Burung Pelatuk

 

Deskripsi

Burung yang satu ini memang banyak diburu oleh para pecinta burung. Selain suaranya yang merdu, apa saja sih, keunikan burung pelatuk? Mari  kita simak informasi dibawah ini.

 

Artikel

Indonesia terkenal memiliki keragaman hayati. Mulai dari mamalia, biota laut, tanaman langka, hingga berbagai jenis burung. Salah satu jenis burung yang paling terkenal di Indonesia adalah burung Pelatuk.  Burung yang memiliki nama ilmiah Picus ini dapat ditemui diberbagai belahan dunia.

 

Satwa yang termasuk juga biasa dipanggil ordo Piciformes ini memiliki kebiasaan unik, yakni mematuk batang pohon untuk dijadikan tempat tinggal dan mencari pasangan. Itulah mengapa burung ini dinamakan sebagai burung pelatuk. Dengan paruhnya, burung pelatuk mampu membuat lubang yang besar sebagai sarangnya sebesar 15-45 cm dibawah permukaan yang terbuka.

 

Sarang-sarang itu mampu menyimpan telur yang dikeluarkan betinanya. Sarang tersebut juga nantinya dapat digunakan kembali oleh satwa lain ketika sudah tidak digunakan lagi seperti burung hantu, tupai pohon, dan lain-lain. Makanan burung pelatuk di habitat aslinya adalah serangga. Kegiatan mematuk pohon menjadi salah satu cara bagi si Pelatuk untuk mendapatkan makanannya selain untuk membuat sarang.

 

\

 

Kelebihan Burung Pelatuk

Selain memiliki hobi unik, burung Pelatuk ternyata  memiliki beberapa kelebihan lain, yang dipengaruhi oleh bentuk fisiknya yakni :

 

  1. Memiliki pelatuk yang keras

Hal ini tentu sudah tidak mengerankan lagi bagi kita semua. Aktivitas mematuk batang pohon menunjukan bahwa si Pelatuk ini meiliki paruh yang runcing dan kuat. Burung pelatuk juga memiliki lidah yang panjang dan lengket yang memudahkannya menangkap serangga sebagai makanan.

 

  1. Memiliki Cakar yang kuat

Anda mungkin sering melihat burung pelatuk dapat bertengger pada dahan pohon yang vertikal tanpa terjatuh. Ini disebabkan burung pelatuk memiliki cengkeraman yang kuat sehingga ia mampu benempel pada batang pohon meskipun sambil mematuk.

 

  1. Bulu yang kaku

Agar tetap stabil saat mematuk pohon, burung pelatuk memiliki bulu-bulu yang kaku di tubuhnya. Selain itu, burung ini juga memiliki otot leher yang kuat sehingga mampu mematuk hingga 20 kali dalam satu detik.

 

Wah, ternnyata banyak ya kelebihan yang dimiliki burung pelatuk. Jika anda adalah seorang pecinta burung, tak ada salahnya untuk memasukkan burung ini kedalam daftar pilihan anda. Selamat mencoba.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *