Jenis-Jenis Buah Stroberi Yang Wajib Anda Ketahui

Anda pasti sudah mengetahui buah stroberi. Buah yang satu ini banyak dikonsumsi oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Stroberi bisa dibuat menjadi jus, kue, hiasan kue bahkan anda bisa mengkonsumsinya secara langsung. Perlu anda ketahui, bahwa stroberi terbagi menjadi beberapa jenis. Agar anda mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa jenis stroberi yang wajib anda ketahui.

  1. Stroberi merah

Stroberi merah adalah jenis stroberi yang paling sering anda jumpai. Stroberi ini mengandung banyak vitamin c dan antioksidan. Stroberi merah biasa digunakan untuk membuat kue atau jus stroberi.

  1. Stroberi ungu

Stroberi ungu adalah jenis stroberi yang jarang anda jumpai. Jenis stroberi yang satu ini memiliki aroma yang kuat. Stroberi ungu juga memiliki rasa yang manis sehingga cocok untuk anda yang tidak suka dengan rasa asam pada stroberi.

pexels.com

  1. Stroberi hitam

Stroberi hitam memiliki kandungan gula dan asam yang rendah. Stroberi yang satu ini sangat baik untuk kesehatan. Saat ini, stroberi hitam sangat mudah ditemukan di pasaran Indonesia karena lingkungan hidupnya hampir sama dengan stroberi merah.

  1. Stroberi hijau

Stroberi hijau memiliki dua varietas. Varietas pertama adalah stroberi hijau eropa. Stroberi hijau eropa ini memiliki warna yang tidak berubah dari mentah sampai matang. Varietas kedua adalah stroberi hijau mentah. Stroberi hijau mentah biasanya dijadikan bahan baku makanan ringan yang banyak dijual di pasaran.

  1. Stroberi kuning

Stroberi kuning berasal dari daratan eropa. Stroberi yang satu ini memiliki rasa yang  lezat dibandingkan dengan jenis stroberi yang lain. Stroberi kuning juga memiliki ukuran yang lebih kecil.

Itulah beberapa jenis buah stroberi yang wajib anda ketahui. Perlu anda ketahui, bahwa masih ada jenis stroberi lain seperti stroberi putih yang biasanya disebut snow white.

pexels.com

Memilih Buah Stroberi Yang Segar dan Manis

Anda suka dengan buah stroberi? Jika anda memang suka dengan stroberi, maka cobalah untuk memilih stroberi yang segar dan manis. Terkadang, pedagang stroberi curang dalam menjual stroberi. Mereka biasanya menjual stroberi yang hampir busuk bahkan yang sudah busuk. Hal ini tentu akan membuat anda menjadi rugi. Agar anda tidak merugi, maka berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih stroberi yang segar dan manis.

  1. Warna stroberi

Jika anda membeli stroberi, maka anda bisa memilih warna stroberi yang masih cerah. Jangan memilih stroberi yang berwarna kusam atau pucat. Warna stroberi yang cerah menandakan buah tersebut sudah matang dan siap untuk dikonsumsi.

  1. Warna daun stroberi

Anda bisa membeli stroberi dengan warna daun yang masih hijau segar. Daun stroberi yang masih berwarna hijau segar menandakan buah tersebut belum busuk sehingga buah tersebut memiliki rasa yang lezat.

  1. Tekstur

Untuk memilih stroberi yang segar, anda bisa menekan stroberinya. Coba rasakan tekstur dari buah yang anda tekan tersebut. Jika teksturnya padat, maka buah tersebut masih segar dan manis. Namun, jika saat anda menekan buah tersebut terasa lembek, maka buah tersebut sudah tidak segar lagi alias mulai membusuk.

  1. Ukuran stroberi

Saat anda membeli stroberi, anda akan menemukan dua ukuran dari buah yang satu ini. Stroberi biasanya memiliki ukuran yang besar dan kecil. Jika anda ingin stroberi yang memiliki rasa manis, maka anda bisa memilih stroberi yang berukuran kecil. Jika anda ingin stroberi yang memiliki kadar air yang banyak, maka anda bisa memilih stroberi dengan ukuran yang besar.

Saat anda memilih stroberi yang akan anda beli, anda tidak boleh ceroboh. Jika anda ceroboh, maka anda bisa mendapatkan stroberi yang busuk dan tidak enak untuk dimakan. Jadi, cobalah untuk teliti dan hati-hati saat anda sedang memilih stroberi yang akan anda konsumsi.

pexels.com

Khasiat Stroberi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jika anda sering mengkonsumsi buah stroberi, maka anda bisa merasakan manfaat dari buah tersebut. Stroberi memang memiliki banyak manfaat. Antara lain, manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalah beberapa khasiat atau manfaat dari stroberi untuk kesehatan dan kecantikan.

  1. Menurunkan tekanan darah

Stroberi adalah buah penurun tekanan darah. Anda tidak bisa menggunakannya sebagai buah penambah darah karena stroberi efektif untuk menekan tekanan darah tinggi. Jika anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka anda bisa mencoba mengkosumsi stroberi secara rutin untuk membuat tekanan darah menjadi norma kembali.

  1. Mencegah kanker

Antioksidan yang ada dalam stroberi membantu anda untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit yang satu ini adalah penyakit yang berbahaya. Sehingga cobalah anda mengkonsumsi stroberi secara rutin agar anda terhindari dari penyakit kanker.

pexels.com

  1. Mengobati jerawat

Jika anda sedang jerawatan, maka buah stroberi bisa membantu anda. Kandungan asam salisiat bisa membantu menghilangkan jerawat di wajah anda. Jerawat ini akan membuat anda menjadi tidak percaya diri sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari anda.

  1. Membuat kulit menjadi halus

Jika anda menggunakan stroberi sebagai lulur mandi, maka sel-sel kulit mati anda akan terangkat. Stroberi bisa membuat kulit menjadi halus dan cerah.

Nah selain baik untuk kesehatan, ternyata stroberi juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Sehingga anda akan terlihat lebih segar dan percaya diri.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *