Cara Sukses Bisnis Hantaran Pernikahan

Hantaran pernikahan memang tidak akan bisa terpisahkan dari yang namanya pesta pernikahan di Indonesia. Budaya ini sudah ada sejak dulu dan dilestarikan hingga sekarang ini, hantaran yang diberikan biasanya berupa benda yang merupakan kebutuhan dari sang pengantin. Bisa dari pakaian,perhiasaan, makanan ataupun banyak lagi yang bisa juga disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Paket hantaran menurut adat diartikan sebagai “pengikat” namun lebih baik diartikan sebagai mas kawin yang menjadi syarat dari pernikahan. Pemberian seserahan ini sebenarnya hanya dijadikan simbol sebagai bentuk penghormatan dan keseriusan untuk meminang seseorang.

Untuk saat ini hantaran atau seserahan pengantin telah mengalami cukup banyak perubahan dalam tampilannya. Jika dulu barang-barang akan dikemas seadanya maka sekarang justru dikemas dengan cara yang lebih cantik. Bahkan tak jarang jika tampilan seserahan menjadi sebuah perhatian khusus, mungkin hal ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh beragamnya jenis isi hantaran yang digunakan saat ini.

Mengingat banyaknya orang yang mengadakan pernikahan dan memiliki minat untuk memberikan yang terbaik pada pernikahannya maka ini seharusnya bisa menjadi sebuah peluang bisnis bagi anda. Berbekal keterampilan yang memadai maka anda akan bisa mendapatkan keuntungan ketika menjalankannya.

Memiliki keterampilan memang bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi anda, namun jika tidak memiliki ketrampilan anda bisa juga memulai untuk mempelajarinya. Pernahkah anda melihat bahwa di pasaran untuk harga hantaran pernikahan akan memiliki harga yang cukup variatif dan terkesan mahal.

Faktor utama selain barang yang menjadikan hantaran menjadi mahal adalah jasa pembuatan atau penghiasnya. Umumnya harga yang dikenakan sebagai biaya jasa hias hantaran adalah di kisaran 100 ribu rupiah, nah jika anda bisa memberikan harga yang lebih murah maka sudah tentu anda akan mendapatkan pasar.

Yang perlu anda ketahui selain memberikan harga yang murah anda juga harus bisa lebih kreatif dengan mampu menawarkan kreasi yang cantik dan tidak mudah ditiru oleh lainnya. Meskipun bisnis ini bersifat musiman atau bisa dibilang tidak akan selalu datang setiap hari namun jasanya tetap dibutuhkan.

Ada beberapa bulan khusus seperti bulan Juni-Agustus, lalu November-Desember, dan juga Februari biasanya akan menjadi pilihan banyak orang untuk mengadakan acara pernikahan. Nah ketika bulan-bulan yang lain maka anda bisa menerima orderan yang akan digunakan pada bulan ramai pernikahan tersebut agar bisa mengambil lebih banyak pesanan. Selain itu anda juga bisa tidak hanya fokus pada hantaran namun bisa juga kebutuhan lagi seperti souvenir pernikahan, souvenir acara, undangan, atau jasa hias hantaran untuk acara selain pernikahan.

www.pexels.com

Keuntungan Bisnis Hantaran

Ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika memulai untuk melakukan bisnis hantaran, nah berikut adalah daftar keuntungannya :

  1. Modal kecil

Untuk bisa memulai bisnis ini bisa dibilang modal yang dibutuhkan cukup minim dan bisa dilakukan sambil berjalan. Mengapa demikian ? ya karena ketika baru memulai maka tidak akan langsung kebanjiran order bukan ? anda hanya membutuhkan modal kisaran 1 hingga 5 juta saja untuk bisa memulai usaha. Modal awal ini bisa digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan seperti mika,kaca, nampan, bunga plastik, boneka kecil , atau bisa juga pernah pernik hiasan yang lain.

 

Tidak perlu stok terlalu banyak karena bahan-bahan yang anda siapkan ini nantinya akan dikembalikan lagi. Jadi istilahnya pernak-pernik hiasan ini hanya akan bersifat pinjaman terhadap orang yang menggunakan jasa anda.

  1. Tidak butuh toko

Untuk bisa membangun usaha ini anda tidak perlu repot untuk memikirkan biaya yang diperlukan untuk membeli atau menyewa toko. Usaha jasa ini tidak membutuhkan tempat khusus seperti toko untuk bisa memasarkannya. Anda bisa menggunakan ruangan yang ada di rumah untuk mengerjakannya.

  1. Mudah dipelajari

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa jika anda tidak memiliki keterampilan untuk bisa membuat barang yang membutuhkan kreativitas maka tidak perlu khawatir. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu, yang dibutuhkan adalah niat dan usaha untuk mau belajar terus menerus. Dengan membuat secara terus menerus maka anda akan bisa meningkatkan kreatifitas diri.

Anda bisa memulainya dengan melihat karya orang lain, namun ingat untuk sebisa mungkin tidak menirunya. Anda hanya perlu menjadikan karya orang lain sebagai referensi, dengan begitu maka anda kelamaan anda akan bisa membuat kreasi hiasan yang sesuai dengan gaya sendiri.

Saat ini anda bisa mendapatkan pelajaran pembuatan tidak hanya dengan mengikuti kursus atau pelatihan formal. Anda bisa mendapatkan dan mempelajari segala informasi dari internet bagaimana cara menghias hantaran menjadi menarik dan juga cantik. Bahkan anda bisa juga mendapatkan tutorial yang sudah berupa video yang akan semakin memudahkan anda dalam mempelajarinya.

  1. Menjanjikan keuntungan

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa bisnis kreatif ini cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai pilihan usaha. Dengan modal yang minim anda akan bisa mendapatkan pendapatan yang cukup besar. Dan seperti yang juga dikatakan sebelumnya bahwa modal awal yang dikeluarkan untuk membeli bahan-bahan tadi tidak akan terbuang karena memang bahannya akan kembali pada anda.

www.pexels.com

Memulai Bisnis Hantaran Pernikahan

Sebelum memulai untuk membuka bisnis maka ada beberapa unsur penting yang harus anda siapkan, berikut adalah daftarnya :

  1. Wadah hantaran , barang yang bisa dijadikan sebagai tempat hantaran yang memiliki nilai seni adalah seperti keranjang rotan. Harganya relatif murah dan bisa di beli di pasar, jika anda menginginkan yang memiliki harga lebih murah lagi amka bisa juga menggunakan kardus bekas. Untuk mempercantiknya maka anda bisa membentuk dan menghiasi dengan menggunakan kain perca atau plastik yang telah di bentuk dengan cantik.
  2. Isi hantaran, untuk isi ini biasanya memang bergantung pada permintaan konsumen jadi tidak perlu untuk menyiapkan terlalu banyak. Anda bisa meminta pelanggan untuk membeli barang-barang kebutuhannya sendiri kemudian anda hanya perlu menyiapkan wadah dan hiasannya.
  3. Hiasan, untuk hiasan umumnya meliputi bungku, aksesoris seperti rumbai-rumbai,pita, atau aneka hiasan lain yang bisa mempercantik tampilan hantaran yang anda buat. Untuk menyesuaikan dengan tema pernikahan maka anda bisa menanyakan pada pelanggan ketika mereka memesan sehingga tampilan hantaran akan seragam dengan tema dan warna pesta.

Selain dari ketiga daftar yang telah disebutkan tadi masih ada juga beberapa peralatan lain yang juga tidak kalah penting untuk disiapkan. Bahan-bahan tersebut adalah seperti kain kaca, satin yang bisa digunakan sebagai pembungkus hantaran. Kemudian siapakan juga pita, pernak-pernik bunga atau boneka dan lainnya yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan.

Kemudian untuk alat-alat yang perlu anda miliki untuk bisa membuat hantaran adalah seperti selotip, gunting, lem, kawat penngait, karet, jarum pentul, kertas bekar, karton, dan masih banyak alat-alat lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan desain hantaran anda.

www.pexels.com

Tips Berbisnis Hantaran dengan Modal Kecil

Nah bagi anda yang ingin memulai bisnis hantaran namun terkendala dengan modal maka bisa simak beberapa tips berikut ini :

  1. Manfaatkan barang murah/bekas

Untuk bisa menghasilkan hiasan hantaran yang cantik tidak melulu harus menggunakan bahan yang mahal. Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan barang murah/barang bekas untuk menghias hantara. Hanya dibutuhkan kreativitas untuk bisa mendapatkan tampilan hantara yang cantik dan juga indah dengan modal yang kecil. Anda bisa melirik untuk menggunakan sisa-sisa pita, ketas, daun kering, kardus maupun juga plastik bekas. Jika bisa dibuat dengan tampilan indah maka siapa yang menyangka jika modalnya cukup kecil.

  1. Jalin kerjasama dengan pengrajin

Sebagai seorang yang bergelut dalam bisnis maka sangat penting untuk menjalin sebuah kerjasama. Seperti misalnya dengan para pengrajin maupun pemasok lokal, kerjasama ini tentunya bertujuan agar anda bisa mendapatkan bahan dengan harga yang lebih murah. Selain itu pengrajin juga akan mampu memberikan anda insprasi lain dalam menghias hantaran nikah.

  1. Promosi

Jika anda masih dalam tahap awal berbisnis maka bisa memulai melakukan promosi ke orang terdekat terlebih dahulu. Tawarkan jasa anda kepada keluarga, tetangga, maupun teman-teman, setelah itu anda bisa juga melakukan promosi dengan cara membuat spanduk maupun brosur. Lebih mudahnya jika di era digital ini anda bisa melakukan promosi melalui media sosial. Selain lebih mudah dalam promosi biaya yang dibutuhkan juga lebih ringan dan paling penting pasar yang bisa dijangkau akan lebih luas.

  1. Inovasi

Karena anda berbisnis di industri yang membutuhkan kreativitas maka dalam menjalankannya akan selalu membutuhkan inovasi. Inovasi ini penting untuk bisa memberikan pelayanan yang maksimal serta membuat anda bisa bertahan dalam sebuah bisnis.

Sesuaikan model dan desain hantaran dengan isi dan juga tren yang sedang berkembang agar tidak terkesan monoton. Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai tren yang tengah digandrungi di internet. Selain itu penting bagi anda untuk menanyakan secara detail tentang keinginan dari konsumen.

Buatlah catatan khusus untuk bisa mengingatkan anda agar konsumen tidak dibuat kecewa karena anda salah mengingat desain pesanan mereka. Namun tidak perlu terlalu banyak juga ya karena itu justru bisa membuat pelanggan merasa tidak nyaman dan beranggapan bahwa anda kurang kompeten untuk mengerjakan pesanan..

www.pexels.com

Tips Meningkatkan Untung

Untuk bisa mendapatkan keuntungan lain diluar biaya jasa hias maka anda bisa juga menawarkan untuk membelikan isi hantaran. Bisa juga dengan memberikan beberapa paket hiasan beserta isi hantaran sehingga konsumen akan lebih mudah dalam memilih paketnya. Untuk lebih aman maka usahakan untuk mengharuskan konsumen membayarkan DP minimal sebesar 50% dari total harga paketnya.

Demikian tadi ulasan mengenai cara sukses berbisnis hantaran pernikahan, semoga dengan informasi ini bisa menambah wawasan dan meningkatkan minat berwirausaha anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa di era seperti sekarang ini industri kreatif menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berwirausaha.

Industri kreatif yang bisa dikelola dan dikembangkan dengan baik maka akan bisa menarik pasar yang lebih besar. Dengan demikian keuntungan yang akan bisa anda dapatkan juga akan lebih banyak. Selain itu perlu diketahui bahwa berbisnis apapun yang berhubungan dengan pernikahan tidak akan pernah ada matinya karena setiap orang pastinya ingin menikah. Jadi tunggu apalagi ambilah kesempatan itu dan tingkatan kreativitas serta teruslah berinovasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *