Ciri-Ciri Ikan Toman, Ikan Ganas Yang Dikonsumsi

 

Kalau anda mendengar ikan Piranha pasti anda sudah tahu keganasannya, tapi kalau ikan toman apakah anda tahu? Berbeda dengan ikan Piranha yang hanya bisa ditemukan di Sungai Amazon, ikan toman bisa anda temukan di berbagai perairan Indonesia karena ikan ini tersebar cukup merata di berbagai daerah. Hanya saja orang-orang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ikan toman merupakan ikan yang cukup ganas karena kebanyakan mereka mengetahui ikan toman sebagai salah satu ikan yang dikonsumsi dan juga sebagai ikan yang dipelihara. Untuk mengenal ikan toman, pertama-tama anda harus mengetahui ciri-ciri ikan ini.

Ciri-Ciri Ikan Toman

Ukuran tubuh ikan yang memiliki nama latin Channa micropeltes ini cukup besar, panjangnya saja bisa mencapai 1 meter. Bila dilihat sekilas, anda akan mengira ikan toman merupakan ikan gabus karena tubuhnya mirip. Hanya saja di atas punggung ikan toman terdapat sirip yang bisa ditegakkan dan juga dibentangkan hingga ke bagian pangkal ekor. Sirip utama ikan toman ukurannya tidak terlalu besar, letaknya sendiri berada di belakang insangnya. Pada area di bawah perut anda juga bisa menemukan sepasang sirip kecil, dan di belakang sirip tersebut ada sirip lainnya yang ukurannya sedang dan dapat terbentang hingga ke area pangkal ekor. Walaupun badannya sekilas mirip dengan ikan gabus, namun ekor ikan toman mirip dengan ikan cupang.

Setelah mengetahui bagian tengah dan bawah tubuh, saatnya beralih ke bagian atas tubuhnya yaitu bagian kepala. Dari segi bentuk, kepalanya terlihat lebih lebar dan memiliki mata yang besar. Mulutnya cukup lebar dan dilengkapi dengan deretan gigi-gigi yang kecil dan juga tajam. Seluruh tubuhnya ditutupi oleh sisik kecil, sisik ini bisa anda lihat dengan lebih jelas ketika terkena sinar matahari. Warna tubuhnya bermacam-macam, mulai dari hitam, hijau, coklat hingga putih, karenanya banyak penghobi ikan yang tertarik untuk memeliharanya daripada memakannya. Ikan toman memang memiliki tubuh yang cantik, hanya saja ikan toman adalah ikan yang cukup agresif dan tidak segan untuk menyerang jenis ikan lainnya yang lebih besar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *