Elemen Bauran Pemasaran dan Bagaimana Menjalankannya

Perusahaan yang bergerak di bidang produksi, biasanya memiliki produk yang dihasilkan. Saat sebuah produk dibuat, tentu tidak semerta merta dikenal masyarakat. Sebelum sebuah produk dikenal masyarakat, pastinya ada yang namanya proses marketing atau pemasaran terlebih dahulu. Nah, ada beberapa pendekatan yang dipakai dalam melakukan proses pemasaran tersebut. Karena memang semua hala dalam bisnis mulai dari sistem informasi manajemen hingga pemasaran harus dipahami secara keseluruhan. Jika semua pendekatan tersebut digabungkan, itulah yang dinamakan bauran pemasaran. Istilah yang juga dikenal dengan mix marketing ini merupakan sebuah strategi pemasaran yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan untuk menentukan harga produk berdasarkan berbagai aspek yang ada.

Strategi mix marketing ini awalnya hanya terdiri dari 4 elemen saja dalam pelaksanaannya, namun sekarang telah berkembang dengan beberapa elemen yang juga kita sebut dengan 7P. Tujuan adanya strategi pemasaran tersebut tentu saja agar menghasilkan keuntungan bagi perusahaan, serta mempromosikan produk sesuai dengan sasaran. Sebelum dikenal 7P, elemen yang diperlukan dalam mix marketing ini hanya ada empat yaitu product, price, promotion, dan place. Namun, lebih lengkapnya berikut adalah beberapa elemen 7P yang ada dalam strategi bauran pemasaran.

pexels.com

            Elemen Bauran Pemasaran

Jika sebelumnya elemen mix marketing hanya product, price, promotion, dan juga place, maka kita memiliki elemen lain yang juga harus diperhatikan jika ingin strategi mix marketing berjalan lancar. Berikut ini adalah beberapa elemen mix marketing yang juga biasa kita sebut dengan 7P.

  1. Product

Satu dari empat elemen awal yang kita kenal sebagai elemen dari mix marketing tentu saja product. Untuk mencaai tujuan perusahaan, tentu saja elemen terpenting dalam hal pemasaran adalah produk itu sendiri. Product dapat berupa barang maupun jasa. Karena tidak semua perusahaan menghasilkan product berupa barang. Untuk perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan tentu saja productnya berupa jasa seperti halnya pushrank.id.

  1. Price

Elemen penting kedua adalah harga. Untuk bisa mencapai goals sebuah perusahaan dalam melakukan pemasaran, tentu penentuan harga merupakan salah satu faktor penting. Pendapatan juga dapat dipengaruhi oleh adanya harga. Dimana elemen harga juga tidak bisa kita pisahkan dari sasaran konsumen. Karena bagaimanapun minat konsumen dalam menggunakan product kita juga dipengaruhi oleh harga yang kita tetapkan.

  1. Promotion

Jika kita ingin mendapatkan keuntungan yang banyak, maka promosi inilah yang memegang andil. Tanpa adanya promosi, masyrakat tidak akan mengenal product yang kita tawarkan, dan tentu saja itu akan membuat mereka ragu untuk menggunakan product dari perusahaan kita. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari promosi online hingga offline.

  1. Place

Selanjutnya kita beralih ke elemen selanjutnya yaitu place maupun lokasi didirikannya usaha. Lokasi usaha merupakan salah satu poin penting dalam baruan pemasaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang konsumen akan lebih memilih tempat yang terdekat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Untuk itu pemilihan tempat usaha yang dapat dijangkau dengan mudah oleh konsumen merupakan salah satu elemen terpenting untuk meraih kesuksesan dalam pemasaran atau penjualan product.

  1. People

Selain 4 elemen utama, kita juga mengenal adanya elemen lain yaitu people atau sumber daya manusia. Maksudnya adalah sumber daya manusia yang merupakan karyawan yang menjalankan pemasaran juga menjadi salah satu elemen penting. Dengan merekrut orang yang tepat yang dapat memberikan kepuasan pada konsumen, kita juga akan memiliki eluang lebih besar mendapatkan konsumen yang loyal.

  1. Process

Beralih ke elemen selanjutnya yang tidak kalah penting jika sudah menyangkut tentang mix marketing adalah process. Dalam proses menjalankan bisnis kita akan menghadapi berbagai masalah. Makanya, dalam proses menuju kesuksesan tentu kita juga harus menaruh perhatian. Hal ini juga berkaitan dengan elemen people yang merupakan penggrak proses pemasaran. Jadi bagaimnapun, semua elemen tersbeut sebenranya saling berkaitan dan harus berjalan seimbang agar kita mendapatkan hasil yang kita inginkan.

  1. Physical Evidence

Last but not least, tidak bisa kita pungkiri bahwa bukti fisik perusahaan seperti bangunan, merupakan salah satu elemen pendukung strategi mix marketing. Adanya bangunan merupakan nilai plus bagi perusahaan karena konsumen dan karyawan tentu akan memperhatikan hal yang satu ini. Konsumen akan yakin dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang memang telah dikenal. Bagaimanapun konsumen tidak akan mengambil resiko untuk menggunakan product dari perusahaan yang tidak jelas. Begitu juga dengan karyawan. Tentunya calon karyawan akan berpikir dua kali untuk masuk ke perusahaan yang bahkan tidak memiliki gedung sebagai bukti fisik.

 

Jadi, itulah beberapa elemen penting dalam bauran pemasaran yang jika salah satunya ditinggalkan, mungkin tujuan yang kita inginkan tidak akan maksimal. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam bisnis, tentu saja ketujuh hal tersebut merupakan faktor penting. Jika strateginya kurang lengkap, bukan tidak mungkin kita justru akan mendapatkan kerugian karena tidak berhasil memasarkan produk kita. Entah produknya berupa barang maupun jasa, untuk bisa mendapatkan keuntungan dari produk tersebut kita harus memiliki strategi yang mantap. Dalam hal berbisnis, tentu saja kita juga bisa fleksibel dan kreatif. Contohnya, jika kita tidak berhasil mencapai hasil dengan sebuah strategi promosi, maka kita harus mencari strategi lainnya.

 

pexels.com

            Manfaat dan Keuntungan Mix Marketing

 

Bagaimanapun setiap strategi bisnis selalu memiliki kelebihan serta kekurangan, begitu pula dengan strategi mix marketing. Tujuan utama untuk mendirikan sebuah bisnis pastinya adalah mendapatkan keuntungan. Nah, mix marketing ini hanyalah salah satu strategi yang bisa digunakan untuk mencapat tujuan tersebut. Entah itu usaha berskala besar, kecil, dengan produk barang maupun jasa, semuanya membutuhakan strategi pemasaran untuk bisa mencapai target penjualan. Karena bisnis itu selalu berkembang, maka sudah seharusnya kita kita fleksibel dan tidak hanya terpatut pada teori. Yang terpenting adalah penerapan teori tersebut disesuaikan dengan kondisi yang kita hadapi. Mengetahui kelebihan kekurangan sebuah straetgi juga sama pentingnya dalam hal mempraktikkan segala teorinya. Berikut akan kita bahas beberapa manfaat dari strategi marketing ini.

 

  1. Membantu memaksimalkan penjualan

Salah satu kelebihan dari strategi ini tentu saja dapat membantu memaksimalkan target penjualan. Bagaimanapun, perusahaan yang menjalankan strategi bauran pemasaran tentu akan mendapatkan kesempatan untuk mencapai terget penjualan lebih besar. Contohnya saja, jika kita menjalankan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang makanan. Jika kita bisa memenuhi elemen promosi misalnya, maka bisnis kitapun akan lebih dikenal dibandingkan dengan bisnis yang dibuka tanpa promosi. Hanya saja strategi promosi yang digunakan itu beragam. Untuk usaha kecil, mungkin promosi dari mulut ke mulut saja sudah sangat berpengaruh, namun untuk usaha yang lebih besar, kita butuh strategi promosi yang lebih efektif dan mencakup konsumen dalam skala yang lebih besar agar target penjualan tercapai.

  1. Mencakup banyak elemen

Setelah mengalami perkembangan, elemen dalam strategi mix marketing ini mencakup berbagai hal pokok yang memang berkaitan dengan pemasaran. Hal ini membuat kita tidak ketinggalan satu elemen yang mungkin bisa menghambat proses pemasaran itu sendiri. Asalkan pelaksanaan dari teori tersebut benar, maka kita akan dengan mudah menjalankan strategi marketing tersebut.

pexels.com

 

Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing

 

Dalam marketing, kita mengenal berbagai macam strategi pemasaran, dan salah satunya adalah strategi direct marketing yang merupakan salah satu strategi penjualan langsung kepada konsumen. Direct marketing merupakan salah satu strategi yang telah digunakan sejal dulu, namun meskipun begitu, Strategi ini masih banyak dipakai hingga sekarang. Mengetahui segala hal mengenai strategi marketing dapat membantu kita untuk memahami dan meminimalisir masalah yang terjadi jika kita menggunakan strategi tersebut. Dan berikut ini adalah kelebihan sekaligus kekurangan yang  dari direct marketing.

 

Kelebihan

 

  1. Biaya lebih efektif

Salah satu kelebihan dari direct marketing adalah biayanya yang lebih efektif. Strategi marketing yang satu ini dilakukan dengan penjualan berulang dimana pasarnya lebih jelas jika dibandingkan dengan strategi marketing lainnya. dengan begitu estimasi biaya yang dikeluarkan untuk melakukan strategi direct marketing ini juga lebih jelas.

  1. Fleksibilitas

Selain biaya yang dikeluarkan lebih efektif, direct marketing juga memiliki fleksibilitas karena media yang digunakan beragam. Kita bisa menggunakan berbagai media yang disesuaikan dengan konsumen dan juga pasar.

  1. Control

Kelebihan lainnya terdapat di bagian kontrol yang lebih mudah jika menggunakan strategi direct marketing. Tak hanya itu, jumlah respon yang didapatkan dari konsumen juga dapat langsung dihitung sehingga anggaran biaya untuk kebutuhan promosi juga dapat diperkirakan.

  1. Database

Kelebihan lainnya terdapat pada database, dimana direct marketing akan membuat kita lebih mudah membuat database yang berisi konsumen yang tertarik pada produk kita. Dengan begitu kita dapat menjual beberapa produk sekaligus kepada satu konsumen yang memang tertarik. Jika penawarannya difokuskan pada mereka-mereka yang tertarik, ada kemungkinan mereka untuk merekomendasikan produk kita kepada orang lain. Hal ini sama halnya dengan mencari pelanggan. Kita akan bisa mengumpulkan pelanggan dengan menggunakan direct marketing ini.

 

Kekurangan

 

  1. Image

Salah satu kekurangan dari direct marketing ini adalah adanya image perusahaan yang jelek. Hal ini biasanya terjadi jika konsumen yang menginginkan privasi merasa terganggu dengan tawaran yang dilakukan secara direct seperti lewat telepon, sms, maupun langsung bertatap muka. Untuk mengatasi kekurangan ini, kita bisa memilah mana konsumen yang bisa menerima direct marketing dan yang tidak.

  1. Biaya yang semakin naik

Meskipun biaya yang digunakan untuk direct marketing efektif, namun biaya yang strategi marketing ini semakin lama akan semakin naik. Tidak heran jika banyak yang beralih ke strategi marketing yang biayanya jauh lebih murah seperti internet marketing misalnya.

  1. Fasilitas pendukung

Kakurangan lainnya dari direct marketing adalah kita membutuhkan fasilitas pendukung seperti telepon bahkan karyawan yang memang memiliki kemampuan yang handal. Jika tidak, pelaksanaan direct marketing ini juga tidak akan terhambat. Terutama untuk masalah sumber daya manusianya. Untuk SDM yang memiliki keterampilan bagus, tentunya kita juga harus memberikan bayaran yang lebih mahal.

 

Kurang lebih itulah beberapa kelebihan sekaligus kekurangan dari strategi direct marketing. Strategi marketing sendiri ada banyak jenisnya. Mulai dari direct marketing atau pemasaran secara langsung yang telah kita bahas di atas hingga menggunakan internet marketing yang saat ini paling banyak digunakan. Bagaimanapun di dunia digital ini segala sesuatu dilakukan dengan memanfaatkan internet. Begitu pula dengan marketing. Jika dulu pemasaran dilakukan dari pintu ke pintu, sekarang ada lebih banyak pilihan strategi marketing yang bisa kita gunakan. Mari kita bahas apa saja jenis-jenis marketing yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan target penjualan kita.

 

 

pexels.com

 

  1. Earned Media

Salah satu jenis promosi yang bisa digunakan selain direct sales adalah earned media. Strategi marketing yang satu ini merupakan bentuk strategi pemasaran yang dilakukan secara tidak langsung. Cara kerja strategi pemasaran yang satu ini adalah dengan membangun hubungan relasi dengan masyarakat luas. Selain itu, menggunakan testimoni online juga merupakan salah satu bentuk penggunaan strategi merketing earned media. Kesimpulannya, strategi pemasaran ini dilakukan dengan mengumpulkan kepercayaan dari para konsumen. Jika sudah percaya, konsumen juga secara tidak langsung akan merekomendasikan produk kita kepada calon konsumen lainnya.

  1. Internet Marketing

Strategi marketing selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi internet yang sekarang ini memberikan pengaruh yang sangat besar pada kehidupan masyarakat. Cara pemasaran dengan strategi yang satu ini dilakukan secara online. Promosi online bisa dilakukan dengan memanfaatkan media online seperti media sosial, website, aplikasi online lainnya. Untuk strategi pemasaran yang satu ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan hard selling maupun soft selling. Untuk hard selling, penjualannya dilakukan secara langsung. Sedangkan soft selling adalah dengan menggunakan konten bermanfaat yang masih berhubungan dengan produk yang kita jual.

  1. Point of purchase

Sekarang kita beralih ke strategi pemasaran yang terakhir yaitu point of purchase. Cara ini dilakukan dengan mengarahkan konsumen dengan mengandalkan kemampuan komunikasi yang baik sehingga konsumen akan terbujuk dan tidak dapat menolak untuk membeli produk kita.

 

Yang keempatnya telah kita bahas sebelumnya yaitu direct marketing  yang merupakan pemasaran atau penjualan yang dilakukan secara langsung. Di zaman yang serba online ini tentunya lingkup yang bisa kita jangkau harusnya lebih besar. Bentuk strategi promosi lainnya yang juga cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan diskon atau promo. Dengan memasang iklan diskon di internet, dapat menarik perhatian konsumen. Bahkan yang tidak butuh dengan produk kita juga akan tertarik jika kita sudah memberikan promo atau diskon. Biasanya berbagai info diskon atau promo dapat dilihat di kodepromosi.co.id. Selain cakupan areanya lebih luas, marketing dengan memanfaatkan internet juga jauh lebih mudah dan murah biayanya. Dibandingkan memanfaatkan media lain seperti tv dan radio yang biaya memasang iklannya jauh lebih besar.

 

               Tips Membuat Konten Marketing

 

Selain mempelajari berbagai strategi marketing, untuk bisa meningkatkan penjualan kita juga harus tahu bagaimana cara membuat konten marketing yang menarik. Hal ini tentu penting bagi anda yang menggunakan media sebagai sarana pemasaran. Salah satu elemen dari bauran permasaran adalah promosi dimana untuk promosi jika tidak didukung dengan konten yang menarik tentu produk anda tidak akan dilirik oleh konsumen. Selain itu, sekarang dengan memanfaatkan internet, perusahaan mulai berlomba-lomba untuk membuat konten marketing semenarik mungkin. Jangan sampai anda tidak dapat mengimbangi saingan dan akhirnya produk anda tidak dikenal. Berikut ini beberapa tips membuat konten marketing yang menarik dan efektif untuk meningkat target penjualan.

 

  1. Menggambarkan target konsumen

Salah satu tips yang harus anda ketahui untuk membuat sebuah konten marketing yang menarik adalah dengan menggambarkan target konsumen maupun audience. Sebuah konten yang dapat mengubah pola pikir orang yang melihatnya tentu akan sangat bagus. isi kontennya bisa saja berupa hal yang menghibur ataupun mendidik. Dengan begitu audience akan tertarik untuk menyaksikan konten iklan yang anda sajikan dan tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

  1. Mendistribusikan konten

Tips berikutnya untuk membuat konten marketing yang menarik adalah dengan mempromosikan konten.  Konten marketing yang anda buat bisa anda distribusikan ke berbagai media online seperti website, blog, maupun media sosial lainnya. Dengan begitu peluang dilihat oleh calon konsumen akan lebih besar.

  1. Tetapkan target konsumen

Tips lainnya untuk membuat konten yang menarik adalah menetapkan target konsumen. Konten yang dibuat sesuai dengan konsumen akan lebih mudah diterima oleh konsumen. Dengan begitu konten yang kita buat akan lebih efektif karena targetnya yang lebih spesifik.

  1. Repurpose konten

Tips berikutnya yang bisa digunakan adalah dengan merepurpose konten anda. Maksudnya adalah dengan merubah konten marketing yang lama dengan konsep yang lebih baru.  Seperti yang sudah kita bahas bahwa marketing itu sifatnya fleksibel. Jadi seiring perkembangan zaman kita harus bisa mengikuti perkembangan yang ada untuk bisa menciptakan konten marketing untuk mempromosikan produk kita.

  1. Mengikuti tren

Tips yang paling terakhir adalah membuat konten yang sesuai dengan tren yang berlaku. masyarakat cenderung menyukai hal yang terbaru, jadi begitu juga dengan konten marketing. Buatlah konten yang megikuti tren sehingga dapat diterima oleh konsumen dan dapat membuat mereka memiliki keinginan untuk membeli produk yang kita tawarkan. Apapun bentuk produknya, mau itu barang atau jasa tentunya jika dipromosikan dengan menarik, maka akan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk anda. Hal tersebut tentunya akan bisa meningkatkan hasil penjualan dan mencapai target yang anda tetapkan.

 

 

Itulah tips-tips untuk membuat konten marketing yang menarik konsumen. Untuk yang menggunakan strategi internet marketing tips ini tentu sangat penting. Pasalnya promosi tidak hanya sekedar hanya pada kemasan saja. Kata-kata yang kita gunakan juga dapat mempengaruhi pola pikir konsumen yang melihat konten iklan. Sebenarnya promosi merupakan salah satu strategi paling ampuh untuk bisa meningkatkan penjualan. Ditambah lagi sekarang media promosi yang tersedia juga sudah semakin banyak. Jadi kita juga punya lebih banyak cara yang bisa kita gunakan untuk hal promosi. Yang penting kita juga harus kreatif dan fleksibel agar konten iklan yang kita buat tidak ketinggalan zaman.

 

Dalam dunia bisnis, kita dituntut untuk kreatif dan fleksibel uagar tidak ketinggalan zaman. Entah itu dalam mendesain produk yang kita pasarkan ataupun cara kita melakukan promosi. Kesimpulannya, jika ingin target penjualan anda meningkat, maka pelajarilah segala sesuatu tentang marketing yang sebagian telah dijelaskan di atas. Praktekkan teori di atas dengan benar agar hasil yang anda dapatkan pun maksimal. Tidak peduli bentuk usaha yang anda jalankan besar atau kecil, pastinya strategi marketing tetap dibutuhkan. Terutama strategi bauran pemasaran yang mencakup berbagai elemen yang perlu diperhatikan untuk menentukan harga produk yang anda tawarkan. Karena bagaimanapun harga merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum membeli sebuah produk. Sekian informasinya semoga bermanfaat.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *