Trik Agar Jalan-Jalan ke Jogja Maksimal

Liburan ke Jogja? Siapa yang bisa nolak! Jogja merupakan tujuan wisata yang sangat populer, baik itu skala nasional maupun global. Dibanding daerah lainnya di Indonesia, Jogja punya banyak keunikan. Selain sangat kental akan unsur budayanya, Jogja juga dikenal dengan alamnya yang masih perawan. Jadi bagi Anda yang ingin menyepi dengan alam, Jogja merupakan tujuan terbaik. Selain itu, Jogja punya kekayaan kuliner yang sangat melimpah.

 

Kabar baiknya, Jogja tidak seperti Bali atau Jakarta, karena Anda masih bisa berlibur dengan budget minimalis. Namun bukan berarti Anda mesti terlena ya, karena banyak hal yang mesti Anda pikirkan selama vakansi di Jogja. Untuk membantu Anda, coba deh cek trik agar jalan-jalan ke Jogja maksimal!

 

  • Buat Planning Perjalanan

Sebelum Anda keluar dari rumah untuk memulai perjalanan ke Jogja, sebaiknya Anda buat dulu planning perjalanan liburan. Ya, hal ini sangat penting sekali, terutama agar Anda terhindar dari masalah selama liburan, khususnya yang berhubungan dengan uang. Pertama tentu Anda mesti menentukan tempat-tempat yang akan Anda singgahi selama berada di Jogja. Nah setelah Anda menentukan beberapa lokasi wisata, maka Anda tinggal memperkirakan berada budget yang mesti dikeluarkan selama berada di satu lokasi wisata. Lalu totalkan berapa budget yang mesti dikeluarkan dan jangan lupa sesuaikan dengan budget yang Anda miliki sekarang. Selain itu, tentukan juga barang apa saja yang akan Anda bawa sebelum jalan-jalan ke Jogja.

unspash.com

  • Tentukan Transportasi

Agar bisa sampai di Jogja, Anda bisa memilih beberapa opsi moda transportasi. Jika lokasi Anda sangat jauh dari Jogja, maka satu-satunya opsi moda transportasi yang paling masuk akal yaitu pesawat. Dengan naik pesawat, itu artinya perjalanan menuju Jogja jadi lebih cepat dan tentunya sangat nyaman. Namun sebaiknya Anda booking sejak awal, agar harga tiket tidak melambung tinggi. Selain itu Anda bisa mencari berbagai promo tiket di situs travel atau situs tiket di internet. Jika lokasi Anda tidak terlalu jauh dari Jogja, Anda bisa menggunakan moda transportasi kereta api. Dibanding bus atau mobil pribadi, kereta api jauh lebih cepat, bebas macet, dan tentunya sangat nyaman.

 

  • Gunakan Paket Wisata Jogja

Agar jalan-jalan ke Jogja maksimal, sebaiknya Anda juga menggunakan paket wisata Jogja. Ya, dengan menggunakan paket wisata, maka tidak perlu bingung lagi mesti kemana, berapa uang yang mesti dibelanjakan, mesti menginap dimana, transportasi, masalah bahasa, dan lainnya. Ya betul sekali, dengan memesan paket wisata Jogja, itu artinya berbagai hal sudah dipersiapkan seperti penginapan, makan, destinasi wisata, panduan bahasa, dan lainnya. Selain itu terdapat beberapa opsi paket wisata seperti private tour, group tour, hingga honeymoon. Jadi Anda tinggal tentukan apa kebutuhan Anda, dan Anda bisa memesan jenis paket wisata sesuai kebutuhan Anda. Selain bisa menghemat budget, pikiran Anda ‘pun jadi lebih tenang sehingga liburan di Jogja jadi lebih maksimal.

unspash.com

  • Sewa Mobil atau Motor

Terdapat banyak sekali spot wisata yang bisa Anda singgahi di Jogja. Tak hanya Malioboro, Candi Borobudur, atau Candi Prambanan saja, masih banyak spot-spot wisata lain yang dapat membuat momen liburan jadi semakin menyenangkan. Nah untuk mengeksplorasi Jogja dengan lebih leluasa, ada baiknya Anda menyewa motor atau mobil. Anda memang bisa menggunakan moda transportasi publik, namun Anda tidak akan leluasa dalam menentukan rute perjalanan. Nah berbeda jika Anda menggunakan mobil atau motor, Anda bisa pergi kemanapun yang Anda mau. Banyak sekali rental mobil atau motor di Jogja yang bisa Anda datangi jika ingin mengeksplorasi Jogja lebih dalam lagi.

 

  • Cari Penginapan Murah Namun Berkualitas

Menginap di hotel atau resort mewah memang wajar-wajar saja, selama punya budget yang cukup. Namun jika budget Anda pas-pasan, sebaiknya hindari menginap di hotel atau resort mewah saat berada di Jogja. Terdapat opsi penginapan lain yang lebih murah seperti homestay, guest house, dormitory, dan yang paling baru yaitu hotel kapsul. Anda tak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam tentunya. Namun pastikan bahwa tempat penginapan memiliki fasilitas yang lumayan lengkap dan juga dapat memberikan kenyamanan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda browsing lewat situs travel atau aplikasi travel via smartphone. Percuma saja harganya murah namun disamping penginapan ada proyek pembangunan gedung yang pastinya dapat mengganggu istirahat Anda.

unspash.com

  • Selektif Dalam Memilih Makanan

Tak ada salahnya Anda pergi ke restoran mahal di Jogja dengan tujuan dokumentasi ataupun mencicipi makanan tertentu. Namun perlu Anda ketahui, Jogja lebih terkenal dengan street food-nya. Jadi jangan ragu pergi ke area pasar di Jalan Malioboro untuk mencicipi berbagai kuliner khas Jogja. Jangan khawatir, Jogja merupakan kawasan yang sangat ramah bagi para backpacker, sehingga harga makanannya murah-murah banget.

 

Nah itulah trik agar jalan-jalan ke Jogja maksimal, semoga semakin menambah wawasan Anda ya. Jika Anda punya planning liburan ke Jogja, sebaiknya perhatikan beberapa poin di atas ya! Jangan sampai liburan di Jogja malah jadi momen-momen bad mood!

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *