Cara Kembalikan Chat WhatsApp Terhapus Sebelum di Backup

WA atau WhastApp sering digunakan oleh masyarakat karena kemudahannya sehingga pengguna nyaman menggunakan aplikasi yang satu ini. Saat menggunakan WA atau WhatsApp sering terjadi kesalahan yang menyebabkan chat WA terhapus.

Terkadang situasi semacam ini membuat anda panik dan stres terlebih jika chat tersebut bersifat penting. Untuk menghindari kejadian semacam ini sebaiknya lakukan backup terlebih dulu. Kenapa membackup WhastApp itu penting? Hal ini karena jika chat WA atau WhastApp terhapus maka jika ada backupnya akan dapat dikembalikan lagi.

Baiklah, mari simak ulasan selengkapnya karena kali ini Charis akan menyajikan informasi terkait dengan bagaimana cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di backup.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai jalan keluar atas permasalahan semacam ini. Berikut sajian selengkapnya:

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus Dari  Google Drive

Inilah langkah-langkahnya:

  1. Buka WA lalu klik agree and continue
  2. Masukkan nomor HP anda
  3. Masukkan nomor verifikasi yang dikirim ke nomor yang anda gunakan
  4. Klik next, lanjutkan klik Ok, klik continue
  5. Pilih restore, inilah saat chat anda yang teah terhapus akan dikembalikan lewat Google Drive
  6. Masukkan nama, klik next
  7. Selesai, anda dapat kembali memakai WA di HP anda

Mengembalikan Chat WA Melalui Backup Lokal

Cara untuk mengembalikan chat WA bisa juga dilakukan melalui backup lokal. Jadi, selain dengan menggunakan cara melalu Google Drive cara ini juga bisa dicoba. Jika anda ingin menggunakan cara ini maka anda perlu terlebih dulu mentrabsfer seluruh file melalui komputer, file explorer atau kartu sd.

File-file backup lokas yang terdapat di HP anda akan terbackup selama 7 hari. Kemudian Google Drive akan menyimpan backupan yang paling baru. Khusus bagi anda yang ingin mengembalikan chat WA yang telah terhapus lama maka berikut langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi file manager
  2. Instal hingga sukses
  3. Buka sd card lalu WhatsApp / datasabe

Jika tidak tersimpan di kartu sd maka anda dapat menemukan di penyimpanan utama atau penyimpanan internal

  1. Kemudian ganti nama file backup atau cadangan yang ingin anda pulihkan melalui msgtore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgtore.db.crypt12. Dengan cara ini, maka bisa jadi cadangan pesan lebih lama dapat tersimpan di protol yang lama seperti contoh crypt9 atau crypt 10. Sementara itu, pastikan jangan sampai melakukan perubahan pada nomor ekstensi crypt.
  2. Hapus kemudian download ulang akun WhatsApp
  3. Klik restore ketika diminta

Langkah-Langkah Melakukan Backup Chat WA ke Google Drive

Banyak sekali fungsi dan manfaat Google Drive ini dan sudah banyak yang memanfaatkannya untuk beragam kebutuhan di situs internet. Salah satu fungsi baiknya adalah jika kini telah bekerjasama dengan WhatsApp sehingga bisa digunakan di aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Salah satu manfaatnya itu adalah untuk membackup data termasuk chat WA yang fiturnya secara langsung ada didalam aplikasi WhatsApp  tersebut. Inilah langkah-langkah untuk melakukan backup chat WA ke Google Drive:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik ikon yang ada di kanan atas layar atau titik tiga vertikal
  3. Pilih setting atau pengaturan
  4. Klik chat
  5. Klik chat backup
  6. Pilih backup to Google Drive yang berfungsi memilih beberapa pilihan waktu backup yaitu harian, mingguan atau bulanan
  7. Pilih Google Account yang fungsinya adalah untuk wadah backup chat
  8. Pilih allow
  9. Pilih include videos jika anda juga ingin membackup video
  10. Klik backup
  11. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai

Setelah seluruh pesan ataupun file akan terbackup, jika chat WA terhapus maka akan ada backupnya. Demikian informasi tentang cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di backup dan seputarnya. Bila anda mengalami permasalahan yang serupa, langkah-langkah diatas dapat anda aplikasikan dan anda bisa memilih cara yang dirasa paling mudah.

Setelah anda melakukan backup data maka secara otomatis chatingan anda tidak akan hilang. Oleh sebab itu, ketika menggunakan WhatsApp sangat direkomendasikan untuk selalu membackup data termasuk chat anda ke Google Drive. Sebagai pengguna WhatsApp kita dimudahkan dalam hal ini karena secara otomatis sudah ada aplikasi WhatsApp ini.

Bila sewaktu-waktu karena sesuatu hal anda perlu dan harus berganti smartphone sehingga situasi semacam ini membuat chat anda semuanya hilang maka bisa dikembalikan secara otomatis. Itulah mengapa kegiatan backup ini penting dilakukan. Untuk melakukannya, pilih menu pulihkan lalu backup data di smartphone sebelumnya dapat secara otomatis bisa diakses kembali.

Dalam hal ini perlu diketahui pula bahwa backup juga bisa gagal. Tetapi, bila WhatsApp tidak bisa mendeteksi adanya cadangan, hal ini dimungkinkan karena nada tidak terhubung pada akun Google yang sama. Atau bisa juga karena anda tidak memakai nomor telepon anda yang sama dengan nomor yang anda pakai untuk membuat backup. Karenanya, saat berganti smartphone atau melakukan instal ulang terhadap aplikasi WhatsApp pastikan nomor telepon anda atau akun Googlenya sama agar chat lama khususnya yang penting bagi anda dapat kembali dipulihkan dan bisa diakses lagi.