Cara Menghemat Kuota Internet

Menjalankan berbagai hal di dunia maya menggunakan jaringan internet saat ini memang sudah menjadi salah satu kebutuhan paling utama bagi banyak orang. Apalagi dengan semakin banyaknya fasilitas dan kelebihan yang ditawarkan di dalam dunia maya membuat siapa pun penasaran dan tertarik untuk menggunakannya.

Perkembangan Dunia Internet yang Kain Pesat

Beberapa orang yang memanfaatkan internet ini akan mereka gunakan untuk mencari berbagai sumber referensi, mencari tugas sekolah, membuat sosial media, hingga berjualan menggunakan toko-toko online yang bisa dibuat melalui aplikasi maupun melalui sejumlah website yang ada dalam jumlah banyak saat ini.

Kemajuan internet saat ini memang tidak bisa kita pungkiri karena sangat pesat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan akses internet. Namun, selain beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan mudah, ada banyak hal lain yang bahkan harus dilakukan menggunakan akses internet.

Beberapa hal yang harus dilakukan menggunakan akses internet seperti mengirim email apalagi jika file yang akan dikirimkan dalam jumlah yang besar. Kemudian mengecek biaya tagihan beserta dengan pembayarannya, dan masih banyak lagi sistem lain yang mengharuskan siapa pun penggunanya menggunakan internet.

pixabay.com

Kuota untuk Akses Data Internet yang Mudah

Ada begitu banyaknya kemudahan bahkan kecepatan, pada akhirnya membuat dunia internet banyak disukai oleh banyak orang. Bahkan pengguna internet ini terus bertumbuh setiap tahunnya. Selama mengakses internet, siapa pun membutuhkan kuota maupun stock data internet.

Kuota internet ini bisa Anda miliki dengan menggunakan sejumlah uang. Karena harga kuota tidak murah, maka siapa pun yang akan menggunakan internet harus mampu untuk menghemat kuota data yang akan mereka keluarkan. Karena jika terlalu asyik dalam menggunakan internet, terkadang kuota yang akan Anda keluarkan ini menjadi boros dan cepat habis.

Tentu akan sangat disayangkan jika kuota internet yang Anda miliki ini habis, maka dari itu banyak orang yang kesulitan untuk mengakses beberapa hal melalui internet apabila Anda kehabisan kuota. Maka dari itu, cara yang bisa kalian lakukan agar tidak mudah kehabisan kuota tentu saja mencari bagaimana cara untuk hemat quota internet.

pixabay.com

Inilah Cara Menghemat Kuota Internet

Untuk mengetahui bagaimana cara menghemat kuota untuk internet, maka tutorial yang bisa Anda ikuti diantaranya sebagai berikut ini:

  • Ubah Fitur Maps ke Mode Offline.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah fitur Maps ke dalam mode offline. Aplikasi maps adalah salah satu aplikasi yang cukup menguras kuota internet dengan cukup cepat. Apalagi jika Anda menggunakannya, maka akan makin banyak kuota data juga yang akan terkuras dengan begitu mudahnya.

Untuk mengatur mode ini, bisa Anda sesuaikan dengan masing-masing smartphone yang Anda miliki. Jika Anda menggunakan Android, maka Anda bisa menyentuh search bar untuk kemudian menggeser ke bawah sampai bertemu pilihan save map to use offline.

  • Menggunakan Aplikasi Mailbox

Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu ketika Anda membutuhkan berbagai keperluan yang berhubungan dengan email. Keperluan email ketika Anda menggunakan aplikasi khususnya Gmail maupun yang lainnya memang lebih memakan kuota yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan Mailbox ini.

  • Menggunakan Browser yang Lebih Efisien

Ada beberapa pilihan browser atau mesin pencari yang bisa membuat kuota Anda menjadi boros. Namun ada juga beberapa browser yang bisa membantu untuk mengirit data kuota yang Anda miliki. Untuk menghematnya, maka Anda bisa menggunakan salah satu fitur yaitu data saving atau video boost.

  • Non-Aktifkan Aplikasi

Anda bisa mematikan beberapa aplikasi yang tidak ingin Anda gunakan. Cara yang bisa Anda lakukan adalah masuk ke menu pengaturan – akun – kemudian pilihlah akun yang memang tidak ingin Anda sinkronisasikan. Maka dari itu, dengan cara ini Anda mampu menghemat kuota data yang bisa Anda miliki dengan sangat baik.

  • Membatasi Penggunaan Mobile Data

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota data Anda adalah membatasi penggunaan mobile data yaitu menggunakan peringatannya. Dengan menggunakan fitur data usage warning serta limit sistem, pasti akan lebih membantu Anda ketika aplikasi yang digunakan sudah melebihi penggunaan batas data.

pixabay.com

Solusi Terakhir untuk Menghemat Kuota Data

Jadi, itulah sebagian tutorial yang nantinya bisa Anda gunakan untuk menghemat kuota data yang Anda miliki. Untuk menghemat data lebih banyak, namun tetap bisa membuka berbagai aplikasi yang Anda inginkan, maka Anda bisa menggunakan WIFI yang pastinya mampu menghemat data lebih banyak tanpa adanya batasan GB yang ditentukan.

Solusi terakhir yang bisa dilakukan ketika beberapa cara untuk hemat quota internet di atas tidak berhasil, bahkan Anda sulit untuk menemukan koneksi WIFI, maka cara lain yang harus kalian lakukan adalah menonaktifkan data seluler. Untuk mematikan data seluler ini bisa Anda gunakan ketika Anda tidur, sedang berada di perjalanan, dan lain sebagainya.

Anda perlu mengingat bahwa jika kuota data yang Anda miliki habis, maka Anda harus mengeluarkan uang kembali untuk membelinya. Maka dari itu, Anda juga harus mampu untuk menerapkan sebuah prinsip yaitu hemat kuota internet sama saja dengan menghemat uang.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *