah pekara yang mudah. Pada tahun 2016, harga per ekor ikan salamander ini mencapai Rp150.000 dengan panjang tubuh sekitar 3 inchi. Berbeda dengan harga axolotl dua hingga tiga tahun sebelum itu yang jauh lebih mahal mencapai Rp800.000 per ekor. Terkait penurunan harga ini dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya populasinya yang kini sudah tersebar.

Dibanding kota lain, Malang merupakan daerah yang memiliki keunggulan dalam pemeliharaan hewan axoloth. Ya, ikan salamander ini mampu hidup dengan baik di lingkungan air tawar dingin dengan suhu mulai dari 20 hingga 22 derajat Celcius. Daerah lain yang cocok untuk habitat ikan salamander adalah kota Bandung. Sedangkan daerah lainnya cenderung tidak cocok karena suhu airnya yang lebih panas. Namun, tidak perlu khawatir, kolektor ikan salamander ini bisa mengaplikasikan alat pengatur suhu air untuk menyesuaikan suhu air yang tepat.

Bagaimana jika ikan salamander dipaksa tinggal di air yang cenderung panas? Maka, kulitnya akan melepuh. Perawatan axolotl harus diperhatikan dari keadaan air yang harus bersih, sehingga harus dibersihkan paling tidak dua hari sekali. Makanannya bisa menggunakan pelet, ikan kecil, atau cacing. Berdasarkan axolotl yang beredar di Malang, ada empat jenis dilihat dari perbedaan kulitnya. Diantaranya, axolotl albino dengan kulit putih dan mata merah, axolotl golden dengan warna kuning, axolotl merbel dengan warna kulit merah, dan axolotl leucistic dengan warna kulit putih dan mata hitam. Saat ini, ikan salamander jenis leucistic menjadi primadona.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *