Doa Untuk Bayi Baru Lahir Dalam Agama Islam

Banyak orang tua yang sangat mendambakan untuk bisa memiliki seorang anak ataupun keturunan. Karena dengan memiliki seorang anak merupakan Rizki yang diberikan oleh Allah SWT. Kehadiran anak di tengah-tengah rumah tangga akan membuat keluarga menjadi lebih bahagia dan membuat para orang tua lebih semangat untuk menjalani hidup karena pastinya anak-anak mereka akan menjadi penerus keluarga mereka. Dan para orang tua pastinya menginginkan anak-anak mereka menjadi anak yang sholeh dan sholeha untuk bisa membanggakan dan berbakti kepada orang tua. Para orang tua saat anak lahir pastinya memberikan doa untuk bayi baru lahir yang sudah diajarkan agama Islam.

Banyak orang tua beranggapan bahwa anak adalah investasi jangka panjang bahkan harta yang paling berharga. Sehingga para orang tua selalu menjaga, merawat dan mengajarkan anak-anaknya untuk bisa menjadi anak yang bisa dibanggakan dam membahagiakan orang tuanya. Di dalam ajaran agama Islam doa dari anak yang sholeh dan sholehah pastikan akan selalu didengar dan mendapatkan banyak pahala.

Pentingnya mendoakan anak yang baru lahir

Di dalam agama Islam banyak di ajarkan doa-doa terutama doa untuk bayi baru lahir agar saat anak pertama kali lahir ke dunia ini bisa mendapatkan ridho dari kedua orang tuanya. Doa dari orang tua sangat bermakna sekali agar kita sebagai anak bisa menjadi anak yang Sholeh maupun Sholeha. Jadi jika anda sedang lagi dalam keadaan hamil anda bisa banyak membaca doa-doa yang akan diberikan kepada calon anak anda nantinya. Karena dengan anda bisa mendoakan anak anda saat lahir nanti menurut ajaran agama Islam bisa untuk meminta perlindungan dari Allah SWT agar anak anda tidak mendapatkan gangguan setan apalagi ada ajaran Nabi Muhammad SAW bayi yang lahir di dalam muslim pastinya tidak akan mendapatkan tusukan dari setan-setan.

pexels.com

Dengan membacakan doa pada saat anak lahir di mana anda sebagai orang tua meminta kepada Allah untuk selalu melindungi bayi anda dari gangguan setan atau hal yang bisa mencelakakan anak anda dan pastinya anda juga memohon agar anak anda bisa tumbuh sehat, menjadi anak yang pintar kelak, bisa berbakti kepada orang tua, dan bisa menjadi anak-anak yang Sholeh dan sholeha.

Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kepada umatnya untuk mengadzani anaknya pada telinga kanan dan membaca iqamat pada telinga kiri untuk bayi yang baru lahir seperti sabdanya bahwa jika kita memiliki anak dan pertama kali lahir harus diazankan pada telinga kanannya dan di iqamat pada telinga kirinya agar anak tersebut tidak ada gangguan dari setan yang sering mengganggu anak kecil. Karena setan akan lari jauh-jauh saat mendengarkan suara azan.

Setiap orang memiliki tujuan dalam pernikahan untuk bisa mendapatkan keluarga sakinah mawadah warahmah dan mendapatkan keturunan yang Sholeh dan sholeha. Karena memang dengan memiliki anak merupakan suatu impian bagi pasangan suami istri. Dengan adanya anak di tengah-tengah keluarga bisa memberikan banyak kebahagiaan. Namun sebagai orang tua harus bisa mendidik anak sepeti Rasulullah ajarkan mendidik anak agar selalu berada di jalan yang benar. Jadi saat anda sudah melahirkan seorang anak karunia anda harus bisa memanjatkan doa sebagai ucapan bentuk syukur dan harapan untuk masa depan anak tersebut. Seperti yang dilakukan oleh rasulullah pada saat melihat seorang bayi lahir.

Shahih Al-Bukhari hamil dari anak Abdullah dan dia keluar kemudian berhijrah ke Madinah dan pada saat dia sampai di Quba dia melahirkan kemudian membawanya ke Rasulullah dan meletakkan anak tersebut pada pangkuannya. Rasulullah meminta buah kurma dan mengunyahnya setelah itu mengoleskannya ke dalam mulut anak tersebut sehingga anak tersebut pertama kalinya memakan ludah Rasulullah yang sudah bercampur dengan kurma. Anak tersebut bernama Abdullah bin Zubari yang pertama lahir di dalam Islam sehingga Rasulullah mendoakan kebaikan dan keberkahan kepada anak tersebut.

Abu Musa Radhiyallahu juga melahirkan anak laki-laki dan membawa ke nabi Muhammad dan beliau memberikan nama bayi tersebut Ibrahim. Dan anak tersebut diberikan mentahnik kurma dan mendoakan agar anak tersebut menjadi berkah. Seperti yang diriwayatkan oleh Ayyub as-Sikhtiyani ketika mendengar kabar ada tetangganya memiliki anak kemudian beliau mendoakannya. Doa tersebut berisi semoga Allah bisa menjadikan anak tersebut menjadi berkah untuk orang tua tersebut dan untuk umat Muhammad.

Jadi pada saat anak baru lahir ke dunia harus didoakan karena anak adalah amalan yang tidak terputus pada nantinya dan doa yang diberikan orang tua kepada anaknya merupakan doa yang mustajab. Seperti sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam jika anak Adam meninggal anak tersebut amalnya menjadi putus kecuali terjadi tiga perkara di mana anak tersebut di doakan sejak lahir dengan mendapatkan sedekah jariah, mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dan anak tersebut akan berdoa untuknya. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga bersabda bahwa dengan adanya tiga doa mustajab dari doa orang tua, doa orang yang berpergian dan doa orang yang dizalimi akan didengar.

pexels.com

Kumpulan doa untuk bayi baru lahir

Berikut ini beberapa kumpulan doa untuk bayi baru lahir pada ajaran agama Islam yang biasanya dipakai oleh para orang tua saat melahirkan anak mereka.

  • Aku memohon perlindungan kepada Allah untuk anak-anakku dan keturunannya nanti agar terhindar dari setan yang terkutuk.
  • Ya Allah jadikanlah anak ini menjadi orang yang baik bertakwa dan cerdas. Tumbuhkanlah anak ini ke dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik.
  • Ya Allah aku berlindung dengan kalimat-kalimat yang diajarkan di dalam agama Islam agar terhindar dari segala setan, kesusahan dan pandangan daripada orang yang jahat.
  • Ya Tuhanku jadikanlah negeri ini menjadi negeri yang aman dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku dari segala marabahaya dan penyembahan berhala.
  • Ya Allah jadikanlah anak dan anak cucuku nanti menjadi orang-orang yang tetap mendirikan salat ya Tuhanku perkenankanlah doaku.
  • Ya Allah perbanyakkanlah harta dan anaknya dan berkahilah apa yang engkau karuniakan kepadanya.

Dengan mendoakan anak sama halnya anda bisa mendidik anak anda agar bisa menjadi orang yang memiliki masa depan yang cerah di dunia atau pun di akhirat nanti. Jika anak bisa dididik dengan syariat Islam anak akan berhasil dan memiliki masa depan yang cerah. Seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam anda adalah seorang pemimpin dan anda memiliki tanggung jawab atas orang yang anda Pimpin. Di mana sebagai seorang suami juga harus menjadi pemimpin atas keluarganya dan istri juga harus memimpin untuk rumah suaminya dan anak-anaknya. Dan pada saat anda menjadi seorang pemimpin anda akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannya anda. Di mana nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga bersabda Barang siapa yang mengasuh 2 anak wanita sampai kedua dewasa nanti maka pada saat hari akan diberkahi dan dia akan seperti aku ini.

Aisyah radhiyallahu anha berkata bahwa seorang wanita yang datang menemuiku dengan membawa kedua putrinya sambil meminta dan ia tidak dapat dari padaku selain buah kurma saja kemudian aku memberikan kurma tersebut kepada-nya dan ia pun membagikan kepada kedua putrinya namun ia sendiri tidak memakan buah kurma tersebut sedikitpun kemudian seorang ibu tersebut bangkit kemudian keluar yang kemudian Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam masuk untuk menemui kami dan aku diberitahukan hal tersebut kepada beliau kemudian beliau bersabda barangsiapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuan kemudian orang tersebut bisa berbuat baik ada mereka percayalah mereka akan menjadi penghalang musibah dari api neraka.

pexels.com

Jadi sebagai orang tua anda harus menyiapkan sebuah doa kelahiran anak anda pada saat anak anda lahir nantinya. Sehingga anak anda bisa yang mendapatkan perlindungan dan bisa menjadi anak yang memiliki akhlak dan agama yang baik pada kelak nanti. Karena doa orang tua sangatlah berharga bagi anak-anaknya untuk meraih kesuksesan yang besar. Para orang tua juga sangat ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik dan bisa dibanggakan. Sehingga para orang tua akan sangat bahagia melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang sukses dan berhasil.

Dengan kelahiran bayi merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua di mana dengan adanya tangisan bayi pertama kali akan terdengar di telinga bisa membuat hati para orang tua sangat tenang dan tentram. Karena dengan mendapatkan seorang bayi merupakan suatu anugerah yang dititipkan oleh Allah SWT kepada orang tua dan mereka harus bisa merawat dan membesarkan bayi-bayi mungil tersebut sampai menjadi manusia dewasa yang memiliki akhlak dan agama yang baik. Untuk para ayah sebaiknya disarankan untukmm melakukan dzikir dan membekali anak bayinya dengan doa yang bisa membuat mereka tumbuh di dalam keindahan iman Islam.

Sebenarnya untuk mengingat inti dari doa untuk bayi baru lahir merupakan permohonan untuk keberkahan dan kebaikan bagi anak dan orang tuanya, namun sebenarnya tidak ada ketentuan yang khusus dalam hal ini. Jadi para orang tua pastinya juga sudah diajarkan doa sesuai dengan syariat Islam. Para anak sangat membutuhkan doa dari kedua orang tuanya agar bisa menjadi anak yang sholeh dan sholeha. Orang tua juga sangat menginginkan anak mereka bisa menjadi orang yang berhasil dan menjadi orang yang sukses namun tetap dengan memiliki akhlak yang baik. Jadi doa orang tua sangat berperan bagimmasa depan dan kehidupan untuk anak-anaknya. Mereka pun pada nantinya juga akan menjadi orang tua bagi anak-anaknya dan mereka akan mengikuti apa yang sudah diajarkan oleh orang tua sebelumnya.

Orang tua sangat memiliki peran yang sangat penting bagi anak-anaknya jadi sebaiknya para orang tua harus bisa mendidik dan memberikan ajaran agama Islam yang baik untuk mereka agar mereka bisa menerapkan apa yang sudah diajarkan orang tuanya. Bahkan anak-anak akan mengikuti jejak dan ajaran yang diajarkan oleh para orangtuanya. Jadi jangan sampai anda melakukan kesalahan yang bisa diikuti oleh anak-anak anda. Anda juga bisa membekali mereka dengan ajaran agama Islam dan memberikan didikan agama seperti mengaji.

Pada saat ini banyak orang tua yang sering mengabaikan anak-anaknya sehingga mereka tumbuh menjadi anak yang tidak memiliki akhlak dan agama yang baik. Hal tersebut sangatlah buruk dan bisa membuat anak mereka menjadi anak yang tidak taat kepada agama dan orang tua. Bahkan anak tersebut tidak bisa membedakan hal yang baik dan buruk karena memang tidak mendapatkan ajaran dan didikan agama Islam dari orang tuanya.

pexels.com

Mungkin pada saat mereka sekolah mereka akan dididik dan diajarkan oleh para gurunya untuk menjadi anak yang memiliki akhlak yang baik. Tetapi peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik dan mengajarkan anak. Jika orang tua tidak memiliki peran dalam mendidik dan merawat anak pastinya anak tersebut tidak akan mendapatkan pengajaran dan akhlak yang baik sesuai dengan syariat Islam. Jadi jika kita menginginkan anak kita menjadi anak yang bisa dibanggakan dan memiliki kesuksesan pada saat mereka dewasa nanti anda harus memberikan ajaran dan didikan yang baik sesuai dengan syariat Islam. Apalagi pada saat anda melahirkan anak anda bisa memberikan doa untuk bayi baru lahir yang sudah diajarkan agama Islam yang sesuai dengan syariat.

Doa orang tua untuk anaknya sangatlah penting agar anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang memiliki akhlak baik dan agama yang baik. Seperti yang diterangkan oleh oleh Nabi Muhammad bahwa orang tua harus bisa memberikan doa untuk anaknya pada saat lahir ke dunia untuk pertama kalinya agar anaknya bisa mendapatkan perlindungan dari segala gangguan setan dan marabahaya lainnya. Karena Allah pun juga akan mendengarkan doa para orangtuanya untuk anak-anaknya. Bahkan anak tersebut akan menjadi pribadi yang memiliki agama dan akhlak yang bisa menjadi panutan bagi orang lain. Dengan hal tersebut bisa membanggakan kedua orang tuanya karena anaknya bisa menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Bahkan orang tua juga akan mendapatkan berkah berlimpah dari Allah SWT.

Para orang tua juga mengharapkan masa depan anak yang cerah dan akan mendapatkan hasil yang baik dari hasil kerja keras mereka. Sehingga para anak bisa menjadi penerus orang tua yang bisa dibanggakan dan berguna bagi Agama dan negara. Para orangtua juga pastinya memberikan kasih sayang dan kerja keras sampai dengan banting tulang untuk bisa anaknya mendapatkan yang terbaik. Jadi sebagai anak harus bisa membuat kedua orang tuanya merasakan bangga dan bahagia melihat anak-anaknya tumbuh menjadi manusia yang memiliki masa depan yang cerah.

Selain merawat mendidik dan mengajarkan anak-anak untuk bisa tumbuh kembang menjadi anak yang berguna bagi agama dan negara anda juga bisa memberikan kasih sayang agar mereka bisa lebih semangat untuk berjuang mendapatkan masa depan yang cerah dan berhasil dengan kesuksesan. Jika anak anda berhasil dengan mendapatkan kesuksesan dari hasil kerja kerasnya anda sendiri pun akan merasakan kebanggaan dan kebahagiaan karena anda sudah berhasil menjadi orang tua yang baik bagi mereka. Karena memang doa dan bekal dari orang tau sangat berperan penting untuk keberhasilan anak-anaknya. Tanpa doa dari orang tua walaupun anak tersebut sudah bekerja keras pastinya anak tersebut tidak akan mendapatkan keberhasilan. Selain itu seorang anak juga harus bisa berperilaku baik kepada orang tua agar apa yang diharapkan akan terwujud. Jangan sekali-sekali seorang anak menyakiti hati orang tua yang nantinya akan membuat menjadi hidup susah. Karena yang sudah dijelaskan bahwa doa orang tua pasti akan didengar oleh Allah SWT.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *