Macam-Macam Paket Data Dan Cara Beli Paket Smartfren

Sebelum mencari tahu bagaimana cara beli paket Smartfren, bukankah lebih baik bila anda mengetahui beberapa jenis paket data yang ditawarkan oleh Smartfren? Dengan begitu anda bisa membeli paket data yang paling sesuai dengan kebutuhan anda, dan anda juga tidak akan membuang-buang kuota karena anda membeli paket internet dengan jumlah kuota yang terlalu banyak.

Perlu anda ketahui bahwa paket internet yang ditawarkan oleh Smartfren termasuk paket internet yang harganya paling murah, belum lagi kualitas jaringan 4G nya sangat luas dan kuat, bahkan anda tidak perlu setting APN Smartfren. Berikut adalah contoh perbandingan paket Smartfren dengan paket dari provider lainnya:

  • Paket Smartfren Unlimited harganya Rp 9.000, memiliki FUP 1 GB (harga per MB adalah Rp 9). Paket provider lain Unlimited harganya Rp 6.900, memiliki FUP 50 MB (harga per MB adalah Rp 138).
  • Setelah lewat batas FUP (Fair Usage Policy) anda tetap bisa mengakses internet, hanya saja kecepatan internet turun. Kecepatan internet provider lain turun menjadi 16 Kbps (maksimal). Kecepatan internet Smartfren menjadi 128 Kbps (maksimal)

Dari perbandingan sederhana tersebut bisa terlihat dengan jelas kelebihan dari paket internet Smartfren, walaupun kekurangan dari paket ini adalah anda tidak bisa membelinya di e-commerce jadi kalau anda mencari tahu cara beli paket Smartfren, anda hanya bisa membelinya di konter pulsa saja (khusus Paket Super 4G Unlimited). Berbeda dengan paket internet lainnya, paket internet Smartfren berupa kartu perdana baru jadi tidak bisa dibeli secara online maupun otomatis.

pxhere.com

Paket Smartfren

Paket internet Smartfren terbagi menjadi dua, yaitu paket internet untuk smartphone dan untuk MiFi. Paket internet untuk keduanya menawarkan berbagai macam jumlah kuota dengan masa aktif yang berbeda-beda. berikut adalah kelompok paket internet dari Smartfren:

  • Paket Internet Smartfren Bulanan (masa aktif 30 hari)
  • Paket Internet Smartfren Mingguan (masa aktif 7 – 21 hari)
  • Paket Internet Smartfren Harian (masa aktif 1 – 5 Hari)
  • Paket Smartfren Combo : paket Internet dan Nelpon
  • Smartfren Unlimited
  • Paket MiFi Smartfren

Agar anda bisa mengetahui lebih jelas masing-masing paket internet, simak penjelasan berikut ini:

  1. Paket Bulanan Smartfren

Setidaknya ada 26 jenis paket internet bulanan reguler yang ditawarkan oleh Smartfren dengan 8 paket perdana yang masa aktifnya hingga 90 hari. Anda bisa menambah Add On Smartfren bila anda menggunakan paket internet Volume Based atau Smartfren Connex dan SmartPlan bulanan. Yang enak dari paket bulanan ini adalah anda tidak perlu mengaktifkan paket setiap bulan karena selama pulsa anda mencukupi, maka paket akan diperpanjang secara otomatis di hari ke 30 pada pukul 23.00 WIB. Apabila anda membeli paket dengan kuota tengah malam, kuota tengah malam hanya bisa digunakan mulai pukul 01.00 – 04.59 WIB. Apabila anda tertarik untuk menggunakan paket jenis ini, cara beli paket Smartfren dengan menggunakan aplikasi MySmartfren, dengan pulsa atau dengan kode dial. Untuk paket bulanan yang unlimited, harganya mulai dari Rp 99.000 (bila beli bundling bersama dengan Andromax) hingga Rp 150.000 (harga normal).

pxhere.com

  1. Paket Smartfren Mingguan

Dalam paket mingguan terdapat 14 jenis paket yang mana masa aktifnya mulai 7 – 21 hari. Untuk kuota tengah malam pada paket mingguan, ketentuannya sama dengan paket bulanan yang mana kuota tengah malam dimulai pukul 01.00 – 04.59 WIB.

  1. Paket Harian Smartfren

Jenis paket harian lebih sedikit dibandingkan paket bulanan dan paket mingguan, yaitu totalnya hanya ada 11 jenis paket. Kalau anda membeli Add On Smartfren untuk kuota harian, anda hanya bisa membelinya ketika anda membeli paket unlimited Smartfren.

Cara Daftar Paket Data Smartfren

Kalau anda sudah menentukan paket mana yang ingin anda beli, langkah selanjutnya adalah tinggal melakukan pendaftaran atau membeli paket tersebut. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa anda gunakan bila ingin mengaktifkan paket internet Smartfren.

  1. Kartu Perdana

Beberapa jenis paket internet Smartfren dijual dalam bentuk kartu perdana. Kalau anda ingin mengaktifkannya maka anda harus melakukan registrasi nomor dan harus mematikan registrasi tersebut bila sudah tidak menggunakan kartu perdana tersebut (misal karena kuota habis). Anda bisa membelinya di konter-konter pulsa terdekat.

pxhere.com

  1. Isi Ulang Pulsa

Ada jenis paket internet Smartfren yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kuota internet setelah melakukan isi ulang pulsa. Metode ini hanya berlaku untuk anda yang berlangganan Paket Puas Smartfren, Connex EVO dan juga paket Smartfren dengan fitur berlangganan otomatis.

  1. Kode Dial

Caranya cukup dengan menekan kode dial *123# atau *999#, nantinya anda akan masuk ke dalam menu. Ikuti saja langkah-langkahnya dan anda bisa memilih paket internet yang anda inginkan.

  1. SMS

Cara ini tidak banyak dilakukan oleh orang-orang, namun kalau anda ingin mencobanya tidak masalah. Kalau anda ingin menggunakan cara ini, anda harus tahu kode khusus untuk paket internet yang ingin anda beli karena setiap paket memiliki kode yang berbeda-beda. Misalnya saja anda ingin membeli paket Connex EVO 30 MB, maka format sms nya ke 123 adalah “Connex(spasi)EVO.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *