Budidaya Pohon Kopi Menguntungkan

 

Semua orang di Indonesia pasti tidak asing dengan kopi. Kopi yang sering kita konsumsi ini dijadikan sebagai salah satu minuman yang memberikan rasa yang nikmat. Minuman kopi ini sangat cocok untuk Anda konsumsi baik di pagi hari maupun di malam hari. Anda hanya perlu untuk menambahkan gula maupun krimmer untuk memberikan rasa kopi yang manis.

Peluang Bisnis Kopi

Seiring dengan berjalannya waktu, permintaan pasar akan biji kopi memang terus meningkat. Hal ini dikarenakan di era modern seperti saat ini, kopi dijadikan sebagai beberapa olahan yang laris di pasaran. Baik dijadikan permen, dijadikan minuman, dijadikan perasa dalam beberapa makanan, dan yang lainnya. Inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menanam pohon kopi.

Ada 2 jenis kopi yang biasanya dikenal oleh masyarakat baik kopi Arabika dan kopi Robusta. Kedua jenis biji kopi ini memiliki peminatnya masing-masing. Jika kopi Arabika akan memberikan rasa yang lebih asam, sedangkan kopi dengan jenis Robusta ini memberikan rasa yang lebih pahit.

Menanam Pohon Kopi yang Baik dan Benar

Sebelum Anda memutuskan untuk memanfaatkan hal ini untuk dijadikan sebuah peluang usaha yang menguntungkan, maka lebih baik jika Anda memahami untuk menanam pohon kopi yang baik dan benar berikut ini:

  • Lakukan persiapan lahan yang cocok untuk ditanami kopi. Usahakan untuk menanam kopi di ketinggian minimal 60 mdpl. Selain itu, pilihlah sebuah lokasi yang agak teduh dan tidak terpapar sinar matahari selama 6 jam secara langsung. Memiliki unsur hara yang cukup dengan tanah yang gembur.
  • Kemudian, Anda bisa melakukan penanaman tanaman kopi ini. Usahakan untuk menanamnya dengan varietas yang baik. Anda bisa menggunakan varietas tanaman yang bisa dijadikan sebagai peneduh yaitu lamtoro maupun sengon.

Selama melakukan penanaman dari pohon kopi, Anda juga disarankan untuk menentukan biji kopi seperti apa yang akan Anda tanam? Apakah biji kopi yang asam yaitu Arabika, ataukah biji kopi Robusta yang memiliki rasa lebih pahit? Pilihlah biji kopi sesuai dengan apa yang diinginkan khususnya yang memiliki permintaan pasar paling tinggi.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *