Ciri-ciri dan Fakta Menarik Bunga Raflesia

Salah satu bunga langka yang sangat terkenal di dunia adalah bunga Raflesia. Bunga ini adalah jenis tumbuhan bunga parasit yang biasa di temukan di hutan hujan Indonesia. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold pada tahun 1818. Nama Raflesia di ambil dari nama penemu bunga yang memiliki nama lengkap Thomas Stamford Raffless, pemimpin ekspedisi. Bunga ini ditemukan di Bengkulu pulau Sumatera. Bunga ini tidak bisa dikembangbiakkan, tapi tumbuh liar di alam bebas. Bunga ini tidak memiliki batang, akar dan daun. Termasuk tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma dalam family Vitaceae. Bagian bunga yang terlihat dari luar hanya tumbuhan inangnya yang memiliki lima mahkota. Memiliki beberapa spesies, salah satunya yang pernah ditemukan memiliki diameter lebih dari 100 cm dan memiliki berat lebih dari 10 kg. Bunga ini memiliki bentuk besar yang memiliki bau busuk, maka tidak heran jika bunga ini dikenal juga dengan nama bunga bangkai. Bau bunga ini mampu menarik lalat dan binatang kotor lainnya untuk mendekati dan membawa serbuk bunga jantan ke betina.

pxhere.com

Ciri-ciri Bunga Raflesia

Namun ternyata bunga Raflesia dan bunga bangkai berbeda. Ada yang menyebutkan bahwa bunga bangkai merupakan bunga yang digunakan untuk penyebutan nama Amorphophallus titanium atau yang biasa kita kenal dengan nama suweg raksasa. Bunga Suweg ini masuk ke dalam family Araceae. Bunga ini adalah jenis bunga terbesar yang ada di dunia. Untuk Raflesia memiliki bunga tunggal terbesar namun untuk bunga suweg memiliki ribuan bunga dan tiap individu akan mati jika sudah berbunga. Untuk mengenal lebih jauh Raflesia, berikut ini adalah ciri-ciri raflesia yang harus anda ketahui :

  • Tumbuhan bunga raflesia ornoldi adalah salah satu jenis bunga raflesia yang bisa anda temukan di Indonesia. Tumbuhan satu ini adalah tumbuhan parasit yang tidak memiliki akar, tidak memiliki daun dan tidak berbatang. Hanya memiliki mahkota saja yang sangat lebar.
  • Untuk ukuran bunga ketika mekar mencapai ukuran diameter hingga 1 meter, dan memiliki berat hingga 11 kg.
  • Tumbuhan Raflesia adalah tumbuhan merambat yang memiliki inang, maka dipastikan bahwa tumbuhan ini adalah tumbuhan parasit
  • Bunga ini memiliki satu jaringan yang merambat pada inangnya, sehingga sangat susah untuk dikembangbiakkan atau dibudidaya oleh manusia. Tumbuhan ini akan hidup atau tumbuh sendiri secara liar di alam bebas.
  • Proses penyerbukan bunga dilakukan oleh lalat yang datang karena tertarik dengan bau busuk yang dihasilkan oleh bunga raflesia. Namun tidak semua lalat yang datang melakukan proses penyerbukan.
  • di dalam mulut bunga terdapat alat kelamin bunga bisa berbentuk putih atau benang sari, tergantung dari jenis kalamin jantan atau betina.
  • Jumlah kelopak bunga Raflesia ada lima kelopak yang mengelilingi sebuah lubang besar seperti gentong.
  • Untuk usia bunga ini memilliki usia yang cukup singkat, yaitu 5 hingga 7 har, selanjutnya bunga akan layu dan mati. Kita juga tidak tahu apakah bunga tersebut sudah melakukan penyerbukan atau belum. Namun untuk pertumbuhan bunga ini cukup lama mencapai 6 bulan.
  • Proses penyerbukan bunga ini juga cukup sulit, karena tidak semua bunga memiliki jenis kalamin jantan dan betina, hewan yang biasa melakukan penyerbukan juga tidak semuanya masuk ke dalam bunga.

pxhere.com

Fakta Menarik Raflesia Arnoldi

Bunga Raflesia yang pertama kali ditemukan di Indonesia tepatnya di Sumatera ini memiliki fakta menarik yang harus anda ketahui. Berikut ini adalah fakta menarik Raflesia yang menarik :

  • Memiliki masa mekar yang tidak menentu

Walaupun banyak orang yang beranggapan bahwa Raflesia akan tumbuh selama 6 bulan, banyak juga yang belum bisa memastikan kapan waktu mekar Raflesia dimulai. Ada yang mengatakan bahwa waktu mekar raflesia setelah hujan lebat, juga ada yang mengatakan biasanya mekar di bulan Juli. Maka hanya orang beruntung saja yang mampu melihat bunga ini mekar.

  • Memiliki bunga busuk yang menyengat

Jangan bayangkan bunga ini memiliki bau yang wangi, tetapi bunga ini memiliki wangi busuk yang akan mengundang lalat dan serangga datang. Bau busuk ini adalah salah satu cara bunga bertahan hidup.

pxhere.com

  • Bunga nasional

Walaupun memiliki wangi yang busuk, tetapi bunga ini merupakan bunga nasional Indonesia. Bahkan bunga nasional Indonesia diperingati setiap tanggal 9 januari.

  • Patung Lilin Raflesia Arnoldi

Hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki patung lilin di pajang di tempat umum seperti Royal Botanic Gardens. Namun keunikan dan istimewanya bunga Raflesia membuat bunga satu ini memiliki patung lilin di tempat tersebut.

  • Bunga langka yang terancam punah

Bunga ini sekarang terancam punah di dunia, sulit untuk ditemukan karena pengaruh lingkungan alam yang tidak terkendali.

Dan masih banyak lagi fakta menarik lainnyayang ada pada bunga Raflesia. Selain mengetahui info seputar Raflesia, tidak ada salahnya juga untuk mengenal beragam jenis bunga lainnya yang ada di Indonesia. Datang saja ke alamat ini https://jualbibitbunga.co.id, dapatkan info menarik seputar bunga.

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *