Ikan Julung-Julung

 

Deskripsi

Ikan julung merupakan ikan yang mempunyai habitat di perairan hangat di seluruh dunia. Namun, sebenarnya apa itu ikan julung-julung? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Artikel

Ikan julung-julung merupakan jenis ikan endemik di perairan hangat di seluruh dunia. Terbagi menjadi dua kategori, ikan tersebut ada yang tinggal di lautan dan satu lagi di perairan darat. Ikan tersebut mempunyai ciri khas bagian bawah rahang runcing ke arah depan, jauh lebih panjang dari rahang bagian atas. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya mengenai ikan tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal Ikan Julung-Julung

Ikan julung-julung yang termasuk ke dalam spesies Gemiramphus Brasiliensis ini merupakan ikan yang mempunyai bentuk tubuh sangat unik. Berikut ciri-cirinya agar mudah untuk mengenalnya:

  1. Bentuk Tubuh

Bertubuh pipih dan memanjang, rahang bagian bawah ikan tersebut jauh lebih panjang dibandingkan dengan bagian atasnya.

 

  1. Habaitat

Ikan tersebut ada yang mempunyai habitat di air tawar dan air laut.

 

  1. Warna

Ikan julung-julung mempunyai warna yang sangat menarik. Biasanya ikan tersebut memiliki warna hijau olive atau biru. Tak heran jika ikan tersebut sering dijadikan sebagai ikan hias dalam akuarium.

 

  1. Makanan

Tergolong sebagai hewan herbivora, nyatanya ikan julung-julung juga sering memakan serangga yang ada di permukaan air. Ikan tersebut tersebar di perairan Bangka – Belitung, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan beberapa daerah lainnya.

Teknik Menangkap Ikan Julung-Julung

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya bagaimana teknik menangkap ikan julung-julung dengan baik. Berikut ini terdapat salah satu referensi menangkap ikan tersebut yang banyak digunakan oleh masyarakat di beberapa daerah. Biasanya nelayan akan menangkap ikan julung-julung dengan menggunakan perahu. Mereka mengandalkan letak ikan julung-julung dengan memperhatikan adanya ikan sor yang berenang dan melompat di permukaan air.

 

Alat yang digunakan para nelayan adalah jaring yang terdiri atas dua macam. Jaring pertama yang jauh lebih kecil digunakan untuk menampung hasil tangkapan ikan. Sedangkan jaring lainnya digunakan untuk menangkap ikan di laut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, para nelayan harus berenang untuk menggiring ikan julung-julung tersebut agar terperangkap di jaring.

 

Itu dia sedikit penjelasan terkait ikan julung-julung. Pada habitatnya, ikan julung-julung merupakan mangsa bagi beberapa ikan besar lainnya, seperti ikan hiu, ikan todak, dan ikan lainnya. Semoga informasi tersebut dapat memberikan sedikit wawasan bagi Anda terkait hal-hal yang berkaitan dengan ikan julung-julung.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *