Pengobatan Daun Jarak Untuk Bayi Dan Khasiat Lainnya Bagi Kesehatan

Anak adalah anugerah terindah bagi orang tua. Apalagi mereka yang telah mendambakan seroang bayi sejak demikian lama. Maka, ketika bayi telah hadir ditengah orang tua, maka akan sedemikian rupa disayangi, dikasihi, dijaga dan juga diberikan nutrisi yang cukup. Bahkan bagi orang tua, akan mengorbankan segalanya agar si bayi bisa mendapatkan apa yang semestinya. Misalnya kita yang sekarang telah tumbuh dewasa, hal ini tidak terlepas dari peran dan kasih orang tua. Tanpa peran dan kesungguhan orang tua dalam membesarkan kita, mustahil kita bisa seperti sekarang, bisa membaca, menulis, mengetik hingga berselancara di dunia serba online ini.

Dalam dunia rumah tangga yang mana tengah diasyikkan oleh hadirnya si bayi tentu ada beberapa situasi yang membuat kuatir dan gelisah. Keadaan ini misalnya si bayi yang begitu dikasihi menderita sakit atau masalah lainnya. Maka, sebagai orang tua akan mencarikan solusi untuk persoalan ini. Dalam dunia pengobatan alternatif ada namanya daun jarak. Daun Jarak untuk bayi begitu banyak orang menyebutnya. Kenapa demikian? Karena daun jarak ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk masalah yang dihadapi si bayi tercinta.

Tapi, sebelum itu, ada baiknya kita mengupas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan daun jarak.

www.pexels.com

Pengeritan Daun Jarak

Sebenarnya daun Jarak apa sih? Setelah ditelusuri beberapa literature tentang dunia tumbuh-tumbuuhan, ada beberap penjelasan terkait tumbuhan ini. Jarak yang mana dalam bahasa latinnya Ricinus communis adalah tumbuhan liar setahun (annual) dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu yang memiliki daun tunggal menjari antara 7 – 9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan ini merupakan jenis atau spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus dan Subtribe Rincininae. Secara umum atau dalam bahasa Indonesia jenis tumbuhan ini dikenal sebagai daun Jarak. Lantas bagaimana di daerah lainnya? Apakah ada istilah khusus atau berbeda? Yuk lanjutkan bacanya…hehehe

Adapun sebutan untuk pohon jarak di Indonesia berbeda-beda di setiap daerah. Di Jawa Barat disebut ‘Kaliki’. Di Sumatera, jarak dikenal dengan nama Dulang ada juga yang menyebutnya dengan Gloah. Di Madura, jarak disebut dengan Kalĕkĕ. Jarak memiliki batang berbentuk bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Warna tumbuhan hijau bersemburat merah, sedangkan daunnya tumbuh berseling berbentuk bulat dan ujungnya sedikit runcing. Biasanya daun jarak berwarna hijau tua pada permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah. Buahnya berbentuk bulat dan berkumpul pada tandan, namun ada juga yang bentuknya sedikit lonjong – yang dapat ditemukan pada tumbuhan jarak di daerah Bali.

Ciri-ciri dari tumbuhan daun jarak yaitu :

  • Habitus : Semak, menahun, tinggi 1½-5 m
  • Batang : Berkayu, bulat, bercabang, bergetah, putih kotor
  • Daun : Tunggal, tersebar, bekas daun tampak jelas, bulat telur, bertoreh, pertulangan menjari, panjang 5-15 cm, lebar 6-16 cm, hijau
  • Bunga : Mejemuk, bentuk malai, di ujung batang dan di ketiak daun, kelopak terdiri dari lima daun kelopak, bulat telur, panjang ± 4   mm, benang sari mengelompok pada pangkal, kuning, tangkai putik tiga, pendek, hijau, kepala putih melengkung keluar, kuning daun mahkota lima, ungu.
  • Buah : Kotak, panjang 2-3 cm, hijau
  • Biji : Bulat telur, coklat kehitaman
  • Akar : Tunggang, putih kotor
  • Jenis daun jarak

Jarak  Pagar berbeda dengan Jarak kaliki atau Jarak kepyar atau Jarak kosta (Ricinus communis), yang mempunyai ciri seperti tanaman singkong racun, buahnya berbulu seperti rambutan. Jarak kepyar juga menghasilkan minyak dan digunakan sebagai bahan baku atau bahan tambahan industri cat vernis, plastik, farmasi, dan kosmetika, sehingga sudah lama dibudidayakan secara komersial di Indonesia. Akan tetapi, minyak jarak kepyar tidak cocok digunakan sebagai bahan bakar biofuel karena terlalu kental, jadi hanya bisa digunakan sebagai pelumas.

Jarak kaliki (Ricinus communis), merupakan tanaman tahunan berumur pendek ( bianual), berbuah setahun sekali ( terminal ), sedangkan jarak pagar (Jatropha curcas L) mampu berbuah terus menerus apabila Agroklimatnya mendukung.

www.pexels.com

Mengenal Tanaman Jarak Dalam Pengobatan Alternatif

  1. Kandungan
  • triakontranol, alfa-amirin, kaempesterol, beta-sitosterol, 7-keto-betasitosterol, stigmasterol, stigmas-5-en-3-beta-7-alfadiol, viteksin, isoviteksin, dan asam sianida (HCN).
  • Daun mengandung saponin, flavonoida, tannin dan senyawa polifenol.
  • Batang mengandung sponin, flavonoida, tannin dan senyawa –senyawa polifenol.
  • Getahnya mengandung tannin 11–18 %.
  • Bijinya mengandung berbagai senyawa alkaloida, saponin, dan sejenis
  • protein beracun yang disebut kursin. Biji mengandung 35–45 % minyak lemak, yang terdiri dari berbagai trigliserida asam palmitat, stearat, dan kurkanolat. Biji jarak selain mempunyai kandungan minyak, juga mengandung protein dan senyawa lain,
  1. Khasiat

Dalam kesehatan daun jarak dapat digunakan sebagai obat dan kosmetik. dalam pemakaian sebagai obat daun jarak berkhasiat sebagai antipiretik (penurun panas), anthelmintik (obat cacing), obat sakit perut, obat luka, menjaga stamina tubuh, untuk menyembuhkan batuk dan sesak nafas, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan orang dewasa, obat korengan, merupakan sumber pupuk organic dan pakan ternak setelah mengalami proses Detoksifikasi. ( penghilangan racun ).

  1. Penggunaan
  • Daun digunakan untuk mengobati bengkak karena terpukul, terkilir, patah tulang, luka berdarah, gatal-gatal, eksim, jamur di sela-sela jari kaki. Selain juga dipergunakan untuk mencegah masuk angin bagi bayi, mengobati penyakit lepra, kencing nanah, rematik, obat cacing, dan juga untuk menyuburkan rambut. Buah dan biji digunakan untuk mengobati borok kronis, rematik, dan untuk menghilangkan ketombe.
  • Getah untuk mengobati borok, kudis, eksim, sembelit dan sakit gigi.
  • Efek samping

Hipertensi ( darah tinggi ), terutama pada penggunaan injeksi atau infus, hal ini telah dibuktikan dengan percobaan pada mencit pada saat dianestesi. Dan kemudian pada waktu + 10 menit darah menjadi turun drastis sehingga menyababkan efek hipotensi.

  1. Bagian Tumbuhan yang Dipergunakan
  • Daun
  • Buah
  • Biji (diambil minyaknya yang disebut minyak kurkas)
  • Getah

Adapun resep penggunaan tanaman jarak ( ricinus communis ) secara tradisional sebagai berikut:

  • Pada getah, penggunaannya langsung saja memetik daunnya sehingga dari daun mengeluarkan getah dan getah tersenut langsung dioleskan pada bagian yang luka.
  • Daun
  • Pemakaian luar

Direbus, airnya untuk cuci atau dilumatkan, tempel.

  • Bengkak

Daun dikukus matang, dibungkus ditempat yang saki

  • Hernia

Daun dan sedikit garam dilumatkan, tempelkan dititik tengah telapak kaki.

  • Koreng

Daun segar direndam air panas sampai lemas, tempelkan ke tempat sakit.

  • Pada daun, dapat digunakan sebagai penurun panas ( anti piretik ), mengobati obat kembung, laksativ ( pencahar ).
  • Untuk penurun panas, ambil 5-6 helai daun jarak kemudian cuci daun, setelah itu remas daun jarak lalu borehkan di pusar bagian perut dan diamkan, maka panas akan turun. Untuk mengobati obat kembung, cara penggunaannya sama dengan penggunaan pada daun. Untuk pencahar, ambil 3-4 daun jarak lalu dimakan, atau dijadikan sebagai lalapan.
  • Khasiat lain tanaman jarak ( ricinus communis ) / penemuan baru tanaman terhadap penyakit berkhasiat mengobati : Sulit Buang Air Besar, kanker mulut rahim dan kulit, sulit melahirkan dan retensi placenta/ari-ari, reumatik, tetanus, epilepsy, bronchitis anak, TBC Kelenjar, Schizophrenia.
  • Pada bijinya bisa menyembuhkan
  • Koreng dengan menggunakan 20 biji dan dibuang kulitnya, dilumatkan menjadi berbentuk bubur, ditambah sedikit garam, aduk rata. Tempel di tempat sakit sehari 2x.
  • Selain itu, bijinya juga bisa untuk Prolapsus uterus dan rectum, dengan cara melumatkan biji jarak, tempelkan pada titik Pai hui yang terletak di kepala.
  • Kesulitan melahirkan dan retensi placenta, Lumatkan biji jarak, tempelkan ketitik akupunktur Yungchuan (VIII/1 = K-1) yang terletak di tengah-tengah telapak kaki. Kelumpuhan otot wajah, Lumatkan biji jarak, tempelkan pada sendi mandibular dan lengkungan mulut, 1 x hari, selama 10 hari.
  • Kanker cervix, Salep/cream berisi 3-50/o ricin & 3% dimethyl sulfoxide, dioleskan pada kanker cervix 1 x / hari, 5 – 6x / minggu untuk 1 – 2 bulan. Dilakukan bersama-sama dengan penyinaran extracorporal. Efek sampingnya adalah nyeri perut, gatal pada liang kemaluan, gatal seluruh tubuh, eczema, biduran, serak, pembengkakan larynx, gatal pada tenggorokan, pengelupasan kulit telapak tangan dan kaki, menggigil, demam, yang hilang dengan obat-obat symptomatik.
  • Minyak

Constipasi Anak-anak 4 ml dan Dewasa 5 – 20 ml, minum pagi hari sewaktu perut kosong. Wanita hamil dan sedang haid dilarang minum (menyebabkan kongesti ringan pada  organ panggul).

  • Akar:
  • Pemakaian luar Dilumatkan, tempel.
  • Rheumatik persendian, epilepsi (Ayan) : 15 – 30 gr akar direbus, minum.
  • Pegal-pegal, luka terpukul : 9 – 12 gr akar kering, rebus.

www.pexels.com

Daun Jarak Untuk Bayi

Manfaat Daun jarak bagi bayi ada beberapa macam. Adapun khasiat dan manfaat daun jarak untuk bayi adalah sebagai berikut.

  1. Mengatasi Susah BAB

Manfaat daun jarak memang sudah banyak digunakan orang sebagai tanaman herbal. Oleh karena itu, tanaman yang dikenal sebagai apotik hidup ini banyak yang mencarinya karena dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit. Tanaman ini memiliki banyak manfaat dari buah, biji hingga daunnya

Menurut para ahli saat ini minyak jarak dapat menjadi bahan bakar untuk mengurangi penggunaan bahan tambang yang saat ini sudah sangat langka. Ini merupakan angin segar karena dapat mengurangi kegiatan atau aktivitas pengerukan lahan untuk di ambil hasil dari alam seperti minyak bumi. Yang kita tahu, untuk mendapatkan hasil tambang yang melimpah memakan waktu ratusan bahkan jutaan tahun lamanya.

Selain dikembangkang menjadi bahan bakar, daun jarak banyak digunakan untuk pengobatan herbal, sekarang yang akan kita bahas adalah manfaat dari daun jarak untuk mengatasi susah BAB pada bayi.

Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Panaskan daun jarak diatas kompor
  • Oleskan minyak telon ke daun yang sudah dipanaskan tadi
  • Letakkan daun di perut anak dan bungkus dengan gurita atau kasa gulung.
  • Efek di setiap anak/orang berbeda-beda. Ada yang langsung bereaksi juga ada yang tidak, namun cara ini dianggap ampuh karena saudara selalu menggunakan ini untuk adik yang susah BAB.
  1. Mengobati perut kembung

Manfaat daun jarak pagar yang telah terkenal sejak dahulu adalah untuk menyembuhkan perut kembung. Caranya pun sangat mudah yaiut dengan memanggang beberapa lembar daun jarak di atas api agar sedikit layu. Oleskan sedikit minyak kelapa lalu tempelkan pada perut bayi.

  1. Mengatasi Keputihan pada Lidah

Sisa-sisa ASI yang menempel pada lidah bayi akan merubah warna lidah bayi menjadi putih pucat. Segera atasi dengan meneterkan getah daun jarak yang maish muda pada lidah bayi. Efeknya akan dirasakan ketika keputihan akan keluar ersam aliur bayi.

  1. Menyembuhkan Masuk Angin

Masik angin pada bayi memang membuat orang tua khawatir. Segeralah untuk mengingat manfaat daari daun jarak pagar. Caranya tempatkan beberapa lembar daun jarak diatas api. Tambahkan minyak kayu putih lalu tempelkan pada area perut, dada, dan punggung bayi.

  1. Menurunkan Demam

Pengobatan demam panas pada anak dengan daun jarak sebagai pengobatan yang ajaib. Betapa tidak, daun jarak tersebut ternyata dapat menyerap panas pada tubuh anak. Sesaat setelah ditempelkan pada tubuh anak, daun jarak tersebut akan berubah warna jadi layu. Tak lama kemudian demam panas anak akan berkurang. Berikut beberapa cara dan langkah-langkahnya:

  • Jumlah yang dipetik selalu 7 (tujuh) lembar.
  • Daun jarak itu kemudian dicuci.
  • Setelah itu direndam dalam air bersih (air minum) secukupnya.
  • Sebelum daun jarak itu digosokan, lebih tepatnya, disentuhkan dengan lembut pada seluruh tubuh anak, terlebih dahulu air rendaman daun jarak tadi diminumkan agak 3 sendok pada anak.
  • Barulah setelah itu daun jarak tersebut disentuhkan dengan pelan secara satu arah, dimulai dari bagian atas ke bawah tubuh. pertama-tama dengan membaca basmalah dan salawat nabi (bagi yang muslim).
  • Demikian diulang-ulang disentuhkan secara satu arah. Tujuh lembar daun jarak tersebut dapat dipakai selama 1-2 dua hari atau dibuang jika sudah layu semua.
  1. Mengobati Bekas Luka

Bekas luka atau koreng yang belum kering cenderung akan memberikan sensasi perih disertai gatal. Daun jarak pagar hadir sebagai salah satu solusi penanganan yang tepat. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun jarak kemudian menempelkannya pada koreng atau bekas luka.

  1. Melancarkan Proses Melahirkan

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, khasiat daun jarak untuk memperlancar proses melahirkan perlu Anda buktikan sediri. Manfaat ini merupakan manfaat turun temurun dan dari mulut ke mulut.

  1. Menyembukan Kelumpukan Otot Wajah

Jangan sampai wajah Anda yang cantik menawan berkurang karena otot wajah yang mengendur. Rutinlah menempelkan daun jarak pada wajah Anda untuk mencegah kelumpuhan otot wajah. Namun pastikan daun yang ada gunakan sudah terbebas dari kuman dan bakteri.

  1. Mengatasi Kanker Serviks

Salah satu penyembuhan kanker serviks yang bisa anda lakukan adalah dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun jarak pagar. Daun ini dimethyl sulfoxide yang mampu secara efektif menjaga kesehatan daerah kewanitaan anda.

  1. Memperbesar Alat Vital

Untuk kaum pria yang tidak percaya diri karena tidak memiliki ukuran alat vital yang diinginkan, anda tidak perlu khawatir. Hanya dengan rutin menggosokan daun jarak pagar pada alat vital, maka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan alat vital yang lebih besar dari sebelumnya.

  1. Mengobati Radang Telinga

Radang telinga tidak boleh dibiarakan karena akan berakibat kan lebih buruk dari waktu ke waktu. Meneterkan enam tetes getah daun jarak pagar dilakukan sebagai salah satu alternatif penyembuhan. Lakukang langkah ini sampai perandangan pada telinga anda sembuh sempurna.

  1. Menyembukan Sakit Gigi

Sakit gigi pada area gigi yang berlubang kini dengan mudah dapat diatasi. Cukup dengan meneteskan getah daun jarak pagar pada gigi berlobang yang sakit, makan zat antimikrobanya akan bekerja efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi Anda.

  1. Mengobati Sariawan

Sariawan akan membuat nafsu makan menurun. Selain itu. penyakit ini juga bisa membuat bau pada mulut yang diakibatkan karena aktifitas bakteri. Atas dengan getah daun jarak pagar pada area sariawan. Lakukan langkah ini tiga kali sehari sampai sariawan sembuh.

www.pexels.com

Efek Negatif dari Daun Jarak

Sebagaimana yang kita mafhumi bersama bahwa kandungan zat pada daun jarak terdapat efek negatifnya. Tanaman jarak merupakan jenis pohon yang berbuah tiap tahun dengan batang beronngga dan berbuku-buku. Daun jarak tidak berukuran besar, relatif sedang warna hijau kekuningan namun ada jenisnya yang berwarna merah. Tanaman jarak, juga disebut jarak pagar karena suka ditanam di pekarangan yang tingginya menyerupai tinggi pagar rumah. Seperti khasiat berbagai tanaman herbal lain yang memberikan penyembuhan terhadap berbagai penyakit seperti pada manfaat daun salam atau pun manfaat daun binahong daun jarak juga memberikan fungsinya yang baik untuk persoalan berbagai penyakit.Tanaman jarak memiliki kandungan senyawa penting seperti quercetin, kaempferol, astragalin, nicotiflorin dan lain sebagainya yang menyimpan fungsi baik bagi pengobatan penyakit.

Selain itu juga patut diperhatikan dalam menggunakan daun jarak ini juga berpotensi keracunan. pemakaian Jarak adalah sakit kepala, muntah berak, panas, leukositosis, gambaran darah putih bergeser kekiri, produksi kencing terhenti, keringat dingin, kejang-kejang, prostration, meninggal. Kematian dapat terjadi dengan menelan 20 biji jarak pada orang dewasa dan 2 – 7 biji pada anak-anak. Menghilangkan racunnya dilakukan dengan cara memanaskan 100′ C atau lebih selama 20 menit atau direbus selama 2 jam. Tetapi khasiat anti kanker hilang dengan pemanasan.

Seluruh bagian tumbuhan jarak pagar sangat beracun, sebab itu hanya digunakan untuk pemakaian luar. Cairan getahnya mengandung senyawa beracun, yang dapat menimbulkan diare hebat. Gejala keracunan berupa rasa mual, muntah, sakit perut, sesak nafas, pusing, keringat dingin, dan akhirnya meninggal. Pertolongan dilakukan dengan mengusahakan muntah atau dengan memberikan pencahar. Setelah itu biasanya diberikan madu, gula aren, atau air garam.

Efek samping utama tanaman jarak ini ada pada minyaknya terhadap kategori reaksi kulit dan gangguan pencernaan. Minyak jarak dipecah oleh usus kecil yang menjadi asam risinoleat dan bertindak sebagai iritan ke lapisan usus Anda. Efek ini adalah apa yang memberi kemampuan minyak jarak untuk sembelit-tetapi juga alasan ketidaknyamanan pencernaan, diare, dan efek samping gastrointestinal lainnya.

Jika menderita kram, iritasi usus, maag, diverticulitis, wasir, radang usus, prolapses, atau baru saja menjalani operasi, kemungkinan harus menghindari minyak jarak karena efek samping ini. Meskipun minyak jarak telah digunakan secara tradisional untuk membantu merangsang persalinan pada wanita hamil yang sehat, namun ditemukan rasa mual dialami oleh wanita-wanita.

Sekali lagi ditekankan bahwa manfaat kesehatan dari tanaman jarak tidak lebih dari pengamatan ilmiah dan efek sampingnya telah dilaporkan. Seperti sesuatu yang baru, gunakan dengan hati-hati untuk meminimalkan reaksi tak terduga. Sehingga manfaat dari daun jarak ini bisa kita dapatkan sebagaimana mestinya.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *