Berbagai Ide Desain Kamar Tidur yang Dapat Anda Pilih

Tak dapat dipungkiri bahwa tempat paling nyaman di dunia ini adalah rumah kita sendiri. Seperti yang telah diketahui bahwa rumah merupakan tempat berkumpul dan bercanda gurau bersama keluarga yang kita cintai. Di samping itu, rumah juga menyimpan banyak kenangan, baik yang menyenangkan ataupun yang menyedikan bersama keluarga. Dengan demikian, tak heran apabila banyak masyarakat rantau yang sangat rindu dengan rumah dan kampung halaman mereka.

Namun, jika rumah yang kita tempati terlihat kurang bersih dan tidak menarik untuk dipandang, tentu saja rasa kenyamanan kita akan berkurang bukan?? Maka dari itu, kita harus rajin menjaga dan merawat rumah yang kita miliki. Meskipun hanya berukuran kecil dan terbuat dari kayu, tetapi jika rumah tersebut senantiasa kita jaga kebersihan dan kerapiannya, tentu saja kita akan betah apabila berada di dalam rumah tersebut.

Salah satu bagian rumah yang dinilai sangat krusial bagi sebagian besar orang adalah kamar tidur. Ruangan yang satu ini umumnya kita gunakan sebagai tempat untuk bersantai, tidur, ataupun sekedar melepas penat seusai menjalankan aktifitas seharian. Oleh sebab itu, banyak orang yang berlomba-lomba mendesain kamar tidurnya dengan berbagai aksen dan dekorasi yang menarik. Hal ini ditujukan agar mereka selalu merasa nyaman pada saat berada di dalam tempat tersebut. Dengan demikian, tentu saja waktu kita untuk di rumah akan semakin banyak dan berkualitas.

Dewasa ini, desain kamar tidur memang sangatlah bervariasi dan beragam jenisnya. Pada umumnya, desain sebuah kamar tidur disesuaikan dengan selera dan keinginan masing-masing pemilik. Namun, kadang kala mereka justru bingung untuk memilih desain apa yang cocok untuk kamarnya. Dalam hal ini, mungkin Anda adalah salah satu dari sekian orang yang mengalami masalah tersebut. Namun, sudah saatnya Anda mengakhiri permasalahan tersebut dengan membaca informasi mengenai berbagai macam desain tempat tidur yang akan kami sajikan berikut ini.

www.pexels.com

20 Desain Kamar Tidur Menarik dengan Berbagai Nuansa yang Berbeda

  1. Greyish Monochrome

Bagi Anda yang tidak menyukai desain-desain yang terlalu ramai, maka desain dengan kesan monokrom atau satu warna saja dapat Anda jadikan sebagai opsi pilihan. Umumnya warna yang paling tepat dijadikan sebagai pilihan ialah putih keabu-abuan. Jika Anda ingin menambah hiasan, maka cukup tambahlah lampu tidur dan shofa santai yang juga berwarna putih atau abu-abu. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan wallpaper bercorak pada dinding kamar Anda. Namun sebaiknya jangan memenuhi seluruh dinding kamar dengan wallpaper tersebut, karena bukan kesan simpel dan minimalis yang akan Anda dapat, melainkan justru kesan ramai.

  1. Pattern Play

Pada desain ini, Anda bisa memadukan beberapa kombinasi warna untuk menghiasi dinding dan lantai kamar tidur Anda. Tak perlu menggunakan warna yang banyak karena hal tersebut justru akan memberikan tampilan yang sempit pada kamar tidur. Oleh sebab itu, cukup kombinasikan antara dua atau tiga warna saja. Dalam hal ini, Anda harus mengombinasikan warna-warna yang senada. Sebagai contohnya ialah putih dan abu-abu, hijau tua dan hijau mudah, ataupun  oranye dan kuning. Dengan adanya kombinasi tersebut, pastinya kamar tidur Anda tidak akan terkesan monoton dan begitu-begitu saja. Anda juga bisa menambahkan meja lampu dan beberapa hiasan foto di dinding.

  1. Contrastly Chich

Umumnya kamar yang didesain dengan tipe Contrastly Chic memiliki beragam motif yang memberikan kesan segar pada kamar. Warna yang dipilih haruslah warna-warna kontras untuk memberikan kesan yang stylish dan menarik. Semua bagian dari kamar tidur seperti bed, bantal, guling, hingga dinding didesain dengan menggunakan corak sesuai dengan yang diinginkan oleh pemiliknya. Namun, tetap saja harus dipilih warna-warna yang kontras.

  1. Kid’s Leisure

Melihat namanya, tentunya Anda sudah bisa menyimpulkan bahwa desain kamar yang satu ini berhubungan dengan Anak kecil. Bagi Anda para orang tua yang memiliki buah hati berusia di bawah 13 tahun, maka sudah seharusnya Anda mempertimbangkan desain kamar Anak yang tepat. Hal ini dikarenakan desain ruang kamar dapat mempengaruhi tumbuh kembang buah Hati. Dengan desain kamar yang disesuaikan dengan usianya, tentu dapat meningkatkan produktifitas mereka dalam belajar dan aktifitas lainnya. Dalam hal ini, Kid’s Leisure merupakan desain yang dirasa paling tepat untuk buah hati Anda. Desain yang satu ini umumnya menawarkan kesan warna-warni yang ramai sesuai dengan karakteristik anak-anak. Anda juga bisa menambahkan aksen lampu tidur bertemakan tokoh kartun, wallpaper dinding bergambar kartun, hingga karpet kartun di lantai.

  1. Colorburst

Pada umumnya, pemilihan warna-warna terang menyala seperti pink, biru muda, kuning neon, dan sebagainya tidak senantiasa salah. Pada desain dengan tema colorbrust, Anda bisa menggunakan warna-warna tersebut. Tetapi tentu saja ada trik yang harus Anda gunakan. Anda harus bisa memadukan warna-warna tersebut dengan warna lain yang lebih town-down. Sebagai contohnya ialah cipratan warna biru muda pada ruangan dengan dekorasi yang serba putih. Dengan perpaduan tersebut, Anda akan menemui kesan yang muda nan enerjik.

  1. Klasik Moderen

Untuk memberikan kesan klasik pada kamar tidur, Anda bisa menggunakan batu bata tradisonal tanpa cat ataupun wallpaper batu bata pada dinding. Perlu diketahui bahwa kedua opsi tersebut memiliki kekurangan masing-masing. Batu Bata tradisional tanpa cat umumnya mudah lembab dan terkena jamur (white mold / lainnya). Selain itu, Anda juga beresiko terkena serpihan debu dari batu bata. Sementara itu, Anda dituntut untuk mengeluarkan biaya yang terbilang tidak murah pada saat memilih menggunakan wallpaper. Selain biaya pokok dan pemasangan wallpaper, Anda juga harus memplitur dinding dengan semen terlebih dahulu. Pada dasarnya, semua tergantung pada diri Anda sendiri. Nah, untuk memberikan kesan moderen, maka Anda bisa menambahkan hiasan masa kini seperti polaroid, gelas-gelas cantik, hingga ornamen-ornamen yang terbuat dari kaca.

  1. Wall Art

Sebagian orang menilai bahwa kamar tidur akan jauh lebih menarik jika diberi aksen geometris seperti persegi, prisma, kubus, balok, lingkaran dan sebagainya. Pada desain dengan tema wall art ini, Anda harus menampilkan bentuk-bentuk geometris pada setiap elemen. Jika menggunakan wallpaper, maka pililah wallpaper yang bercorak garis-garis atau persegi. Jika Anda bermaksud menambahkan hiasan dinding, maka pililah lukisan geometris pula. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kotak-kotak peralatan dan hiasan pada furniture yang beraturan. Dalam hal ini, Anda harus membatasi interior dalam kamar agar tetap terlihat simpel dan elegant.

  1. Playing With Strips

Inti dari desain kamar tidur bertemakan playing with strips itu sendiri ialah memainkan sebuah garis. Tak perlu repot-repot memilih wallpaper dan spray dengan berbagai corak, Anda cukup memilih semua sarana dan prasarana dalam kamar yang bermotif garis-garis. Desain ini tidak sama dengan desain sebelumnya, yakni Wall Art. Pada desain sebelumnya, pemilik bebes menentukan motif asalkan berbentuk geometris. Tetapi pada desain ini, pemilik hanya diperkenankan untuk memilih seluruh elemen dengan motif garis. Anda juga bisa menambahkan buku-buku yang ditata dengan rapi dalam sebuah rak buku. Selain motif, pilihan warna juga tidak boleh Anda lupakan. Maka dari itu, pililah warna yang benar-benar cocok dan memberikan kesatuan yang indah.

  1. Study Corner

Bagi para siswa maupun mahasiswa, desain kamar yang satu ini adalah yang paling tepat. Namun, tema rancangan kamar tidur ini membutuhkan tempat atau ruangan yang lebih besar. Dalam hal ini, buatlah tempat belajar di salah satu sudut kamar. Anda bisa meletakkan meja belajar, kursi, dan buku-buka yang diperlukan dalam kegiatan belajar. Tambahkan juga hiasan dan aksesoris yang bisa membuat Anda nyaman pada saat belajar.

www.pexels.com

  1. Girl’s Sanctuary

Ya. Memang desain yang satu ini diperuntukkan bagi anak perempuan. Biasanya, dekorasi yang membekali desain ini ialah warna-warna terang seperti pink, hijau muda, dan sebagainya. Semua hiasan dan aksesoris yang ditampilkan pun terkesan sangat ramai, di samping itu, berbagai boneka dan bantal dengan bentuk unik pun akan dihadirkan pada desain Girl’s Sanctuary. Anda juga bisa mendesain kamar putri kecil Anda bak istana para princes. Dengan demikian, sang putri kecil pun akan semakin betah dan nyaman saat berada dalam kamarnya.

  1. Play Ground

Masih terkait dengan anak-anak. Desain yang satu ini tak hanya cocok bagi anak perempuan saja, melainkan anak laki-laki juga bisa. Ruang kamar yang cukup lebar dan menyisahkan tempat kosong ternyata dapat dimanfaatkan sebagai arena bermain mini bagi anak-anak. Sebagai orang tua, Anda cukup meletakkan rak berisikan mainan-mainan yang disukai buah hati Anda. Jika laki-laki, maka sajikan mainan seperti robot-robotan, mobil, ataupun bola. Sementara itu jika buah hati Anda adalah seorang putri, maka berikan hiasan seperti bunga, boneka, Barbie, dan lain-lain.

  1. Super Hero

Umumnya, para laki-laki menggemari tokoh-tokoh super hero seperti Superman, Batman, Captain Amerika, Spiderman, dan sebagainya. Oleh sebab itu, desain super hero sangatlah cocok apabila diperuntukkan bagi laki-laki. Namun, tidak menutup kemungkinan jika para perempuan juga ingin memiliki kamar yang bernuansa super hero. Anda bisa memasang wallpaper bergambar tokoh super hero yang Anda sukai pada dinding kamar tidur. Untuk menambah kesan super hero yang lebih kental, Anda bisa membeli selimut dan sarung bantal yang bertemakan super hero. Jika masih dirasa kurang, Anda bisa menambahkan ornamen-ornamen seperti patung super hero sebagai hiasan di meja lampu.

  1. Romantic Scene

Kebanyakan kaum perempuan sangat menyukai desain kamar tidur yang satu ini. Romantic Scene merupakan desain kamar yang mengambarkan hati yang sedang berbunga-bunga. Biasanya, dekorasi kamar didominasi warna-warna merah, merah muda, dan putih yang dikenal sebagai warna cinta. Pada bagian dinding, Anda bisa memasang wallpaper berbentuk hati. Sementara itu, Anda juga bisa memilih bantal yang memiliki bentuk hati pula. Dengan demikian, pastinya Anda akan semakin betah dan selalu riang saat berada dalam kamar ini.

  1. Black White

Kamar tidur yang sengaja didesain dengan tema black white akan memberikan nuansa simpel namun berkelas. Bagi Anda yang tidak berselera dengan warna-warna terang, maka desain kamar bertema hitam putih ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan yang tepat. Tak perlu bingug memikirkan warna apa saja yang akan Anda gunakan untuk menghiasi kamar Anda lantaran hanya cukup memilih benda-benda berwarna hitam dan putih saja.

  1. Modern Masculinity

Memilih warna-warna kuat seperti hitam dan coklat dinilai akan memberikan kesan maskulin pada kamar Anda. Sementara itu, untuk memberikan kesan yang lebih moderen, Anda bisa menambahkan ornamen-ornamen tegas dan kaku dengan lukisan dinding ataupun aksen geometris pada spray. Desain yang satu ini sangat cocok bagi kaum pria.

  1. Green Living

Desain ruangan yang satu ini menawarkan aksen segar dan rindang dengan beberapa tanaman hijau serta berbagai aksesoris yang berwarna hijau pula. Dalam hal ini janganmemilih warna hijau yang monoton. Pililah warnah hijau yang bervariasi seperti hijau pupus, hijau tua, hujau pucat, hijau muda, dan sebagainya. Selain itu, Anda bisa memadukan unsur hijau tersebut dengan warna yang menyatu seperti warna putih. Untuk tanamannya sendiri, pililah tanaman yang bisa hidup di tempat yang kedap akan cahaya matahari. Namun, usahakan tanaman tersebut terletak di sebelah jendela, agar terkena angin dan sedikit pancaran sinar matahari. Dalam hal ini, Anda juga bisa membuat bunga-bunga plastik yang dapat dijadikan sebagai hiasan dinding.

  1. Scandinavian

Scandinavian ini sangat tepat untuk Anda jadikan sebagai desain pilihan apabila Anda tak menyukai kesan glamour yang berlebihan. Desain ini menawarkan kesan yang simpel dan praktis. Tak ada aksesoris yang berlebihan, baik pada dinding maupun pada meja-meja di dalamnya. Adapun hal yang menjadi fokus utama dalam desain ini ialah pencahayaan alami. Oleh sebab itu Anda harus memilih warna netral seperti putih agar pencahayaan semakin kuat.

  1. Compact

Umumnya, kamar akan terasa sumpek apabila banyak barang-barang yang berada di dalamnya. Maka dari itu bagi Anda yang memiliki ruang kamar berukuran sempit, sebaiknya Ada menggunakan desain kamar yang bertemakan compact ini. Fokus utama pada desain ini bukanlah seputar warna atau dekorasi, melainkan tempat tidur fungsional. Dalam hal kamar sempit, maka pililah tempat tidur multifungsi yang sekaligus bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai benda seperti buku, laptop, charge, dan sebagainya. Sehingga, Anda pun tak perlu lagi menambahkan meja atau rak buku.

  1. Smart Minimalist

Jika Anda merasa keberatan untuk membeli sebuah tempat tidur multifungsi, maka desain kamar tidur dengan tema smart minimalist ini dapat Anda jadikan sebagai solusi yang tepat. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menyediakan tempat tidur yang bertingkat sehingga tak perlu memakan banyak tempat. Pada lantai satu, Anda bisa menjadikannya sebagai tempat belajar, menonton tv, duduk, ataupun aktifitas lainnya. Sementara itu, Anda bisa menjadikan lantai dua khusus sebagai tempat untuk tidur.

  1. Disney

Tampaknya tidak ada anak-anak yang tidak suka dengan tokoh-tokoh dalam Disney. Maka dari itu, ruang kamar bertemakan Disney merupakan salah satu pilihan tepat untuk si kecil. Dinding Pada kamar cukup diberi wallpaper atau lukisan bergambar tokoh Disney. Selain pada bagian dinding, Anda juga bisa membelikan buah hati sebuah selimut yang bercorak Disney pula.

Nah, itulah beberapa bedroom decorating ideas atau ide untuk mendekorasi kamar tidur yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Selain 20 macam desain yang telah disebutkan di atas, masih terdapat banyak lagi desain-desain menarik lainnya. Bagaimana?? Apakah Anda masih bingung memilih desain yang tepat untuk kamar tidur Anda? Untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan secara tepat, berikut ini akan kami sajikan mengenai tips untuk menentukan dekorasi kamar tidur yang tepat.

www.pexels.com

Tips Menentukan Dekorasi Tempat Tidur yang Paling Tepat

  1. Menyesuaikan dengan Karakteristik Pribadi

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mengetahui karakteristik diri Anda sendiri. Cari tau hal-hal yang selama ini dapat membuat Anda senang, apakah itu bunga, tokoh kartun, super hero, geometris, dan sebagainya. Jika Anda beberapa opsi yang muncul, maka pililah salah satu yang paling Anda gemari. Namun jika terpaksa tidak bisa memilih, Anda bisa memadukakan beberapa tema tersebut secara bersamaan.

  1. Menyesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Setelah Anda menemukan tema yang tepat untuk menghiasi kamar tidur Anda, langkah selanjutnya ialah menyesuaikan dengan kondisi ruangan tempat tidur Anda. Maskud dari kondisi disini adalah ukuran kamar tidur Anda. Jika Anda merasa kamar tidur Anda minimalis, maka pililah desain bertema compact atau smart minimalist. Namun, jika Anda merasa kamar tidur Anda cukup luas, sebaiknya Anda memanfaatkan ruang kosong tersebut seperti untuk rak buku, meja belajar, atau tanaman hias.

  1. Memilih Warna Favorit

Warna merupakan bagian penting yang menjadi pertimbangan banyak orang. Warna pada desain kamar harus disesuaikan dengan selera Anda. Dalam hal ini, sebaiknya jangan mudah terpengaruh dengan argumentasi dari orang lain. Semisal Anda menyukai warna biru, maka carilah desain yang bernuansa biru dan jangan mudah terpengaruh apabila disarankan orang lain untuk memilih warna ling. Karena pada dasarnya, yang menempati kamar tersebut adalah Anda sendiri

  1. Memikirkan Aksesoris dan Ornamen-Ornamen yang Akan Digunakan dalam Kamar

Pada bagian ini, Anda harus memperhatikan desain kamar tidur yang telah Anda pilih. Jika desain yang Anda pilih bernuasa Disney, maka pililah ornament-ornamen yang bertema Disney pula. Tentu lain halnya di kala tema yang ingin Anda gunakan adalah super hero. Pastinya ornament yang patut dipilih adalah ornament yang bertema super hero pula.

www.pexels.com

  1. Mempertimbangkan Manfaat Kamar Selain untuk Tidur

Sebagian besar orang memanfaatkan kamar tidak hanya untuk tidur saja, melainkan untuk berbagai kegiatan dan aktifitas lainnya seperti belajar dan bekerja. Maka dari itu, Anda perlu memikirkan tujuan Anda di dalam kamar tersebut untuk apa saja. Jika digunakan untuk belajar atau bekerja, maka tambahkan rak buku dan meja bekerja di dalamnya. sementara itu, jika kamar tersebut digunakan untuk bersantai, maka Anda bisa menambahkan televisi dan wi-fi di dalam kamar tersebut.

Beberapa tips tersebut kami harapkan bisa membantu Anda dalam menentukan desain tempat tidur impian Anda. Jika kamar tidur Anda sudah sesuai dengan desain yang diinginkan, maka tugas Anda selanjutnya ialah menjaga dan merawatnya setiap hari.

Dengan dijaganya kebersihan kamar setiap hari, pastinya Anda akan semakin betah untuk berlama-lama di dalamnya. Di samping itu, akan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika kamar tidur Anda bersih. Beberapa di antaranya ialah terhindar dari penyakit yang disebabkan akibat virus dan kuman, mencegah terjadinya stress akaibat kamar yang berantakan, dan mengurangi emosi negatif. Dengan demikian, istirahat dan tidur kita pun akan semakin terjaga dengan baik dan berkualits.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *