Fadilah Membaca Surah Al – Waqiah

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Bagi kita yang menjalankan kehidupan di dunia ini selain kita beribadah kepada Allah SWT, kita juga perlu untuk memikirkan kelangsungan kehidupan kita selama di dunia. Di zaman sekarang sering sekali orang – orang berkata bahwa “tidak ada yang gratis zaman sekarang”. Memang dalam memenuhi berbagai keperluan kita di dunia, kita saling membutuhkan dan tidak bisa menghindari dari transaksi jual beli. Untuk melakukan transaksi jual beli tersebut kita memerlukan sejumlah harta yang biasanya di identikkan dengan uang. Sungguh Allah SWT telah memberikan rizki yang adil bagi tiap makhluk ciptaan – Nya di dunia ini, namun beberapa di antara kita pasti merasa bahwa apa yang telah kita dapatkan masih kurang sehingga kita ingin meminta rezeki yang lebih kepada Allah SWT. Jika anda merasa seperti itu, tidak ada salahnya anda kerap melafalkan surah Al-Waqiah.

Surah Al-Waqiah merupakan salah satu surah makiyyah yang terdiri atas 96 ayat dan merupakan surah ke 56 dalam Al – Quran. Beberapa hadist tentang keutamaan surah Al-Waqiah sebagai berikut :

 

  1. Surah yang membuat Rasulullah SAW beruban

Dari Ibnu Abbas ia berkata bahwa Abu Bakar berkata “wahai rasulullah, sungguh engkau telah beruban” kemudian Rasulullah SAW menjawab “Surah Hud, Al-Waqiah,Al-Mursalat, Amma Yatasa’ alun dan Idzassys Syamsu Kuwwirat telah membuatku beruban” (HR. At-Tirmidzi) dalam hal ini dapat terlihat bahwa amalan – amalan yang telah di sebutkan Rasulullah dalam hadist tersebut selalu mengingatkan Rasullulah dengan hari akhir yang sampai – sampai membuatnya berfikir dan membuat rambut beliau beruban. Hal tersebut dapat dilihat dari surah Al-Waqiah yang diawali dengan bacaan Idza waqa’atil waaqi’ah yang berrati hari kiamat pasti akan terjadi. Bagi orang – orang yang beriman memikirkan terjadinya hari akhir pasti akan membuat hati bergetar dan takut kepada kuasa Allah SWT.

pxhere.com

  1. Menjauhkan kita dari kefakiran

Dr Abdurrahman Raf’at Al Basya menulis dalam bukunya Shuwar min Hayaat ash Shahabat. Pernah suatu saat Khalifah Utsman bin Affan bermaksud untuk memberikan sejumlah harta kekayaan kepada Abdullah bin Mas’ud bagi anak – anaknya ketika dirinya sakit menjelang wafat. Namun Abdullah bin Mas’ud menolaknya seraya berkata “Apakah amirul mukminin takut putra – putraku miskin?, Mereka sudah ku suruh membaca surah Al – Waqiah setiap malam,”. Ia kemudian menyampaikan sabda Rasulullah SAW “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir). Dalam hadist tersebut terjabarkan tentang salah satu sahabat Rasul yang amat beriman dengan Allah SWT, percaya dengan sepenuh hati bahwa amalan yang di ajarkan oleh rasul tersebut dapat memberikan kelancaran rezeki bagi anak – anaknya. Bukan untuk mendapatkan kekayaan berlimpah demi memenuhi nafsu duniawi, namun meminta kelancaran rezeki tiap harinya agar anak – anaknya hidup berkecukupan.

  1. Mendapatkan ketenangan jiwa dan raga

Imam Muhammad Al – Baqir berkata dalam tsawabul A’mal halaman 177 “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama” dengan membaca surah Al – Waqiah , kita mendapatkan keutamaan untuk dapat berjumpa dengan Allah SWT dalam keadaan yang sebaik – baik wajah. Siapa diantara para mukminin yang tidak merindukan berjupa dengan Allah dalam kondisi yang sebaik – baiknya, pastilah menjadi dambaan tiap mukmin untuk itu.

pxhere.com

  1. Mengajarkan tauhid

Sesungguhnya rezeki dan maut merupakan ketentuan Allah. Dengan kita percaya bahwa sepenuhnya Allah telah mengatur takdir setiap makhluknya, termasuk kita sebagai seorang muslim. Kita harus percaya bahwa jika hanya Allah SWT yang dapat kita mintakan rizki dan ampunan, bukan kepada sesembahan yang lain. Dengan kita mengamalkan seluruh perintah dan menjauhi larangan – Nya , kita telah mempraktikkan ajaran Tauhid yang benar. Bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan tidak ada sekutu bagi – Nya.

  1. Mempermudah roh keluar dari jasad

Surah Al – Waqiyah yang dibacakan saat berada di sisi jenazah atau orang yang sedang mengalami sakaratul maut insyaallah akan semakin dimudahkan agar roh nya dapat keluar dengan mudah dari jasad nya agar orang tersebut tidak merasakan sakitnya sakaratul maut yang lama.

pxhere.com

  1. Memperkuat iman kepada hari akhir

Dinamakan  Surah Al – Waqiyah karena pada awalan surah berbunyi Idza waqa’atil waaqi’ah yang berrati “hari kiamat pasti akan terjadi” pasti akan langsung menggetarkan setiap hati orang mukmin, firman Allah SWT dalam Al – Quran terjamin kebenarannya dan senantiasa di jaga Oleh Allah SWT. Dengan membaca surah tersebut iman para orang mukmin akan percaya dengan sepenuh hati bahwa kiamat pasti akan terjadi dan satu – satunya teman kita dalam kubur adalah amal. Dengan mengingat hal itu tiap mukmin akan senantiasa memperbaiki dirinya demi mendapatkan pahala sebagai bekal amal nya kelak ketika di alam kubur.

 

Sekian penjabaran kami tentang keutamaan membaca surah Al – Waqiyah, sebenarnya banyak sekali keutamaan membaca surah Al- Waqiyah bagi kita para mukmin. Semoga Allah senantiasa membimbing kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik tiap harinya. Semoga artikel ini dapat membakar semangat anda untuk senantiasa menjalankan perintah Allah SWT. Akhir kata dari Net Worth Wasalamualaikum warhmatullahi wabarakatuh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *