Cara Mudah Screenshot Laptop

 

Screenshot atau biasa disebut dengan tangkap layar merupakan cara yang biasa digunakan untuk menyimpan gambar dilayar, dan untuk anda yang masih awam tentunya mengambil gambar di laptop atau PC akan sedikit sulit. Untuk anda yang menggunakan Win 7, 8, 8.1, maupun 10, anda bisa menggunakan beberapa cara untuk screenshot laptop.

Agar anda tak bingung, berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar menggunakan shortcut keyboard anda.

Mengambil Screenshot Di Layar Komputer

  1. Logo windows ditambah PrtScr

Untuk pengguna win 8 hingga 10, anda bisa menggunakan shortcut tombol ini untuk melakukan screenshot. Anda hanya perlu menekan tombol windows yang biasa anda gunakan untuk membuka windows, ditambah dengan tombol printscreen atau tertulis PrtScr dan sebagainya. Ketika anda menekan kedua tombol ini, maka layar anda akan berkedip sebentar yang menandakan bahwa komputer berhasil menangkap layar atau screenshot. Kemudian hasil sreecshot tersebut akan berada di folder pribadi Picture, bukalah Local disk C kemudian klik User dan bukan Picture Screenshot.

  1. Print screen

Untuk anda pengguna win 7 hingga win 10, anda bisa menekan tombol print screen saja untuk melakukan screenshot. Hanya saja, anda perlu mempaste hasil screenshot tersebut sehingga bisa tersimpan di laptop maupun komputer anda. Pasalnya print screen hanya memungkinkan file tersimpan di RAM, tidak tersimpan dalam folder layaknya langkah pertama.

  1. Alt + Print Screen

Cara ini memang hampir sama dengan cara yang kedua, dimana anda perlu menyimpan manual screenshot yang anda ambil. Perbedaannya hanya di hasil screenshot, dimana bila anda menggunakan langkah ini maka screenshot yang didapat hanyalah di layar aktif saja. Untuk taskbar serta lainnya tak ikut terambil, sehingga sangat cocok untuk anda gunakan.

  1. Snipping tool

Ini merupakan aplikasi bawaan untuk pengguna Win 10, dimana aplikasi ini dapat digunakan untuk screenshot dan bisa diatur anotasinya. Tentunya dengan kemungkinan ini, anda bisa mengatur layar mana yang ingin anda tangkap dan mana yang tak ingin anda tangkap.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *