Sebenarnya untuk menanam pohon kemiri adalah hal yang sangatlah mudah mengingat pohon ini kuat terhadap terpaan hama dan iklim. Namun bila Anda tidak  memperhatikan beberapa trik dalam menanam pohon tersebut  bisa jadi pertumbuhan pohon tidak akan maksimal bahkan mati. Untuk itulah Anda harus menyimak beberapa trik ampuh dalam menenam pohon kemiri yang tidak boleh diabaikan. Tidak perlu ragu ataupun takut dan khawatir sebab seluruh triknya sangatlah mudah untuk dilakukan dan pasti akan membuat proses penanaman berhasil.

Trik Menanam Pohon Kemiri

Sebenarnya ada banyak trik dalam menanam pohon kemiri yang bisa Anda lakukan. Dalam hal ini akan dijelaskan secara rinci beberapa trik yang paling ampuh sehingga tidak boleh diabaikan. Trik pertama yang paling ampuh dalam menanam pohon kemiri adalah memperhatikan iklim.  Rekomendasi iklim terbaik untuk menanam pohon kemiri ini adalah iklim yang memunyai CH (curah hujan) 1.100 – 2.400 dengan ketinggian antara 0 – 800 dpl.  Selain itu kelembabannya harus 75% dengan 100hari/tahun jumlah hari hujan yang dipunyai.  Trik kedua dalam menanam pohon kemiri ini adalah memperhatikan kondisi tanahnya.  Pastikan bahwa Anda sudah memilih tahan yang subur sebagai media tanam dari pohon tersebut.  Perhatikan kemiringan dari tanah yang digunakan untuk menanam pohon kemiri ini karena ada ketentuannya masing-masing yang mesti diperhatikan.

 

Trik berikutnya yang tidak kalah penting dalam menanam pohon kemiri ini adalah pemilihan bibit. Tentu saja pemilihan bibit tersebut sangatlah mempengaruhi kualitas pertumbuhan tanaman nantinya. Untuk itulah Anda harus memastikan sudah memilih bibit pohon kemiri pohon kemiri yang terbaik kualitasnya.  Sebaiknya Anda memilih bibit yang berasal dari proses cangkok, sambung atau okulasi saja.  Ketika Anda memilih bibit yang asalnya dari benih, maka semai terlebih dahulu benih tersebut sebelum Anda mulai menanamnya.  Pasalnya dengan disemai terlebih dahulu, akan membuat pohon kemiri ini lebih cepat tumbuhnya dengan presentase keberhasilan yang tinggi pula. Nah, demikianlah itu tadi merupakan beberapa trik ampuh dalam menanam pohon kemiri yang tidak boleh diabaikan satupun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *