Mengulas Sejarah Gunung Merapi

Jogjakarta memang penuh dengan beragam keunikan dan tempat wisata menarik yang sangat layak untuk dikunjungi. Jogjakarta akan memberikan berbagai sarana wisata yang berupa hiburan ataupun sarana wisata edukasi yang telah banyak dikagumi oleh masyarakat. Selain wisata sejarah berupa candi – candi dan keratin, Jogjakarta juga menawarkan wisata alam yang cukup ekstrim yaitu gunung merapi. Gunung yang termasuk dalam jajaran gunung teraktif di Indonesia ini tercatat telah berkali – kali mengalami letusan. Letusan – letusan tersebut tidak membuat kemegahan gunung berapi ini berkurang akan tetapi letusan tersebut membuat gunung berapi terlihat semakin gagah dan mempesona.

Gunung yang memiliki puncak ketinggian kurang dari 3000 meter ini termasuk dalam salah satu gunung yang paling berbahaya. Sejarah mencatat sejak letusan pertama terjadi gunung ini telah banyak memakan korban.  Gunung yang hanya berjarak 40km dari kota Jogjakarta ini merupakan salah satu ancaman alami yang mengintai penduduk Jogjakarta hingga sekarang. Terdapat berbagai pemukiman warga hingga jarak 4 kilometer dari kawah gunung ini. gunung yang mengeluarkan awan panas atau wedhus gembel ini terkenal sangat aktif dan dapat meletus sewaktu – waktu. Sejak decade 90 an banyak ahli yang mulai mengulas tentang gunung ini dan melakukan penelitian tentang gunung yang selalu membuat warganya waspada ini.

unsplash.com

Dalam sejarah era 80an hingga abad ke 21 ini terdapat beberapa kali letusan gunung yang cukup besar dan menyebabkan kerugian yang tidak main – main. Berikut beberapa letusan gunung merapi yang tercatat oleh sejarah:

  1. 1872

Letusan ini dianggap sebagai salah satu letusan yang terbesar sejak terbentuknya merapi. Dampak abu vulkanik dan paparan awan panas membuat banyak korban jiwa berjatuhan. Selain itu kondisi sekitar lereng merapi terhenti secara total.

  1. 1930

Letusan ini pun termasuk dalam salah satu letusan yang cukup mengerikan. Kekuatan letusan merapi menghancurkan setidaknya 13 desa yang terletak di lereng – lereng gunung merapi. Diperkirakan lebih dari 1500 orang tewas dalam insiden ini. dan letusan ini masih dianggap sebagai salah satu letusan dengan korban terbanyak hingga saat ini.

  1. 2010

Letusan merapi tahun 2010 ini termasuk dalam letusan merapi di era modern, yang mana banyak alat modern yang dapat memprediksi letusan tersebut. Serangkaian aktivitas vulkanik dari gunung berapi telah terlihat sejak bulan November tahun 2017 akan tetapi selama beberapa bulan aktivitas tersebut letusan besar terjadi sekitar bulan November. Dan tercatat sekitar 300 orang dikabarkan tewas karena insiden ini.

unsplash.com

Dampak Letusan Gunung Merapi

Banyak dampak yang terjadi akibat dari letusan gunung merapi ini. Dampak – dampak tersebut mempengaruhi banyaknya aktivitas masyarakat yang berada di sekitar kawasan tersebut. Berikut beberapa dampak dari letusan merapi :

  1. Psikologis masyarakat akan terganggu

Karena sering kali terjadi letusan psikologi masyarakat akan terus was – was dan waspada.

  1. Hewan ternak dan perkebunan mati

Abu vulkanik membuat banyak perkebunan masyarakat turut mati. Dengan awan panas yang menggantung membuat hewan – hewan ternak yang tidak sempat diselamatkan akhirnya mati.

  1. Pemukiman hancur

Terjangan lahar panas dan dingin dari gunung berapi ini membuat banyak kawasan hancur.

  1. Kehidupan ekonomi masyarakat terhenti

Karena terjangan letusan gunung merapi membuat kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat menjadi terhenti sepenuhnya.

unsplash.com

Wisata Gunung Merapi

Selain dampak buruk yang terjadi ternyata terjangan meletusnya gunung merapi menjadi rejeki tersendiri bagi beberapa kalangan. Banyak situs yang mulai menawarkan paket wisata jogja 1 hari yang meliputi wisata gunung berapi ini. karena makin banyaknya wisatawan yang tertarik untuk mengetahui sejarah dan akibat dari letusan gunung berapi tersebut. Terdapat beberapa paket wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung jika berkunjung ke lereng gunung berapi. Wisata tersebut antara lain adalah :

  1. Wisata landscape merapi

Wisata ini menyuguhkan pemandangan indah nan hijau dari lereng merapi

  1. Makam mbah maridjan

Makam ini lah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. mbah maridjan adalah juru kunci merapi yang sangat terkenal. Mbah maridjan adalah salah satu korban letusan gunung merapi tahun 2010, karena mbah maridjan menolak untuk dievakuasi.

unsplash.com

  1. Bunker kali adem

Bunker ini termasuk dalam daerah yang cukup banyak diminati oleh pengunjung.

  1. Museum gunung merapi

Museum ini merupakan tempat disimpannya benda – benda yang tertinggal atau menjadi saksi dari keganasan dari gunung berapi ini. peninggalan – peninggalan bersejarah juga turut berada di tempat ini.

  1. Jeep merapi

Bagi para penggemar adrenalin wisata ini sangat cocok untuk dicoba karena akan memberikan sensasi menegangkan mengendari jeep melewati bekas – bekas lahar dingin merapi yang telah berubah menjadi trek – trek menegangkan dan sangat patut untuk dicoba.

  1. Cross adventure

Bagi para petualang mencoba bermain cross di lereng gunung berapi ini tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Pengalaman untuk merasakan sensasi jalan yang telah dilalui oleh lahar dingin menjadi salah satu keasyikan tersendiri. Selain itu dengan banyaknya trek – trek khusus akan memuaskan adreanalin para pencinta olahraga ekstrim dari seluruh Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *