Bahaya Berikut Spesies Burung Rangkong yang Hampir Punah Wajib Dilestarikan

 

Deskripsi

Tahukah anda tentang burung rangkong yang membantu dalam pelestarian hutan dan kini terancam punah? Jika belum, anda wajib menyimak ulasan tentang informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Artikel

Sebagai negara yang cukup luas, Indonesia tentu memiliki banyak hutan-hutan yang didalamnya tersimpan beragam spesies hewan yang membantu dalam menjaga keseimbangan hutan. Salah satu spesies hewan khususnya burung yang berperan dalam hal tersebut adalah burung rangkong. Burung tersebut memiliki karakteristik khusus diantaranya yakni memiliki paruh yang panjang, melengkung yang mirip dengan tanduk sapi dengan bagian pangkalnya berwarna kuning.

Namun, tahukah anda tentang spesies burung rangkong yang kini telah terancam punah? Hal tersebut dikarenakan banyak oknum yang memburu burung tersebut secara ilegal untuk diambil paruhnya. Hal tersebutlah yang mengakibatkan beberapa spesies dari burung rangkong atau burung julang hamper punah. Jika anda belum mengetahuinya spesies burung rangkong mana saja yang hamper punah, marilah simak ulasan lengkap mengenai spesies burung rangkong tersebut  dalam artikel berikut ini.

Spesies Burung Rangkong yang Hampir Punah

  1. Burung Rangkong Gading

Burung rangkong gading ini memiliki ciri khusus yakni memiliki suara atau kicauan yang mirip dengan suara orang tertawa. Burung rangkong ini juga sangat senang bertengger di ranting pohon beringin. Ukuran tubuhnya terbilang cukup besar yakni 140 cm dan sayap burung ini bisa dikepakkan dengan lebar mencapai 90 cm.

  1. Burung Julang Irian

Burung rangkong atau burung julang Irian ini habitatnya di hutan, rawa ataupun perbukitan daerah Papua, Maluku serta Kepulauan Solomon. Ciri khusus dari burung julang irian ini yakni paruhnya yang berwarna pucat, bagian kepala berwarna hitam dan leher dipenuhi bulu berwarna putih serta bagian badan berwarna hitam. Burung julang irian ini memiliki ukuran tubuh tidak terlalu besar berkisar antara 76-91 cm.

Demikianlah ulasan mengenai burung rangkong yang hamper punah dan wajib dilestarikan. Masih terdapat banyak spesies burung rangkong yang harus tetap dilestarikan. Hentikanlah perburuan ilegal burung rangkong, selamatkan spesiesnya jaga habitatnya dan lestarikan agar anak cucu kita kelak tidak hanya mendengar nama namun juga melihat rupa.

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *