Daun Yakon atau Daun Insulin.

 

 

Deskripsi

Daun yakon memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat daun yakon selengkapnya akan kami tampilkan pada aryikel ini.

 

Artikel

Daun yakon mungkin masih kurang terkenal di telinga kita, namun daun yakon ini memiliki puluhan manfaat yang baik bagi tubuh kita. Daun yakon ini bisa kita jadikan sebagai obat tradisional, daun yakon ini sering disebut sebagai daun insulin atau Mexican sunflower.

Tumbuhan ini memiliki bunga seperti bunga matahari namun berukuran kecil. Tanaman ini tidak terkenal sebagai tanaman herbal tapi lebih dikenal sebagai tanaman hias padahal manfaat yang terkandung didalamnya cukup banyak. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Daun yakon mengandung berbagai senyawa yang baik untuk tubuh. Daun ini memiliki kandungan dan kandungan senyawa lainnya yang berperan sebagai antioksidan,  kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan,  antimikroba,  fruktosa yang bermanfaat untuk mencegah kenaikan gula darah,  dan antidiabetik.

 

Manfaat daun yakon

Berikut manfaat daun yakon bagi kesehatan tubuh :

 

  1. Mencegah dan mengobati diabetes

Hasil penelitian bahwa daun yakon dapat menurunkan kadar gula dalam darah.senyawa yang berperan disini adalah aloksa yang dapat merangsang produksi hormon insulin.

  1. Mengontrol kolesterol

Kolestrol dalam darah diikat oleh zat lipoprotein.Daun yakon dapat menurunkan lipoprotein dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat),   trigliserida dan juga serum kolesterol.

  1. Sebagai analgesik

Obat obatan analgesik berfungsi sebagai pereda nyeri,dalam daun yakon terkandung senyawa yang dapat berfungsi untuk meredakan nyeri dalam tubuh.

  1. Baik untuk pencernaan

Daun yakon mengandung probiotik yang baik untuk menjaga pencernaan dan memaksimalkan proses penyerapan vitamin dan mineral.daun yakon ini juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti  tukak lambung, sembelit, perut kembung, dan masalah pencernaan serius lainnya.

  1. Anti oksidan

Senyawa seperti flavonoid, glikosida, saponin, tanin, alkaloid, yang terkandung didalam daun  yakon dapat memebantu melawan radikal bebas yang menyerang tubuh kita. Radikal bebas sendiri adalah salah satu penyebab dari berbagai gangguan tubuh, termasuk juga menjadi salah satu penyebab kanker.

 

Demikian artikel tentang daun yakon atau daun insulin, smeoga artikel ini bermanfata bagi anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *