5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Gedung Sate

Gedung sate bukanlah gedung yang berisikan tukang sate, melainkan ikon kota Bandung sekaligus sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Ya, Gedung Sate sangat terkenal dengan langgam arsitekturnya yang mencerminkan style Indonesia dengan Eropa. Meskipun merupakan pusat aktivitas birokrasi, namun Gedung Sate bisa diakses oleh siapapun. Jadi tak mengherankan jika banyak traveller yang berkunjung ke Gedung Sate ini untuk melakukan kegiatan wisata.

 

Dibangun pada tahun 1924 yang lalu, Gedung Sate menjadi ikon kota Bandung yang hampir tak pernah sepi pengunjung. Jika Anda ingin travelling ke Gedung Sate, pastikan Anda mengunjungi situs https://tourbandung.id, untuk menemukan paket liburan hemat ke Gedung Sate. Anda mungkin bertanya, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di Gedung Sate? Nah berikut jawabannya!

 

  • Mengunjungi Museum Gedung Sate

Bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah kota Bandung dan Jawa Barat secara keseluruhan, maka Anda bisa mengunjungi museum Gedung Sate. Ya, Gedung Sate memiliki museum yang berisikan data-data sejarah. Nah museum ini terletak di bagian belakang Gedung Sate, tepatnya di basement sayap kanan. Tenang saja, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mengakses museum ini karena banyak penanda dan juga panduan dari pihak pengelola. Saat weekend atau musim liburan, museum ini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Karena daya tampungnya hanya 50 orang, maka Anda mesti rela mengantri. Tenang saja, pihak pengelola sudah menyediakan bangku-bangku berpayung yang sangat nyaman.

pixabay.com

Di museum Gedung Sate ini Anda bisa menemukan berbagai koleksi kuno yang sangat artistik. Tak hanya itu, ada beberapa bagian dinding yang dibiarkan robek/terbuka sehingga tersingkap bahan bangunan dari Gedung Sate ini. Tak hanya koleksi kuno, museum Gedung Sate ini juga memiliki berbagai konten digital. Jadi museum ini juga sangat cocok dikunjungi oleh kaum millenial. Jadi selain jalan-jalan, Anda ‘pun bisa menambah wawasan saat berada di museum Gedung Sate ini.

 

  • Mengunjungi Teras Atap

Jika dari luar Gedung Sate, Anda bisa melihat ada satu ruangan persis dibawah palang tusuk sate. Nah ruangan ini merupakan teras atap atau bagian paling tinggi dari Gedung Sate. Nah ruangan ini pada dasarnya merupakan aula yang berisikan bendera-bendera kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Nah tentu di teras atap ini, Anda bisa melihat ke segala penjuru mata angin. Ya, lewat jendela-jendela yang ada di setiap sisinya, Anda bisa melihat pemandangan yang ada diluar Gedung Sate. Dari teras atap ini Anda bisa melihat dengan jelas gunung Tangkuban Parahu. Selain itu di bagian utara, Anda bisa melihat dengan jelas monumen perjuangan Jawa Barat.

 

  • Fotografi

Tentu rasanya kurang afdol saat jalan-jalan di Gedung Sate namun tidak sempat berfoto ria. Nah terdapat banyak spot fotografi yang keren di Gedung Sate. Saat berada di museum atau teras atap, Anda bisa menemukan banyak spot foto. Silakan Anda mau selfie atau welfie, berbagai latar belakang di museum dapat membuat hasil foto terlihat sangat menakjubkan. Nah selain didalam ruangan, Anda ‘pun bisa berfoto persis didepan Gedung Sate. Ya, bagian depan Gedung Sate merupakan spot foto paling bagus yang ada di Gedung Sate. Dengan berfoto persis didepan Gedung Sate ini, Anda bisa menunjukan pada teman bahwa Anda memang pernah ke Gedung Sate. Selain itu juga terdapat taman yang dapat Anda jadikan objek fotografi.

pixabay.com

  • Wisata Kuliner

Setelah puas mengeksplorasi Gedung Sate, Anda bisa mengisi perut dengan berbagai santapan kuliner khas Bandung. Ya, Anda tinggal keluar dari area Gedung Sate dan menemukan banyak sekali street food yang menjual kuliner khas Bandung. Salah satu kuliner terfavorit yang ada di area Gedung Sate yaitu sate jando. Nah bagi Anda yang belum tahu, sate jando merupakan sate khas Bandung, dimana daging sapi berlemak ditusuk dan dibakar, lalu disiram bumbu kacang. Nah bumbu kacangnya ini yang membuat unik, dimana teksturnya sedikit kasar. Selain sate jando, Anda juga bisa menemukan berbagai kuliner lain di area Gedung Sate seperti surabi, cuangki, seblak, siomay, dan lainnya.

 

  • Olahraga di Lapangan Gasibu

Jika Anda punya banyak waktu saat berada di Bandung, maka Anda bisa berolahraga di Lapangan Gasibu. Nah Lapangan Gasibu ini berada persis disamping Gedung Sate, dan memang masih satu bagian dengan Gedung Sate. Lapangan Gasibu ini lumayan besar, dimana Anda bisa melakukan berbagai macam olahraga seperti jogging, bersepeda, skateboard, dan lainnya. Jadi selain menambah wawasan saat memasuki Gedung Sate, Anda ‘pun bisa meningkatkan stamina dengan berolahraga di Lapangan Gasibu ini. Kami rekomendasikan Anda untuk berolahraga pada pagi hari atau sore hari, karena pada siang hari, sinar matahari sangat menyengat.

 

Nah itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat travelling di Gedung Sate. Gedung Sate ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik dan juga berisikan koleksi sejarah Jawa Barat. Jadi jangan ngaku sebagai traveler sejati jika belum pernah travelling di Gedung Sate!

 

 

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *