Cara Mudah Agar Speed Website Cepat dan Mudah Diakses Pembaca

Beberapa kerajaan bisnis online dunia, mengaku mengalami kerugian saat waktu loading websitenya sangat lamban. Namun setelah melakukan perubahan, keuntungan berlipat didapatkan oleh setiap perusahaan. Apakah anda mengalami masalah kecepatan pada website yang dimilikki? Maka bersiaplah kerugian akan datang menghampiri. Jika tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya ikuti cara agar speed website cepat yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

 

Melalui studi kasus yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa kecepatan membuka website adalah hal yang penting diperhatikan. Pengunjung yang merasa website terlalu lambat saat dibuka, tentu akan ditinggalkan. Sedangkan jika website mudah dibuka, maka pengunjung akan betah berlama-lama tinggal didalamnya. Maka muncul pertanyaan, apakah penyebab munculnya keterlambatan tersebut? Dan apakah solusi dari masalah ini? Jawabannya akan ditemukan sesaat lagi.

pxhere.com

Solusi Mudah Agar Speed Website Cepat dan Mudah Diakses

Terdapat banyak alasan yang menyebabkan loading website anda tergolong lambat. Diantaranya, masalah pada database ataupun lainnya. Sedangkan solusinya, ada pada bagian berikut ini,

  1. Buang Plugin yang Tidak Dibutuhkan

Satu hal yang menyebabkan website anda mengalami loading lambat adalah plugins yang tidak digunakan. Beberapa plugins akan membuat website terlambat, seperti Drupal ataupun Joomla. Karenanya, disarankan untuk membuang plugins-plugins yang tidak dibutuhkan. Sehingga kinerja loading website yang tadinya lambat dapat berubah kembali menjadi lebih cepat.

  1. Pemilihan Hosting yang Tepat

Berikutnya, jika dirasa sudah melakukan semua cara, anda dapat mepertimbangkan hosting yang digunakan. Karena mungkin saja keterlambatan terjadi karena kesalahan dari hosting yang digunakan. Jika hal ini terjadi, segeralah ganti penyedia hosting dengan penyedia baru. Dan pilih, penyedia hosting yang memiliki kecepatan tertinggi untuk pelanggan mereka.

  1. Pemilihan Theme Website

Banyak penulis yang akhirnya menggunakan tema-tema yang menarik untuk websitenya. Tujuannya untuk menarik perhatian pembaca, namun tidak memperhatikan kecepatan yang dipengaruhi oleh pemilihan tema tersebut. Untuk itu, penting dalam memilih tema yang tepat, agar tidak mengalami dan menyebabkan keterlambatan pada website yang dimilikki.

  1. Perbaiki Link yang Rusak

Ada hal lain yang dapat menyebabkan keterlambatan dalam membuka website, yaitu kerusakan yang terjadi pada link. Jika hal ini terjadi, pengguna akan mengalami pengalaman yang buruk. Dimana, bandwidth yang dimilikki akan terkuras dan bounce rate meningkat pesat. Akhirnya pengunjung akan pergi, karenanya penting memperhatikan apakah terjadi masalah pada link.

pxhere.com

  1. Optimalkan Seluruh Gambar

Anda yang menggunakan gambar dengan ukuran yang sangat besar, akan mengalami masalah. Masalah yang dimaksud adalah keterlambatan dalam membuat website. Untuk mengoptimalkannya, gunakanlah layanan dari Kraken, optimizilla atau layanan lainnya. setelah melakukan perubahan tersebut, cobalah mengecek kembali kecepatan dari website.

  1. Perkecil Ukuran Gambar

Setelah mengoptimalkan seluruh gambar, selanjutnya buatlah ukuran gambar sesuai dengan ukuran yang sebenarnya. Ukuran yang terlalu besar, dapat menyebabkan masalah kelambatan pada loading website. Untuk mengecilkan gambar, anda dapat menggunakan photoshop ataupun aplikasi yang lainnya. Perubahan ini tentunya akan berpengaruh pada waktu loading.

  1. Manfaatkan Plugin Caching

Penggunaan plugin yang satu ini tidak akan memperlambat kinerja website anda. Karena kegunaannya adalah untuk mempercepat kinerja dan meringankan website dari ukuran sebelumya. Plugin ini bisa didapatkan dengan mudah dimesin pencari, install dan plugin siap digunakan untuk mempercepat kinerja website.

  1. Aktifkan Layanan Gzip Compression

Layanan lain yang harus dimanfaatkan adalah Gzip Compression. Layanan ini akan membantu mengecilkan semua file dari website. Menariknya penggunaan Gzip dapat melakukan semuanya dengan mudah dan otomatis. Karenanya, layanan ini disarankan sebagai cara agar speed website cepat dan memuaskan untuk pengunjung website.

pxhere.com

  1. Optimalkan Database Website

Tidak perlu khawatir saat akan menjalankan langkah yang satu ini. Karena cara ini mudah dilakukan dan dapat dilakukan dengan cepat. Untuk melakukannya, installah aplikasi Plugin WP optimize. Layanan dari aplikasi ini akan mempercepat loading website, karena semua data yang tidak dibutuhkan akan dibersihkan. Contohnya, spam, auto draft post dan yang lainnya.

  1. Menggunakan Content Delivery Network

Masalah website lambat lainnya terjadi karena jarak yang harus ditempuh. Untuk memangkas semua jarak dan waktu yang dibutuhkan, anda dapat menggunakan CDN. Layanan ini akan memberikan layanan server terdekat dari pengunjung. Jadi, tidak perlu menunggu server Indonesia untuk membalas semua kebutuhan pengunjung yang ada di luar negeri.

  1. Aktifkan HTTP Keep-Alive

Terakhir, masukkan dan aktifkanlah HTTP keep alive. Layanan ini akan membantu memastikan semua permintaan file dari server dilakukan dalam satu koneksi. Hal ini berakibat pada percepatan loading website. Untuk mengaktifkan layanan ini, dibutuhkan sebuah kode yang bisa didapatkan di mesin pencari. Atau gunakan jasa dari penyedia website ataupun konten.

Apakah anda sudah memahami dan memilih cara yang akan digunakan? Setelah memilih dan menerapkannya, cek kembali apakah cara agar speed website cepat sudah bekerja atau sebaliknya. jika dirasa belum ada perubahan yang terjadi, mintalah bantuan dari jasa website atau konten untuk memperbaiknya. Karena setelah menggunakannya, layanan terbaik didapat dan website siap dipakai.

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *