Jenis Produk Cat Epoxy Lantai dan Cara Perawatannya

Jika anda memiliki lantai bangunan yang luas dan ingin menampilkan lantai yang lebih indah dan tahan maka cat epoxy lantai bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab cat epoxy dapat memberikan kesan yang lebih modern, berkilau dan tahan lama pada lantai bangunan. Selain itu cat epoxy tahan dari berbagai jenis noda dan sangat mudah dibersihkan dibandingkan jenis material lantai lainnya. Namun pastikan anda memilih jenis cat epoxy lantai secara tepat dan mempertimbangkan dari segi harga cat epoxy lantai tersebut sehingga hasilnya sesuai kebutuhan dan budget.

Mengenal Jenis Produk Cat Epoxy Lantai dan Pemasangannya

Banyanya produk cat epoxy lantai membuat anda harus lebih cermat dalam memilih cat epoxy lantai. Selain dari harga cat epoxy lantai tersebut ada pertimbangan yang tak boleh anda lupakan yaitu mengenal jenis produk cat epoxy lantai yang anda butuhkan. Dengan mengetahui jenis cat epoxy lantai maka memudahkan anda dalam menetukan kebutuhan serta sistem kerja cat epoxy tersebut. Berikut ini akan dijelaskan jenis produk cat epoxy dan cara memasangnya yang bisa menambah wawasan anda.

pxhere.com

  1. Cat Epoxy Waterbone
    Jenis cat epoxy yang satu ini berbasis air sehingga menjadikannya lebih mudah diterapkan. Biasanya cat epoxy waterbone banyak disukai oleh perusahaan yang ingin menerapkan cat lantai pada bangunan perusahaan mereka. Cat epoxy waterbone memiliki kelebihan berupa sistem mantel tunggal dengan kepadatan sekitar 50% dan cakupan 250 kaki persegi. Selain itu jenis cat epoxy ini juga diterapkan untuk lapisan cat tipis sekitar 3 mili dan sentuhan finishing matte hinga semi-gloss. Harga cat epoxy lantai ini memang tergolong murah namun daya tahannya terhadap bahan kimia dan noda tidak sebagus cat epoxy jenis lainnya. Tetapi daya tahan cat epoxy ini tetap bisa ditingkatkan dengan penambahan multi-coat sebagai lapisan kedua.
  2. Cat Epoxy High Solids
    Jenis cat epoxy lantai ini merupakan produk epoxy kelas komersial. Untuk daya tahan cet epoxy lantai ini memang yang terbaik terhadap bahan kimia, noda maupun abrasi. Cat epoxy high solids mempunyai kedapatan tinggi sebesar 100% sehingga sistem solidnya lebih tebal dan bisa mengatasi kerusakan lantai sekitar 10 mili atau lebih. Bahkan cukup menggunakan satu lapisan cat ini maka hasilnya lebih bagus dibandingkan pemakaian 2 lapisan cat epocy lantai yang berbasis air. Pastinya cat ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
  3. Clear Epoxy
    Jenis cat epoxy ini berguna untuk memperbaiki lapisan cat epoxy high solid. Caranya dengan menambahkan satu atau diua lapis clear epoxy. Dengan penggunaan clear epoxy yang berperan sebagai mantel maka daya tahan cat epoxy akan semakin bagus dan tentunya hasil cat lantai akan semakin mengkilap dan gloss.

pxhere.com

Cara Merawat Cat Epoxy Lantai Supaya Lebih Tahan Lama

Setelah mengetahui jenis produk cat epoxy lantai, maka sangat penting bagi anda untuk memperhatikan perawatan cat epoxy lantai tersebut. Meskipun harga cat epoxy lantai tergolong mahal tetapi anda tidak merawatnya dengan baik maka hasilnya tetap saja akan mudah rusak dan pudar. Dengan merawat epoxy lantai secara rutin maka menjadikan lantai anda selalu bersih, rapi, mengkilap dan awet. Perawatan lantai epoxy juga berbeda dari keramik biasa sehingga anda perlu memahaminya. Berikut ini akan dijelaskan cara perawatan epoxy lantai yang perlu anda ketahui.

  1. Bersihkan Epoxy Lantai Coating
    Pembersihan epoxy lantai coating ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab lantai epoxy memiliki beberapa kelemahan sehingga anda perlu berhati-hati saat membersihkan supaya tidak merusak lantai. Berikut beberapa pandunan pembersihan lantai yang bisa anda lakukan yaitu gunakan handuk lembut atau pel debu dengan menyapukannya untuk membersihkan debu yang menempel pada epoxy. Bila terdapat tumpahan cairan maka cukup dilap menggunakan kain atau handuk yang lembut. Jika anda ingin membersihkan lantai dengan cara disemprot maka gunakan squeegeed dry. Untuk membersihkan kotoran yang membandel dan tidak bisa dibersihkan memakai handul maka anda bisa memakai cairan amonia yang dicampur dengan air galon. Untuk jenis noda karatan maka bisa dibersihkan dengan cara menyikat memakai tapas atau scrub yang lembut. Hindari pemakaian pembersih lantai sembarangan karena bisa merusak epoxy lantai.
  2. Pencegahan Kerusakan Epoxy Lantai
    Supaya epoxy lantai terhindar dari kerusakan maka ada beberapa upaya pencegahan yang bisa anda lakukan yaitu memastikan lantai dalam kondisi licin saat membawa barang berat di atas lantai. Bila perlu gunakan potongan kayu lapis untuk menutup epoxy lantai saat memakai mesin dongkrak. Selain itu untuk pintu masuk epoxy lantai sebaiknya tersedia keset serta alas kaki agar debu dan kotoran tidak terbawa masuk ke ruangan yang berlapis epoxy lantai. Ketika anda mengelas maka pastikan memakai welding mat supaya tidak menyisakan bekas di epoxy lantai.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis cat epoxy lantai dan cara perawatannya yang bisa menambah wawasan anda. Bila anda ingin mengaplikasikan cat epoxy lantai secara mudah maka silakan gunakan jasa epoxy lantai saja. Karena hasilnya dijamin lebih rapi, memuaskan dan sesuai keinginan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *