Cara Menghargai Keanekaragaman Budaya Daerah di Indonesia

Indonesia adalah Negara yang punya begitu banyak kebudayaan daerah dan menjadi kewajiban untuk kita semua agar dapat selalu menghargai serta menghormati setiap budaya yang ada di masing-masing daerah di Indonesia. Keanekaragaman budaya yang dipunyai oleh Indonesia adalah bagian dari kekayaan bangsa. Antara kebudayaan daerah yang satu dengan yang lainnya membuat Indonesia menjadi Negara yang lebih penuh warna serta keindahan untuk dapat dirasakan bersama-sama.

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah sebuah Negara yang sangat luas dan jumlah penduduknya begitu banyak terpencar di banyak daerah. Setiap daerah punya kebudayaan daerah masing-masing yang berbeda. Seperti perbedaan dalam hal cara berbicara, cara berpakaian, adat istiadat dan lain sebagainya.

Keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia jangan sampai dijadikan sebagai sebuah perbedaan. Justru sebaliknya, kita sebagai bangsa Indonesia harusnya berbangga dengan begitu banyak budaya daerah yang Negara kita miliki ini. Menjadi keharusan untuk kita semua agar dapat melastirakan kebudayaan daerah sendiri dan menghargai secara penuh budaya dari daerah lain yang ada di Indonesia.

Wujud Kebudayaan Daerah

Kebudayaan daerah yang ada di Indonesia tercermin pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Masing-masing daerah yang ada di Indonesia punya ciri khas kebudayaan tersendiri. Jika dilihat dari jenisnya, wujud kebudayaan bisa berupa upacara adat, kemudian tarian daerah, alat musik khas daerah ataupun lagu khas daerah.

Seperti yang kita tahu, Indonesia punya begitu banyak macam upacara adat, tarian daerah maupun musik dan lagu daerah. Semua itu adalah wujud kebudayaan yang dimiliki oleh daerah-daerah di Indonesia. Wujud dari budaya-budaya daerah tersebut kerap kali kita jumpai dalam berbagai momen acara di daerah. Seperti contohnya ketika ada acara pentas seni, menampilkan kesenian tarian daerah sebagai salah satu cara untuk melestarikan budaya sendiri.

Cara Menghargai dan Menghormati

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghargai dan menghormati keanekaragaman budaya daerah yang dimiliki oleh Indonesia. Hal ini ditentukan dengan seperti apa kita bersikap. Berikut ini sikap-sikap yang mencerminkan masyarakat Indonesia menghargai serta menghormati setiap budaya daerah yang dimiliki oleh Indonesia.

  1. Bangga dangan begitu banyaknya kebudayaan daerah di Indonesia
  2. Melestarikan nilai-nilai budaya yang sudah ada
  3. Tidak membanding-bandingkan antara budaya daerah yang satu dengan daerah lainnya
  4. Tidak merendahkan budaya daerah lain dan tidak menganggap budaya daerahnya sendiri lebih baik ketimbang daerah lain
  5. Selalu menjunjung sikap toleransi
  6. Mencintai budaya nasional yang Indonesia miliki ketimbang budaya luar yang semakin kesini semakin banyak berdatangan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *